Mencegah Asam Lambung Selama Bulan Puasa

ARTIKEL KESEHATAN : Berbuka puasa dan sahur dalam porsi yang besar dapat menyebabkan peningkatan asam lambung ketika berpuasa.



Salah satu masalah kesehatan yang dapat mengganggu puasa adalah peningkatan asam lambung. Umumnya ketika berpuasa seseorang pernah merasakan perut seperti penuh, begah, mual, dada hingga tenggorokan terasa seperti terbakar atau nyeri pada perut bagian atas.
Bagaimana cara agar asam lambung dapat dikendalikan selama berpuasa?
  • Menghindari makanan yang dapat menyebabkan peningkatan asam lambung.
    Umumnya ketika berbuka puasa banyak orang kurang memperhatikan menu yang dikonsumsi. Beberapa makanan yang menjadi penyebab peningkatan asam lambung, seperti makanan yang digoreng atau berlemak, saus tomat, alkohol, coklat, mint, bawang putih, dan kafein.
     
  • Mengkonsumsi makanan dalam jumlah yang kecil ketika berbuka puasa.
    Makan secara berlebihan dapat menyebabkan peningkatan asam lambung selama bulan puasa. Maka disarankan untuk mengkonsumsi makanan dalam jumlah porsi kecil terlebih dahulu tetapi dengan frekuensi yang sering.
     
  • Hindari tidur setelah makan
    Beri jarak untuk tidur kurang lebih 3 jam setelah makan.
     
  • Meletakkan kepala lebih tinggi ketika tidur
    Meletakkan kepala lebih tinggi dengan bantal tambahan dapat membantu mencegah terjadinya peningkatan asam lambung pada malam hari.
     
  • Berhenti atau mengurangi rokok
    Merokok dapat menurunkan fungsi organ lambung untuk mencegah peningkatan asam lambung. Sehingga berhenti merokok atau mengurangi ketika berpuasa sangat dianjurkan untuk membantu mencegah peningkatan asam lambung.
     
  • Menggunakan pakaian yang longgar dan sabuk yang longgar agar tidak menekan pada bagian perut.
Pada beberapa kondisi seseorang membutuhkan obat untuk mengatasi peningkatan asam lambung. Obat yang dapat digunakan untuk mengatasi asam lambung tanpa resep dokter adalah antasida. Beberapa obat lain dapat dibeli atas rekomendasi dari Apoteker. Obat-obat tersebut dapat dikonsumsi untuk pencegahan, jika seseorang pernah mengalami peningkatan asam lambung atau sudah memiliki riwayat tukak lambung. Obat untuk pencegahan atau mengatasi asam lambung dapat dikonsumsi ketika berbuka puasa dan sahur.


Pada orang yang memiliki riwayat penyakit lambung seperti maag kronis dan tukak lambung, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter jika ingin berpuasa. Dan segera membatalkan puasa jika gejala yang dirasakan semakin sering dan tidak tertahankan.
Memperhatikan menu dan makan dalam porsi secukupnya dapat membantu mencegah gangguan kesehatan saat berpuasa.
Axact

KAOS DISTRO

KAOS DISTRO adalah blog membahas tentang cara pembuatan Kaos Distro sampai bagaimana cara menjual Kaos Distro Online maupun offline, Silakan cari arti www.kaosdistro.web.id..Terima Kasih telah berkunjung di blog sederhana ini, Jika antum PRODUSEN KAOS DISTRO MAU KERJASAMA SILAKAN KONTAK NO TLP YANG ADA DI WWW.KAOSDISTRO.WEB.ID

Post A Comment:

0 comments: