ARTIKEL KESEHATAN : Siapa sih yang tidak ingin sehat, jawabanya pasti semua orang ingin. Hanya saja masalahnya orang tidak tahu apa yang harus diperbuat agar selalu sehat dan jarang sakit. Sebenarnya kunci agar Anda jarang sakit adalah memiliki sistem daya tahan tubuh yang baik. Tapi ketahanan tubuh juga harus dijaga dengan gaya hidup sehat. Apalagi di musim yang tidak menentu seperti di Indonesia. Ada beberapa hal kecil yang bisa mencegah anda sakit, mungkin hal ini sudah umum. Berikut 7 kebiasaan yang dapat membuat anda sehat dan jarang sakit :

1. Minum Air Secukupnya




Minum cukup air (tidak kurang dan tidak berlebihan) bisa memperpanjang harapan hidup sekaligus mengurangi risiko terkena penyakit jantung 20-30 persen(Nah, kalo ane saranin 1 hari 8 gelas air). Menurut studi yang dilakukan National Institute on Alcohol Abuse and Alcoholism, orang yang minum cukup air lebih jarang masuk rumah sakit ketimbang yang kurang minum.

2. Tidur Siang



Jika tidak terlalu lama, tidur siang bisa membuat sistem kekebalan tubuh meningkat dan menjalankan fungsinya melawan penyakit lebih efektif. Tidur siang selama 30 menit juga baik untuk jantung dan peredaran. Para dokter menyarankan, waktu tidur siang yang ideal adalah antara pukul 13.00-15.00

3. Rajin Latihan Yoga



Latihan yoga akan menguatkan dan menyeimbangkan sitem imun tubuh sehingga Anda jarang sakit. Yoga juga mencegah penyakit berbahaya seperti gangguan jantung, tekanan darah tinggi dan diabetes.

4. Makan dengan Porsi Kecil


Soal makanan, lebih banyak belum tentu lebih baik. Makanlah secukupnya dengan porsi kecil. Pastikan makanan yang Anda konsumsi terdiri dari buah, sayur, nasi merah dan lauk yang mengandung karbohidrat kompleks, protein sehat, serat, vitamin dan mineral(seperti konsep 5sehat 4 sempurna). Hindari konsumsi gula, garam dan lemak berlebih yang biasanya terdapat dalam makanan olahan.

5. Jalin Kedekatan dengan Teman



Orang yang memiliki persahabatan erat, sistem daya tahan tubuhnya juga lebih kuat. Tidak mempunyai teman dekat bisa meningkatkan risiko terkena serangan jantung hingga 50 persen. Untuk memaksimalkan manfaat jaringan sosial Anda, jangan segan mengajak teman untuk makan siang, belanja bersama atau sekadar mengobrol di telepon saat akhir pekan. Tapi hindari terlalu sering bersosialisasi lewat email atau Facebook, kecuali teman Anda berada di kota atau negara yang jauh

6. Perbanyak Konsumsi Bawang Putih

Bawang putih bermanfaat menurunkan tekanan darah dan kolesterol tinggi, melawan bakteri staphiloccocus dan sebagai antioksidan yang powerful. Belum lama ini, sebuah penelitian menemukan bahwa orang yang secara teratur mengonsumsi bawang putih, lebih jarang sakit hingga dua kali lipat. Bawang putih bisa dikonsumsi dengan cara dimakan mentah atau dimasak(Sebenernya bawang putih itu bisa nyembuhin penyakit lain). Tapi hindari bawang putih dalam bentuk suplemen karena kandungannya sudah tidak asli lagi.

7. Mandi Air Dingin



Orang umumnya lebih suka mandi air hangat karena membuat lebih relaks dan tidur lebih nyenyak. Tapi ternyata mandi dengan air dingin punya manfaat kesehatan yang lebih banyak. Membasuh tubuh dengan air dingin bisa memperlancar sirkulasi darah, memperkuat ketahanan kulit, meningkatkan sistem imum tubuh, meningkatkan mood serta meremajakan tubuh. Sebuah studi di Berlin, Jerman menunjukkan bahwa perenang yang berenang di air dingin tingkat glutathione-nya bertambah. Glutathione adalah antioksidan alami pada tubuh. Namun perlu diperhatikan, jangan terlalu lama berendam di air dingin karena efeknya juga tidak baik. Idealnya, mandi air dingin cukup dilakukan selama 5-10 menit

via.detik.com
Axact

ARTIKEL KESEHATAN

Bismillah...Blog ini merangkum beberapa artikel kesehatan yang ada di dunia maya sehingga menjadi sebuah blog kesehatan terpercaya. Kami mengucapkan terima kasih kepada narasumber artikel kesehatan, semoga artikel yang telah di baca banyak orang membawa manfaat dan penulis artikel pertama mendapatkan pahala dari Alloh.

Post A Comment:

0 comments: