Bagaimana Cara Mengurangi Kantung Mata?

ARTIKEL KESEHATAN : Menggunakan kompres dingin pada daerah mata dan sekitarnya selama beberapa menit dapat membantu mengurangi terjadinya kantong mata.



Kantung mata merupakan kondisi bengkak ringan atau bengkak yang parah pada bagian bawah mata yang biasnya terjadi seiring dengan bertambahnya usia. Proses penuaan pada tubuh melemahkan jaringan disekitar mata dan beberapa otot yang menopang kelopak mata. Lemak normal yang membantu menopang mata masuk ke dalam bagian bawah mata sehingga menyebabkan tampak bengkak. Cairan juga dapat menumpuk dibagian bawah mata yang dapat menyebabkan pembengkakan.
Kantung mata bukan merupakan penyakit medis tertentu. Umumnya seseorang ingin menghilangkan kantung mata karena merasa dapat merusak penampilan. Beberapa perawatan yang dapat dilakukan dirumah atau klinik kecantikan dapat membantu mengatasi kantung mata.
Apakah penyebab terjadinya kantung mata?
Seiring bertambahnya usia makan struktur jaringan dan otot yang menopang kelopak mata melemah. Kulit akan menjadi kendur dan lemak yang biasas berada pada area sekita mata dapat bergerak ke area dibawah mata. Selain itu, dapat terjadi penumpukan cairan pada bawah mata. Sehingga dapat menyebabkan bagian bawah mata seperti bengkak, berwarna kehitaman atau lebih gelap dari warna kulit disekitarnya, dan kulit menjadi terlihat kendur.
Terdapat beberapa faktor yang dapat menyebabkan timbulnya kantung mata :
  • Penyimpanan cairan pada tubuh akibat perubahan cuaca seperti panas dan lembab, perubahan kadar hormon, atau mengkonsumsi makanan asin yang berlebihan.
  • Tidak cukup tidur
  • Mengalami alergi atau dermatitis, terutama jika bengkak disertai kemerahan dan gatal.
  • Faktor keturunan
Bagaimana penanganan yang dapat dilakukan untuk mengatasi kantung mata?


Kantung mata umumnya tidak memerlukan penanganan atau perawatan khusus. Perawatan di rumah dan perubahan gaya hidup dapat membantu mengurangi atau menghilangkan mata bengkak. Berbagai terapi dilakukan untuk memperbaiki kantung mata seperti operasi kelopak mata. Operasi kelopak mata (blepharoplasty) dapat membantu untuk menghilangkan atau menyalurkan kembali kelebihan lemak, otot dan kulit yang kendur.
Berikut beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk membantu mengatasi atau mengurangi kantung mata :
  • Menggunakan kompres dingin. Hal ini dapat dilakukan dengan membasahi kain bersih dengan air dingin. Kompres lap basah ke bawah mata dan disekitar mata selama beberapa menit dengan menggunakan tekanan ringan.
  • Memiliki kualitas tidur yang cukup tujuh hingga delapan jam setiap malam.
  • Tidur dengan kepala sedikit terangkat. Menambahkan bantal atau meletakkan kepala sedikit lebih tinggi ketika tidur untuk mencegah cairan menumpuk disekitar mata saat tidur.
  • Mengurangi gejala alergi. Menghindari alergen untuk mencegah reaksi alergi pada tubuh.
  • Mengurangi konsumsi alkohol dan kafein. Alkohol dan kafein dapat menyebabkan dehidrasi ringan sehingga menyebabkan lingkaran hitam menjadi lebih jelas.
Gaya hidup sehat merupakan sarana bagi tubuh untuk mengatasi masalah kesehatan yang paling remeh hingga yang paling serius.
Axact

ARTIKEL KESEHATAN

Pelajari kesehatan diri kita sedini mungkin dengan sering sering baca ARTIKEL KESEHATAN dari blog ini, Inshaa Alloh bermanfaat dan silakan disebarakan semua artikel disini di akun SOSMED atau copas di blog kamu...Jazakumullah..

Post A Comment:

0 comments: