Amankah Membersihkan Telinga Setiap Hari?

ARTIKEL KESEHATAN : Kotoran pada telinga memilki fungsi sebagai pelumas dan mencegah masuknya bakteri kedalam telinga. membersihkan telinga setiap hari dapat menyebabkan telinga menjadi gatal, kering dan mudah terinfeksi kuman.

Setiap orang memiliki keinginan untuk menjaga kebersihan tubuh termasuk telinga. Namun salah dalam cara merawat kebersihan telinga dapat melemahkan kemampuan pendengaran. Telinga merupakan bagian tubuh yang halus dan rumit mulai dari saluran telinga hingga gendang telinga.
Kotoran telinga merupakan hasil dari kelenjar dikulit yang melapisi sebagian saluran telinga. Kotoran telinga memiliki fungsi untuk mencegah bakteri masuk kedalam telinga dan sebagai pelumas. Jika telinga tidak memiliki kotoran telinga akan menjadi kering dan akan timbul rasa gatal pada telinga. Kotoran telinga akan dapat hilang dengan sendirinya ketika terjadi gerakan rahang saat mengunyah.
Kotoran telinga hanya terbentuk diluar telinga sampai sepertiga saluran telinga. Bagian dalam hingga gendang telinga tidak menghasilkan kotoran. Beberapa orang mengalami penyumbatan pada gendang telinga biasanya disebabkan karena penggunaan kapas dan jepit. Cara paling aman untuk menghilangkan penumpukan kotoran pada telinga adalah dengan mengunjungi dokter.
Untuk membersihkan kotoran telinga di rumah dapat dilakukan beberapa langkah berikut :
  • Menggunakan kain yang lembab
    Gunakan kain atau kapas yang lembab pada bagian luar telinga saja. Menggunakan kapas untuk membersihkan bagian dalam telinga dapat menyebabkan kotoran masuk lebih dalam.
  • Menggunakan penghancur kotoran telinga
    Beberapa apotek menyediakan obat tetes telinga untuk menghancurkan kotoran pada telinga, yang berisi mineral oilbaby oil, glyserin, peroksida, hidrogen peroksida. Berkonsultasilah dengan Apoteker untuk cara penggunaan.
  • Menggunakan larutan garam
    Membilas bagian liang telinga dengan menggunakan air atau larutan garam. Gunakan air hangat untuk membasuh telinga.

Kapan harus membersihkan telinga?
Dalam kondisi yang ideal, tidak diperlukan membersihkan saluran telinga. Namun hal ini tidak selalu terjadi. Telinga harus dibersihkan ketika kotoran telinga terakumulasi sehingga menyebabkan beberapa gejala, seperti :
  • Nyeri pada telinga
  • Telinga terasa penuh
  • Gangguan pendengaran parsial
  • Terdapat bunyi dengung pada telinga
  • Telinga gatal dan bau
Membersihkan telinga setiap hari bukanlah hal yang bijak untuk dilakukan karena telinga membutuhkan kotoran untuk mencegah infeksi dan menjaga agar telinga tetap basah. Berkonsultasilah dengan dokter 1-2 kali dalam setahun untuk pemeriksaan rutin dan membersihkan telinga.
Axact

ARTIKEL KESEHATAN

Bismillah...Blog ini merangkum beberapa artikel kesehatan yang ada di dunia maya sehingga menjadi sebuah blog kesehatan terpercaya. Kami mengucapkan terima kasih kepada narasumber artikel kesehatan, semoga artikel yang telah di baca banyak orang membawa manfaat dan penulis artikel pertama mendapatkan pahala dari Alloh.

Post A Comment:

0 comments: