untung rugi pakai behel

ARTIKEL KESEHATAN : Konsep awal dari kawat gigi atau behel dipasang adalah untuk merapikan gigi yang tidak beraturan. Belakangan fungsi kawat gigi semakin melebar keman-mana, bahkan sampai ke urusan gaya atau mode. Banyak orang yang ikut-ikutan pasang kawat gigi atau behel dipakai untuk sekadar gaya-gayaan hanya karena banyak melihat artis di TV yang memakai behel. Untuk itu sebaiknya anda tahu untung ruginya memakai behel.
Disampaikan dalam talkshow dalam rangka hari kesehatan gigi dunia 2013 yang dikutip detik, Ketua Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) DR drg Zaura Rini, MDS. menyatakan bahwa kalau pasang behel-behelan gigi sehat malah jadi tidak sehat.

Lebih lanjut drg Zaura menjelaskan, gigi yang berderet-deret itu tidak diikat jadi satu. Maka saat menerima tekanan dari pemasangan kawat gigi yang tidak seharusnya dipasang, maka tulang bisa rusak.

"Kita harus cegah agar tidak terjadi kasus yang mengakibatkan kerusakan. Kerusakan gigi susu berdampak pada gigi tetap, bisa jadi giginya malah jadi maju atau mundur," terangnya.

Jika seseorang memasang kawat gigi, tegas drg Zaura, hendaknya memang karena berdasarkan fungsinya. Pemakaian asal-asalan kawat gigi juga bisa memicu sakit kepala akibat sendi rahang yang rusak.

"Ada juga yang mengakibatkan seseorang yang saat membuka lebar mulutnya lalu tidak bisa menutup lagi. Jadi ingat, meratakan gigi itu untuk memperbaiki kelainan," sambung ibu dua anak ini.

drg Zaura juga mewanti-wanti jika ada seseorang yang ingin merapikan giginya dengan kawat gigi maka hendaknya pergi ke dokter gigi. Sebab perawatan yang salah oleh orang yang tidak berkompeten bisa membuat gigi berantakan dan memunculkan dampak tidak baik lainnya.

Sementara itu Oral Care PT Unilever Indonesia, drg Ratu Mirah Afifah GCClinDent., MDSC di kesempatan yang sama mengingatkan seseorang yang mengenakan behel perlu perawatan ekstra. Sebab keberadaan kawat gigi justru menimbulkan kesulitan saat membersihkan gigi.

"Kalau tidak bersih membersihkan gigi, risikonya gigi berlubang. Karena gigi menjadi terlalu rapat juga jadi susah membersihkan sela-sela gigi," ucap drg Mirah.

Nah dari tulisan diatas silahkan mengambil kesimpulan sendiri apakah anda masih pingin memakai behel untuk sekedar gaya-gayaan atau seharusnya memasang kalau benar-benar diperlukan dengan mempertimbangkan untung ruginya.
Axact

ARTIKEL KESEHATAN

Bismillah...Blog ini merangkum beberapa artikel kesehatan yang ada di dunia maya sehingga menjadi sebuah blog kesehatan terpercaya. Kami mengucapkan terima kasih kepada narasumber artikel kesehatan, semoga artikel yang telah di baca banyak orang membawa manfaat dan penulis artikel pertama mendapatkan pahala dari Alloh.

Post A Comment:

0 comments: