Mencuci wajah yang tepat adalah dengan menggunakan air hangat dan sabun yang lembut. Menggunakan air dengan suhu yang ekstrim dapat mengiritasi kulit.


Kebersihan wajah dimulai dengan membersihkan riasan hingga minyak berlebihan. Banyak pertanyaan tentang membersihkan wajah seperti ketika dirumah seharian, apakah perlu membersihkan wajah? Membersihkan wajah tetap harus dilakukan setiap hari tanpa melihat jenis kulit, tekstur kulit, kegiatan atau kondisi saat itu.

Cara Tepat Membersihkan Wajah

Cara membersihkan atau mencuci wajah memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan kulit dan penampilan. Berikut beberapa tips untuk membantu menjaga wajah tetap sehat
  • Menggunakan produk pembersih yang lembut dan tidak mengandung alcohol serta sesuaikan dengan jenis kulit.
  • Basuh wajah dengan menggunakan air hangat dan menggunakan jari untuk mengoleskan sabun wajah. Hindari penggunaan waslap, spon atau benda lain karena beresiko tinggi mengiritasi kulit
  • Hindari menggosok wajah karena dapat mengiritasi kulit
  • Bilas dengan air hangat dan keringkan dengan handuk yang lembut
  • Oleskan pelembab setelah itu jika kulit terasa kering. Oleskan secara lembut saat mengoleskan krim terutama pada bagian sekitar mata.
  • Batasi mencuci wajah anda, yaitu dua kali sehari dan setelah berkeringat. Cuci wajah anda wajib saat pagi dan malam hari, serta setelah berkeringat.

Langkah yang Diperbolehkan Saat Membersihkan Wajah

Beberapa langkah yang diperbolehkan atau bahkan diharuskan untuk menjaga wajah tetap bersih:
  • Hapus Riasan dengan Tepat
    Gunakan produk untuk menghapus riasan untuk memulai langkah membersihkan wajah. Menghapus riasan pada wajah dapat mencegah pori-pori tersumbat. Jika perlu gunakan dua langkah untuk mencegah pori-pori tersumbat. Langkah kedua setelah menghapus riasan adalah menghapus minyak berlebih dan kotoran yang menempel pada kulit. Untuk bagian mata, hindari menggosoknya melainkan hanya ditekan-tekan. Hal ini dikarenakan kulit area mata sangat halus.
  • Gunakan Air Hangat
    Lupakan tentang mitos bahwa air hangat dapat membuka pori-pori, karena hal tersebut tidak benar. Yang benar adalah kulit akan mudah teriritasi saat air yang digunakan berada pada suhu ekstrim.
  • Gunakan Micellar Water
    Tentu sudah sering mendengar tentang micellar water bukan? Micellar water mengandung molekul yang dapat menempel pada riasan dan menghapusnya.
  • Gunakan Handuk Lembut
    Saat mengeringkan wajah, gunakan handuk yang lembut dan bersih. Lakukan gerakan menepuk dan hindari menggosok handuk ke wajah.
  • Gunakan Toner
    Toner bukan merupakan langkah untuk mencuci wajah. Namun, toner berperan untuk menyeimbangkan kembali kulit. Toner adalah formula cair ringan yang dapat digunakan untuk mengatur ulang pH sehingga dapat melindungi kulit dari bakteri.

Apa itu Eksfoliasi?

Eksfoliasi adalah menghilangkan sel-sel kulit mati dari lapisan luar kulit. Eksfoliasi bermanfaat untuk mengatasi kulit kering atau kusam, meningkatkan sirkulasi darah dan mencerahkan serta memperbaiki kulit. Pilihlah produk eksfoliasi sesuai dengan jenis kulit.
Axact

ARTIKEL KESEHATAN

Bismillah...Blog ini merangkum beberapa artikel kesehatan yang ada di dunia maya sehingga menjadi sebuah blog kesehatan terpercaya. Kami mengucapkan terima kasih kepada narasumber artikel kesehatan, semoga artikel yang telah di baca banyak orang membawa manfaat dan penulis artikel pertama mendapatkan pahala dari Alloh.

Post A Comment:

0 comments: