Seberapa Penting Vaksin Influenza

ARTIKEL KESEHATAN : Vaksin flu adalah perlindungan terbaik untuk menghadapi musim hujan karena dapat membantu mengurangi resiko terjadinya flu serta keparahannya.



Musim hujan telah datang dan influenza merupakan salah satu penyakit yang umumnya menjadi penyerta. Suplemen dan vitamin merupakan senjata yang biasanya disiapkan untuk mencegah virus influenza. Tahukah Anda bahwa ada senjata yang lebih ampuh untuk mencegah virus influenza? Vaksinasi adalah cara paling efektif untuk mencegah infeksi dan keparahan yang disebabkan oleh virus influenza.
Apakah vaksin flu efektif untuk tindakan pencegahan?
Vaksin flu adalah perlindungan terbaik untuk menghadapi musim hujan. Vaksinasi flu dapat membantu mengurangi resiko terjadinya flu serta keparahannya.
Kapan harus melakukan vaksinasi flu?
Vaksinasi flu bisa dilakukan sebelum mulai musim penghujan. Idealnya musim penghujan datang pada bulan Oktober, vaksinasi dapat dilakukan dua bulan sebelumnya. Imunisasi dini adalah yang paling efektif, namun mendapatkan vaksinasi ditengah musim penghujan juga masih efektif untuk tindakan pencegahan. Vaksin flu membutuhkan waktu sekitar dua minggu setelah vaksinasi untuk berkembang menjadi antibodi dalam tubuh dan memberikan perlindungan dari infeksi virus influenza.
Bisakah terinfeksi flu meskipun telah melakukan vaksinasi?
Bisa. Kemungkinan terinfeksi influenza masih dapat terjadi walaupun sudah mendapatkan vaksinasi. Kemampuan vaksin flu untuk melindungi seseorang tergantung pada berbagai faktor, termasuk usia dan status kesehatan orang yang divaksinasi. Faktor lain yang berpengaruh adalah kecocokan jenis vaksin dan virus yang beredar. Jika terdapat kecocokan vaksin dan virus flu maka efektivitas vaksin menjadi lebih tinggi. Namun, penting untuk diketahui bahwa walaupun virus tidak sesuai, vaksin tetap dapat melindungi dan mencegah komplikasi dari flu.
Berapa lama vaksin flu efektif dalam tubuh?
Vaksin flu dibutuhkan setiap 6 bulan sampai 1 tahun sekali karena dua alasan:
  • Respon daya tahan atau imun tubuh dari pemberian vaksinasi akan menurun seiring berjalannya waktu. Sehingga melakukan vaksinasi setiap tahun dibutuhkan untuk mendapatkan perlindungan optimal.
  • Virus flu terus mengalami perubahan, vaksin flu ditinjau setiap tahun dan terkadang diperbarui untuk mengikuti perubahan virus flu.
Apakah vaksin flu aman untuk digunakan?
Vaksin flu memiliki riwayat keselamatan yang sangat baik, walaupun ada kemungkinan terjadinya efek samping.
Apakah semua orang bisa mendapatkan vaksin flu?
Beberapa orang dengan kondisi tertentu wajib berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum mendapatkan vaksin flu. Berikut beberapa kondisinya:
  • Seseorang yang memiliki alergi parah pada telur ayam atau zat yang terkandung dalam vaksin
  • Memiliki riwayat reaksi efek samping yang parah pada vaksinasi flu sebelumnya
  • Seseorang yang sedang dalam kondisi sakit dengan demam
Bagaimana cara menurunkan resiko terinfeksi virus flu tanpa vaksin?
Dengan atau tanpa vaksin, terdapat beberapa upaya untuk membantu melindungi diri dari flu dan virus lainnya. Menjaga kebersihan diri merupakan pertahanan utama untuk melawan penyakit menular. Berikut beberapa upaya yang dapat dilakukan:
  • Mencuci tangan secara tepat dengan menggunakan sabun dan air setelah beraktifitas
  • Menggunakan pembersih berbahan alcohol di tangan jika tidak tersedia sabun dan air
  • Hindari menyentuh mata, hidung, atau mulut
  • Hindari berada ditengah keramaian ketika virus flu mulai merebak
  • Melakukan gaya hidup sehat seperti berolahraga secara rutin, mengkonsumsi makanan sehat, beristirahat cukup, dan mengatasi stress.
Axact

ARTIKEL KESEHATAN

Pelajari kesehatan diri kita sedini mungkin dengan sering sering baca ARTIKEL KESEHATAN dari blog ini, Inshaa Alloh bermanfaat dan silakan disebarakan semua artikel disini di akun SOSMED atau copas di blog kamu...Jazakumullah..

Post A Comment:

0 comments: