By dr.Novie Cicielia

Batasan / Definisi
ARTIKEL KESEHATAN : Stroke adalah gangguan fungsi otak yang terjadi dengan cepat (tiba-tiba) dan berlangsung lebih dari 24 jam karena gangguan suplai darah ke otak. Gangguan suplai darah ini dapat berupa iskemia (kekurangan suplai darah) yang diakibatkan oleh trombosis atau emboli dan pecahnya pembuluh darah (perdarahan) otak. Gangguan suplai darah ini dapat mengakibatkan kerusakan sel-sel otak karena tidak mendapatkan oksigen dan nutrisi yang dibutuhkan ,sebagai akibatnya, daerah otak yang terlibat mengalami gangguan fungsi, yang dapat berupa kelumpuhan separuh anggota tubuh, gangguan untuk mengerti dan mengucapkan perkataan , gangguan penglihatan pada salah satu mata atau kedua mata. (1 & 2)


Stroke adalah keadaan kedaruratan medis dan dapat berakibat kerusakan saraf yang permanen, komplikasi dan kematian. Stroke adalah penyebab utama kecacatan pada dewasa di Amerika dan Eropa. Di Inggris, stroke adalah penyebab kematian peringkat kedua, peringkat pertama diduduki oleh serangan jantung dan peringkat ketiga adalah kanker. Stroke merupakan penyebab kematian peringkat kedua di seluruh dunia. (1)

Faktor resiko terjadinya Stroke . (1&4) adalah :
- Penambahan usia
- Riwayat keluarga dengan stroke
- Hipertensi (terutama pada tipe stroke perdarahan)
- Stroke yang pernah terjadi sebelumnya atau TIA (Transient Ischemic Attack)
- Diabetes
- Kolesterol darah yang tinggi
- Perokok
- Alkohol
- Fibrilasi atrium. Hipertensi adalah faktor resiko terpenting yang dapat dimodifikasi
- Gaya hidup sedenter (kurang olah raga)
- Obesitas ( kegemukan)
- Diet yang tidak seimbang

Macam-macam gangguan pembuluh darah otak :
1 . Transient Ischemic Attack (TIA)
    Adalah gangguan fungsi otak sepintas yang biasanya permulaannya cepat, sementara, kurang dari 24 jam, biasanya 90% kurang dari 4 jam, tanpa meninggalkan kecacatan (hilang       sempurna). (3)
    Dalam hal ini gangguan aliran pembuluh darah hanya sementara sehingga setelah mendapatkan suplai darah gejala dapat hilang sempurna.

2. Stroke Iskemik Trombotik dan Embolik
   Adalah gangguan fungsi otak akibat gangguan aliran pembuluh darah otak yang permulaannya cepat/akut dan sub akut,lebih dari 24 jam, yang menimbulkan gangguan fungsi saraf      yang dapat menetap/sembuh dengan gejala sisa.
   Biasanya terjadi saat bangun tidur, dapat didahului oleh serangan TIA. Gangguan alirah darah ke otak ini disebabkan oleh penyempitan pembuluh darah akibat aterosklerosis                (trombosis) atau penyumbatan pembuluh darah oleh bekuan lemak atau darah dari tampat lain misalnya jantung (embolik).

3. Stroke Perdarahan
   Adalah gangguan fungsi otak yang terjadi cepat/akut akibat pecahnya pembuluh darah di otak, baik arteri, vena maupun kapiler secara spontan bukan akibat trauma (kecelakaan).      Pecahnya pembuluh darah dapat terjadi karena hipertensi, kelainan dinding pembuluh darah, kelainan faal koagulasi.

Pencegahan lebih baik daripada pengobatan. Beberapa faktor resiko dari stroke tidak dapat kita hindari seperti penambahan usia, faktor keturunan, dll namun beberapa dapat kita modifikasi karena berhubungan dengan gaya hidup kita. Apa yang dapat kita lakukan untuk mencegah stroke :
- Diet yang teratur dan seimbang, kurangi makanan berlemak (tinggi kolesterol), perbanyak konsumsi sayur dan buah
- Olahraga teratur minimal 30 menit 2 kali seminggu, disesuaikan dengan usia dan keadaan individual
- Kontrol tekanan darah bila terjadi hipertensi
- Kontrol gula darah dalam batas normal
- Tidak merokok
- Tidak mengkonsumsi alcohol
- Jaga berat badan ideal
- Lakukan pemeriksaan penunjang secara rutin (General Check Up)


Pemeriksaan penunjang yang dapat dilakukan :
- Hematologi Lengkap
- Faal Hemostasis
- Tes Agregasi Trombosit
- Viskositas Darah
- Profil Lemak
- Glukosa Darah Puasa dan 2JPP
- Elektrolit Darah
- EKG
- Trans Cranial Doppler (TCD)
- CT scan dan Angiografi (jika ada indikasi khusus)

Dengan melakukan pemeriksaan secara rutin kita dapat memantau faktor resiko yang dapat kita modofikasi, seperti kolesterol dan glukosa darah yang tinggi, hipertensi, darah yang terlalu kental (viskositas darah meningkat), kelainan pembekuan darah.

DAFTAR PUSTAKA

1.Wikipedia 4 Mei 2009
2.Stroke Information Page National Institute of Neurological Disorders and Stroke (NINDS).htm 27 April 2009
3.Pedoman Diagnosis dan Terapi, Bagian/SMF Ilmu Penyakit Saraf, 2004, Rumah Sakit Umum Dokter Soetomo.
4.Harrison’s Principles of Internal Medicine – 15th Edition
Axact

ARTIKEL KESEHATAN

Pelajari kesehatan diri kita sedini mungkin dengan sering sering baca ARTIKEL KESEHATAN dari blog ini, Inshaa Alloh bermanfaat dan silakan disebarakan semua artikel disini di akun SOSMED atau copas di blog kamu...Jazakumullah..

Post A Comment:

0 comments: