Mengapa Tubuh Sering Lemas?

ARTIKEL KESEHATAN : Gaya hidup yang dapat menjadi penyebab tubuh mudah lemas adalah seperti mengkonsumsi alcohol secara berlebihan, melakukan aktifitas fisik yang berlebihan, kurang melakukan aktifitas fisik, kurang tidur, efek samping dari pengobatan yang dikonsumsi, dan pola makan yang tidak sehat.

Hampir semua orang pernah mengalami kelelahan karena bekerja berlebihan. Kondisi kelelahan seperti ini umumnya mudah dikenali dan kemungkinan dapat sembuh tanpa pemberian obat. Kelelahan dapat berlangsung lama dan tidak sembuh setelah istirahat. Kelelahan yang berlangsung lama dapat mempengaruhi kondisi emosional dan psikologis.
Lemah dan lelah merupakan istilah yang sering digunakan seolah-olah menggambarkan suatu kondisi yang sama. Tapi sesungguhnya menggambarkan dua sensasi yang berbeda.
  • Kelemahan merupakan kondisi kurangnya kekuatan fisik atau otot dan perasaan bahwa perlu usaha ekstra untuk menggerakkan lengan, kaki atau otot lainnya. Kelemahan pada otot dapat dihasilkan dari rasa sakit.
  • Kelelahan merupakan kondisi kelelahan atau memerlukan istirahat karena kekurangan energi. Kelelahan umumnya disebabkan oleh kerja secara berlebihan, kurang tidur, rasa khawatir, bosan, atau kurang berolahraga. Kelelahan mungkin juga disebabkan oleh penyakit, obat-obatan, atau perawatan medis. Kecemasan atau depresi juga dapat menyebabkan kelelahan.
Kelemahan dan kelelahan merupakan gejala dan bukan penyakit. Karena merupakan sebuah gejala maka dapat disebabkan oleh beberapa masalah kesehatan .
Apakah penyebab tubuh cepat lelah?
Kelemahan tubuh umumnya terjadi setelah melakukan terlalu banyak aktifitas pada satu waktu. Pada beberapa kasus kelemahan otot disebabkan oleh beberapa kondisi kesehatan seperti:
  • Kekurangan elektrolit dalam tubuh seperti kalium atau sodium
  • Mengalami infeksi seperti infeksi saluran kemih atau infeksi saluran pernafasan
  • Gangguan pada kelenjar tiroid
Selain karena gangguan kesehatan, gaya hidup juga dapat menjadi penyebab tubuh mudah lelah. Gaya hidup yang dapat menjadi penyebab seperti mengkonsumsi alcohol secara berlebihan, melakukan aktifitas fisik yang berlebihan, kurang melakukan aktifitas fisik, kurang tidur, efek samping dari pengobatan yang dikonsumsi, dan pola makan yang tidak sehat.
Bagaimana cara mengatasi ketika tubuh mengalami kelelahan?
Jika kelelahan dan kelemahan terjadi secara bersamaan dengan gejala lainnya, maka perlu dilakukan evaluasi terhadap gejala tersebut. Terapi pengobatan selama dirumah akan mengatasi terjadinya kelemahan dan kelelahan. Kelemahan umum yang ringan dan kelelahan yang terjadi dengan penyakit virus biasanya akan membaik. Beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk mengatasi kelelahan:
  • Istirahat ekstra ketika sedang sakit. Jika terjadi influenza maka diperlukan istirahat selama beberapa hari.
  • Mengkonsumsi cairan ekstra untuk menghindari dehidrasi
  • Mengkonsumsi makanan sehat
Bagaimana cara mencegah agar tidak mudah lelah?
Beberapa cara dapat dilakukan untuk membuat tubuh lebih bugar dan tidak mudah lelah, seperti:
  • Melakukan olahraga secara teratur. Jika merasa terlalu lelah untuk berolahraga, maka coba untuk berjalan kaki secara singkat.
  • Mengkonsumsi makanan sehat atau melakukan pola makan dengan gizi seimbang.
  • Tidur dengan cukup
  • Mengendalikan stress
Axact

ARTIKEL KESEHATAN

Bismillah...Blog ini merangkum beberapa artikel kesehatan yang ada di dunia maya sehingga menjadi sebuah blog kesehatan terpercaya. Kami mengucapkan terima kasih kepada narasumber artikel kesehatan, semoga artikel yang telah di baca banyak orang membawa manfaat dan penulis artikel pertama mendapatkan pahala dari Alloh.

Post A Comment:

0 comments: