Bagaimana Cara Mendapatkan Perut Rata??

Lancar buang air besar merupakan salah satu cara untuk mencegah perut mengembung. mengkonsumsi serat minimal 25 gram/hari untuk wanita dan 38 gram/hari untuk pria dapat membantu melancarkan buang air besar.




ARTIKEL KESEHATAN : Mungkin hampir setiap wanita menginginkan bentuk tubuh yang ideal. Salah satu tolok ukur ideal menurut wanita umumnya adalah memiliki perut yang rata. Memiliki perut mengembung dapat menyebabkan ketidaknyamanan fisik dan psikis pada beberapa orang termasuk pria. Perut mengembung bukan semata-mata tanda dari obesitas atau penyakit jantung atau penyakit hati, tetapi karena gas pada perut.
Sering kali kita mendengar mitos bahwa perut yang mengembung merupakan akumulasi dari penumpukan cairan. Faktanya perut bukanlah tempat penumpukan cairan. Pada umumnya cairan akan menumpuk pada bagian kaki atau pergelangan kaki. Penyebab perut mengembung adalah karena berkumpulnya gas pada perut. Bagaimana hal tersebut dapat terjadi? Dan bagaimana cara mengatasinya?
  • Mencegah terjadinya konstipasi
    Mengkonsumsi makanan yang mengandung rendah serat, cairan, dan melakukan aktifitas fisik yang dapat menyebabkan sembelit atau konstipasi. Hal ini dapat menyebabkan perut mengembung. Untuk menghindari sembelit dapat melakukan pengaturan pola makan dengan mengkonsumsi makanan yang tinggi serat. Konsumsi serat pada wanita minimal 25 gram sehari dan 38 gram pada laki-laki. Makanan yang mengandung tinggi serat adalah biji-bijian, buah-buahan, sayuran, dan kacang-kacangan. Selain mengkonsumsi makanan yang tinggi serat untuk mencegah konstipasi dapat dengan mengkonsumsi air putih sebanyak 6-8 gelas sehari dan melakukan aktifitas fisik minimal 30 menit setiap hari.
     
  • Alergi makanan atau intoleransi laktosa
    Intoleransi laktosa adalah kondisi dimana tubuh tidak dapat mencerna laktosa (gula yang terdapat pada produk susu). Alergi makanan dan intoleransi dapat menyebabkan gas dan kembung. Namun hal ini memerlukan diagnosa dokter untuk memastikan. Jika dokter sudah memastikan penyebab perut mengembung adalah karena alergi makanan dan intoleransi laktosa maka sebaiknya membatasi atau menghindari produk susu dan olahannya.
     
  • Makan dengan cepat
    Makan dengan cepat dan tidak mengunyah makanan dengan baik dapat menyebabkan perut mengembung. Sebaiknya memperlambat dan menikmati makanan. Terdapat manfaat lain dengan memperlambat makan seperti dapat mengenyangkan perut sehingga tidak ada keinginan untuk menambah porsi atau mengkonsumsi makanan ringan.
     
  • Membatasi konsumsi minuman berkarbonasi
    Minuman berkarbonasi dapat meningkatkan gas pada perut. Mengganti minuman bersoda dengan teh yang dapat membantu menenangkan bisa menjadi cara untuk mencegah atau mengatasi perut mengembung.
     
  • Membatasi mengunyah permen karet
    Mengunyah permen karet juga dapat menyebabkan menelan udara sehingga dapat menyebabkan perut mengembung. Anda dapat mengganti permen karet dengan camilan sehat seperti buah atau sayuran.
     
  • Membatasi konsumsi makanan yang mengandung gula
    Pada umumnya orang yang memiliki perut mengembung karena mengkonsumsi terlalu banyak minuman atau makanan yang mengandung pemanis buatan. Seseorang direkomendasikan hanya mengkonsumsi 2 atau 3 porsi per hari makanan dan minuman yang mengandung pemanis buatan.
     
  • Makanan yang mengandung tinggi sodium atau garam
    Makanan yang mengandung tinggi sodium dan rendah serat dapat memicu terjadinya perut mengembung. Pada makanan kaleng atau makanan beku mengandung sekitarnya 500mg sodium per porsi. Maksimal jumlah sodium yang dikonsumsi adalah 1500-2300 mg sodium per hari. Direkomendasikan untuk mencari makanan yang memiliki kandungan bebas sodium atau garam.
     
  • Makan berulang dengan porsi kecil
    Makan dalam porsi kecil dengan lebih sering dapat membantu mengontrol kadar gula darah dan mengatur rasa lapar.
  • Mencoba mengkonsmusi makanan dan minuman yang dapat mengurangi perut mengembung seperti teh, jahe, nanas, dan yogurt yang mengandung probiotik atau bakteri baik.

Selain dengan mengatur pola makan untuk mendapatkan perut yang rata dapat melakukan aktifitas fisik seperti pilates atau yoga. Aktifitas fisik yang dilakukan sebaiknya yang bertujuan untuk dapat memperkuat otot-otot perut. Otot-otot perut yang kuat dapat membantu perut tampak lebih rata.
Anda tidak perlu untuk melewatkan jadwal makan atau mengkonsumsi obat pencahar untuk membuat perut rata atau menurunkan berat badan. Perubahan pola makan dan menghindari lemak berlebihan dapat membantu perut menjadi rata dan menjaga agar perut tetap rata.
Mendapatkan perut rata bukan hanya karena ingin memiliki bentuk tubuh yang indah. Tetapi, lebih dari itu karena Anda ingin mendapatkan hidup yang lebih sehat.
Axact

ARTIKEL KESEHATAN

Pelajari kesehatan diri kita sedini mungkin dengan sering sering baca ARTIKEL KESEHATAN dari blog ini, Inshaa Alloh bermanfaat dan silakan disebarakan semua artikel disini di akun SOSMED atau copas di blog kamu...Jazakumullah..

Post A Comment:

0 comments: