Gunakan Lensa Kontak Dengan Bijak Dan Aman

ARTIKEL KESEHATAN : Menggunakan lensa kontak ketika tidur pada malam hari ternyata dapat meningkatkan resiko terjadinya infeksi pada mata.

Penggunaan lensa kontak sudah menjadi sebuah trend bagi kalangan remaja dan dewasa terutama wanita. Saat ini lensa kontak bukan sekedar untuk membantu mempertajam penglihatan pada orang yang mengalami gangguan mata tetapi sudah menjadi salah satu aksesoris untuk melengkapi penampilan atau make up. Lensa kontak dinilai lebih sederhana dan fleksibel untuk digunakan daripada kaca mata.
Jenis lensa kontak
Terdapat dua jenis lensa kontak yaitu lensa kotak lunak dan lensa kontak kaku.
  1. Lensa kontak lunak
    Lensa kontak lunak merupakan jenis yang paling populer dan paling banyak digunakan. Lensa kontak lunak dapat digunakan untuk membantu masalah penglihatan, seperti :
        - Rabun jauh (miopia)
        - Rabun dekat (hyperopia)
        - Astigmatisme
        - Gangguan pada kornea

    Lensa kontak lunak lebih nyaman untuk digunakan dan lebih mudah untuk beradaptasi daripada lensa kotak yang kaku. Berikut beberapa jenis lensa kontak yang lunak :
        - Lensa kontak sehari-hari. Lensa kontak ini dapat digunakan setiap hari mulai dari siang hingga malam. Malam hari setelah melepas lensa kontak maka dapat dibersihkan dan didesinfeksi. Durasi penggunaan lensa kontak bervariasi tergantung pada pabrik yang memproduksi.
        - Lensa kontak yang dapat digunakan ketika tidur. Lensa kontak ini perlu dilepas untuk dibersihkan dan didesinfektan minimal satu kali seminggu. Pengguna harus berhati-hati pada penggunaan ketika tidur karena dapat meningkatkan resiko terjadinya infeksi mata.
        - Lensa kontak sekali pakai. Lensa ini umumnya memiliki harga yang mahal. Lensa kontak ini tidak perlu dibersihkan atau didesinfeksi. Penggunaan lensa kontak ini sesuai dengan jangka waktu yang dianjurkan, seperti harian, mingguan, atau bulanan dan setelah itu dapat langsung dibuang. Lensa kontak ini dapat direkomendasikan kepada orang yang hanya kadang-kadang menggunakan lensa kontak.
     
  2. Lensa Kontak Kaku
    Lensa kontak kaku memiliki kelebihan karena dapat menurunkan tingkat resiko terjadinya infeksi. Pada umumnya lensa kontak kaku perlu dilepas pada malam hari untuk dibersihkan dan didesinfektan, namun pada beberapa jenis lensa kontak kaku dapat dipakai selama seminggu atau bahksan 30 hari. Jika lensa kontak kaku yang digunakan dapat memberikan rasa nyaman dan dnegan perawatan yang tepat maka lensa kontak dapat digunakan hingga dua sampai tiga tahun.
Kelebihan penggunaan lensa kontak
Lensa kontak memiliki beberapa kelebihan, seperti :
  • Lensa kontak dapat digunakan ketika sedang berolahraga atau aktifitas fisik yang lain tanpa takut jatuh atau pecah seperti halnya kaca mata.
  • Lensa kontak tidak bisa berkabut ketika berada diruangan bersuhu rendah atau dingin.
  • Beberapa jenis lensa kontak dapat memberikan perlindungan sinar UV tanpa perlu penggantian kaca mata hitam.
Perawatan lensa kontak
Menggunakan lensa kontak dapat menyebabkan masalah seperti ketidaknyamanan hingga infeksi pada mata. Berikut beberapa cara perawatan untuk mencegah terjadinya masalah tersebut :

  • Menjaga kebersihan
    Sebelum memegang lensa kontak sebaiknya menggunakan tangan yang bersih atau mencuci tangan dengan sabun dan air. Lalu mengeringkan tangan dengan menggunakan handuk yang bebas serat.
  • Melepas lensa kontak sebelum tidur
    Penggunaan lenda kontak saat tidur dapat meningkatkan resiko terjadinya infeksi mata walaupun jenis lensa kontak yang digunakan dapat digunakan ketika tidur.
  • Hindarkan lensa kontak dari air dan air ludah
    Lepaskan lensa kontak sebelum berenang atau mandi dengan air hangat. Jangan menggunakan air liru untuk membasahi lensa kontak.
  • Berhati-hati terhadap pemilihan cairan untuk lensa kontak
    Gunakan cairan yang memang dirancang untuk lensa kontak. Buang cairan yang telah digunakan untuk membersihkan lensa kontak. Bersihkan lensa kontak dengan lembut sesuai dengan petunjuk dokter. Jangan menggunakan cairan yang sudah kadaluwarsa.
  • Membuang lensa kontak yang sudah kadaluwarsa atau rusak
    Ganti lensa kontak secara rutin sesuai panduan dari produsen. Bersihkan lensa kontak dengan teratur menggunakan cairan.
Mata adalah jendela jiwa. Pastikan anda menjaganya agar tetap sehat!
Axact

ARTIKEL KESEHATAN

Pelajari kesehatan diri kita sedini mungkin dengan sering sering baca ARTIKEL KESEHATAN dari blog ini, Inshaa Alloh bermanfaat dan silakan disebarakan semua artikel disini di akun SOSMED atau copas di blog kamu...Jazakumullah..

Post A Comment:

0 comments: