Dapatkah Kita Mencegah Tertular Virus Influenza?

ARTIKEL KESEHATAN : Mendapatkan vaksin influenza setiap tahun merupakan salah satu upaya untuk mencegah virus influenza. upaya lain untuk mencegah influenza adalah dengan melakukan gaya hidup sehat dengan memiliki tidur yang cukup dan berkualitas, olahraga secara rutin, mengkonsumsi makanan bergizi, dan minum air putih yang cukup.

Flu atau influenza merupakan penyakit yang mayoritas orang pernah mengalami. Seseorang yang memiliki kondisi kesehatan seperti asma, penyakit jantung, diabetes, atau memiliki sistem kekebalan yang lemah. Cara terbaik untuk mencegah flu adalah mendapatkan vaksin setiap tahun.
Mengapa harus mendapatkan vaksin
Virus flu dapat berkembang dengan cepat sehingga kemungkinan vaksin yang Anda terima tahun lalu tidka dapat melindungi diri Anda dari virus flu tahun yang baru. Setelah mendapatkan vaksinasi, sistem kekebalan tubuh akan membentuk antibodi untuk melindungi tubuh dari virus.
Siapa saja yang harus mendapatkan vaksin?
Vaksin influenza direkomendasikan untuk semua orang diatas usia 6 bulan. Vaksin diberikan terutama untuk orang yang beresiko tinggi dapat mengalami komplikasi influenza, seperti :
  • Wanita hamil
  • Orang tua
  • Anak kecil
  • Seseorang yang memiliki kondisi kesehatan seperti asthma, kanker atau sedang melakukan kemoterapi, penyakit paru-paru obstruktif kronis (PPOK), diabetes, HIV/AIDS, penyakit pada ginjal atau hati, dan obesitas.
Bisakah mencegah flu tanpa menggunakan vaksin?
Dengan atau tanpa mendapatkan vaksin dapat dilakukan beberapa langkah untuk membantu melindungi diri dari flu dan virus yang lain. menjaga kebersihan adalah kunci mencegah terjadinya flu. Berikut beberapa cara untuk menghindari flu :
  • Mencegah kontak langsung dengan seseorang yang sedang mengalami flu. Ketika anda sendiri yang sakit maka dapat mengusahakan untuk menjauhi orang lain untuk mencegah terjadinya penularan.
  • Istirahat di rumah untuk mencegah penularan kepada orang lain.
  • Menutup mulut dan hidung dengan menggunakan tisu  ketika batuk atau bersin. Hal ini dapat mencegah terjadinya penularan.
  • Meningkatkan frekuensi mencuci tangan akan membantu melindungi diri dari kuman. Anda dapat menggunakan antiseptik yang berbasis alkohol jika tidak tersedia sabun dan air.
  • Menghindari untuk menyentuh mata, hidung dan mulut. Kuman dapat masuk ke dalam tubuh ketika tangan menyentuh benda yang terkontaminasi lalu kemudian menyentuh mata, hidung, dan mulut.
  • Melakukan gaya hidup sehat seperti membersihkan rumah dengan desinfektan, memiliki waktu tidur yang cukup dan berkualitas, melakukan olahraga secara rutin, meningkatkan kegiatan untuk
  •  merilekskan diri, mengkonsumsi makanan bergizi, dan minum air putih cukup.\

Bagaimana cara meningkatkan sistem kekebalan tubuh?
Untuk melawan virus flu, tubuh harus memiliki sistem kekebalan tubuh yang baik. Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk tetap sehat :
  • Mengkonsumsi makan bergizi dengan memperbanyak konsumsi buah dan sayuran.
  • Melakukan aktifitas fisik seperti olahraga minimal 30 menit setiap hari.
  • Memiliki tidur berkualitas selama 7-9 jam sehari.
Menutup mulut ketika batuk dan bersin merupakan cara sederhana dan beretika untuk mencegah terjadinya penularan influenza. Karena VIRUSKU BUKAN UNTUKMU.
Axact

ARTIKEL KESEHATAN

Bismillah...Blog ini merangkum beberapa artikel kesehatan yang ada di dunia maya sehingga menjadi sebuah blog kesehatan terpercaya. Kami mengucapkan terima kasih kepada narasumber artikel kesehatan, semoga artikel yang telah di baca banyak orang membawa manfaat dan penulis artikel pertama mendapatkan pahala dari Alloh.

Post A Comment:

0 comments: