Cara Membuat Ampo - Mungkin bagi kebanyakan orang, memakan makanan yang jatuh ke tanah pasti merasa jijik dan kotor. Eits, lalu bagaimana kalau makanan tersebut ternyata malah terbuat dari tanah? Yup, di Tuban, Jawa Timur, kamu bisa menikmati camilan khas yang terbuat dari tanah liat murni.

Makanan tradisional yang berbentuk seperti remah-remah astor ini biasa dikonsumsi oleh perempuan hamil di Tuban, dan sudah menjadi resep turun menurun. Kudapan ini dipercayai oleh masyarakat setempat bisa menguatkan sistem pencernaan, mengobati beberapa macam penyakit, serta membuat perut terasa lebih dingin. Wah seperti apa sih cara bikinnya? Yuk daripada penasaran, ikuti resepnya di bawah ini ya!
Bahan Baku:
  • 500 gram tanah liat murni yang sudah terbebas dari kotoran, batu dan pasir
  • air secukupnya
Cara membuat:
  1. Adonan tanah liat yang dibersihkan, kemudian dibentuk dadu seukuran kotak sepatu.
  2. Agar tidak lengket dalam prosesnya, tambahkan air sedikit demi sedikit.
  3. Pukul-pukul dengan menggunakan palu atau kayu agar adonan menjadi padat.
  4. Setelah adonan tersebut siap, kamu bisa melanjutkannya dengan menyerut tanah liat tersebut menggunakan pisau sehingga bisa berbentuk seperti astor yang menggulung-gulung. Lakukan terus hingga adonan habis.
  5. Panggang Ampo ke dalam oven selama kurang lebih 30 menit.
  6. Sajikan Ampo bersama dengan teh hangat.
Cara Membuat Tahu Isi
Kebiasaan makan tanah liat atau geofagi ini memang memiliki fungsi positif bagi tubuh kita, terutama pada pencernaan. Tanah lempung yang steril akan memiliki perlindungan pencernaan dari virus dan bakteri serta bisa mengikat hal berbahaya tersebut. Wah bisa dicoba dong ya!
Diambil dari berbagai sumber google
Makanan dari tanah liat yang diberi nama "Ampo" ini sudah menjadi makanan tradisional yang dipercaya masyarakat Tuban dapat menguatkan sistem pencernaan. Bahkan memakan tanah liat juga dipercaya sebagai obat yang dapat mengobati beberapa macam penyakit.
Seorang wanita penjual Ampo ini, mengatakan bahwa tidak ada resep untuk memasak tanah tersebut. Dia hanya mencari tanah yang bersih yang bebas dari kerikil, kemudian ditumbuk dan dipadatkan sehingga berbentuk segi empat.
Kemudian, mengikisnya dengan stik dan membentuknya seperti gulungan. Tanah yang sudah menggulung itu kemudian dibakar dan diasapi selama 1 jam, lalu jadilah sebagai snack atau makanan ringan yang siap dimakan.
Rasima biasanya menjualnya dipasar dan sehari dia bisa mempunyai penghasilan sekitar Rp 20 ribu untuk menghidupi keluarganya.
Tuban merupakan satu-satunya tempat di dunia yang memakan tanah panggang. Memang ada orang-orang lain di dunia yang suka makan pasir, dan benda aneh lainnya, tapi tidak ada yang memakan tanah panggang.
Salah seorang warga Tuban mengatakan bahwa dia sudah memakan ampo sejak dia masih kecil dan ampo mendinginkan perutnya.
Cara Membuat Masak Cumi
Cara Membuat Tahu Isi Ala Korea
Cara Membuat Nasi Goreng
Cara Membuat Ayam RicaRica
Berikut ini cara membuat ampo nya :
  • Pisahkan Tanah Liat Dengan Kerikil dan Pasir
  • Ampo, Makanan Yang Terbuat Dari Tanah Liat plus resepnya !!
  • Pada tahap ini tanah dipilah-pilah antara yang lembut dan yang kasar. Seperti halnya membuat adonan jajanan, maka keseragaman tanah menentukan kenikmatan dan kepulenan cemilan yang dihasilkan nantinya.
  • Bentuk Tanah Menjadi Kotak-Kotak
  • kalau kita membuat kue ada istilah kalis, ya disini juga demikian, membuat adonan tanh liat menajdi bentuk kotak menunjukan bahwa adonan sudah kalis.
  • Kalis sendiri berarti komposisi tanah dan air sudah merata pada setiap bagian adonan. Ciri adonan tanah liat yang kalis dilihat dari sudah tidak lengket pada telapak tangan.
  • Bentuk Stick/batangan
  • Tanah liat dibentuk menjadi stik, jika anda lihat sepintas pembuatannya mirip dengan pembuatan wafer stick atau astor.
  • Bakar Tanah Liat
  • Setelah tanah liat dibentuk menjadi stick, kemudian dipanggang diatas tungku tradisional sampai mengeras dan kering. Seperti terlihat pada gambar, tanah liat diletakkan diatas wajan dengan pemanasan tungku dan kayu.
  • Disajikan

setelah semua proses dilalui maka tanah liat siap disajikan di meja untuk jadi teman ngobrol. Bagaimana gan, apa agan tertarik untuk memakan Ampo ini, yah lumayanlah sebagai pengganti lauk
Axact

ARTIKEL KESEHATAN

Bismillah...Blog ini merangkum beberapa artikel kesehatan yang ada di dunia maya sehingga menjadi sebuah blog kesehatan terpercaya. Kami mengucapkan terima kasih kepada narasumber artikel kesehatan, semoga artikel yang telah di baca banyak orang membawa manfaat dan penulis artikel pertama mendapatkan pahala dari Alloh.

Post A Comment:

0 comments: