Apakah Manfaat Dari Air Kelapa Muda?

ARTIKEL KESEHATAN : Kadar kalium yang tinggi pada air kelapa muda dapat membantu menurunkan tekanan darah dan mencegah terjadinya penyakit jantung.

Banyak minuman berelektrolit yang terbuat dari air kelapa muda atau coconut water. Apakah benar air kelapa muda dapat digunakan sebagai pengganti elektrolit yang hilang atau juga dapat digunakan untuk penetral racun?
Air kelapa muda memiliki rasa manis dan memiliki kandungan gula dan elektrolit. Berbeda dengan santan atau minyak kelapa, air kelapa muda tidak memiliki kandungan lemak.
Apakah manfaat air kelapa muda?
Dalam kehidupan sehari-hari ada banyak informasi mengenai manfaat air kelapa. Berikut manfaatnya yang sudah diteliti secara ilmiah:
  • Pengganti elektrolit
    Air kelapa muda memiliki kandungan tinggi kalium dan merupakan minuman pengganti elektrolit yang bagus. Air kelapa muda juga mengandung karbohidrat sehingga bagus untuk digunakan atlet.
  • Menurunkan tekanan darah
    Pada tahun 2005 terdapat sebuah penelitian yang menemukan bahwa seseorang yang diberikan air kelapa muda selama dua minggu mengalami penurunan tekanan darah sistolik sebanyak 71% dan tekanan darah diastolik sebanyak 29% dibandingkan dengan yang hanya mengkonsumsi air putih. Kandungan kalium yang tinggi pada air kelapa muda memiliki manfaat mengurangi resiko terjadinya penyakit kardiovaskular.
  • Membantu menurunkan kadar kolesterol pada darah.
  • Membantu proses detoksifikasi
    Tubuh memiliki kemampuan alami untuk dapat membersihkan dan detoksifikasi sendiri, jika tubuh memiliki nutrisi yang tepat. Tanpa asupan cairan dan elektrolit yang tepat tubuh akan menumpuk racun pada ginjal dan hati. Dehidrasi dapat menyebabkan tubuh merasa kelelahan, lekas marah, kebingungan, dan rasa haus yang berlebihan. Gejala dehidrasi terjadi karena ginjal tidak mampu mengeluarkan racun dari tubuh.

  • Membantu menurunkan stress dan ketegangan otot
    Beberapa elektrolit yang terdapat pada air kelapa muda terutama kalsium dan magnesium dapat membantu menurunkan stress dan ketegangan otot. Selain dapat menjaga kesehatan gigi dan tulang, kalsium juga dapat membantu mengurangi ketegangan otot termasuk otot jantung. Hal ini dapat membantu menurunkan resiko serangan jantung.
  • Memiliki kadar kalori yang rendah
  • Memiliki kadar kalium yang tinggi.
    Kalium dapat membantu menjaga cairan dan elektrolit dalam tubuh terutama saat melakukan olahraga. Kalium juga dapat membantu menurunkan tekanan darah.
  • Memiliki kandungan cytokinins
    Cytokinins memiliki fungsi sebagai antiaging dan mencegah kanker.
Air kelapa muda memiliki banyak sekali manfaat, jadi jangan pernah meremehkan manfaat tumbuhan bagi kesehatan manusia. Dan jangan pernah merusak tumbuhan karena suatu saat kita pasti membutuhkannya.
Axact

ARTIKEL KESEHATAN

Bismillah...Blog ini merangkum beberapa artikel kesehatan yang ada di dunia maya sehingga menjadi sebuah blog kesehatan terpercaya. Kami mengucapkan terima kasih kepada narasumber artikel kesehatan, semoga artikel yang telah di baca banyak orang membawa manfaat dan penulis artikel pertama mendapatkan pahala dari Alloh.

Post A Comment:

0 comments: