ARTIKEL KESEHATAN : 
Ternyata dehidrasi hanyalah salah satu akibat jika kita kurang minum. Namun kurang minum ternyata juga bisa menyebabkan timbulnya berbagai penyakit yang serius.

Berikut berbagai macam penyakit yang bisa timbul gara-gara kurang minum seperti dikutip dari Mother Nature Network berikut ini.


1. Kolesterol tinggi

Saat dehidrasi, tubuh akan memproduksi lebih banyak kolesterol untuk mencegah keluarnya cairan dari dalam sel. Akibatnya, kadar kolesterol semakin tinggi dan tubuh berisiko terkena berbagai macam penyakit kronis.

2. Kecapean

Air adalah sumber energi penting bagi tubuh manusia. Meskipun tidak mengandung kalori sama sekali, air putih berperan sebagai penjaga keseimbangan kinerja enzim dalam mengelola energi. Jika kurang minum, tubuh akhirnya kelelahan dan tidak mampu beraktivitas.


3. Alergi dan asma

Ketika dehidrasi, tubuh membatasi keluar masuknya udara demi menjaga kadar air dalam tubuh. Namun dampaknya, tubuh semakin rentan terhadap gangguan kecil dari luar, seperti asma dan alergi. Jika hal tersebut tak ingin terjadi, jangan malas minum air putih.

4. Tekanan darah tinggi

Karena Darah terdiri dari 92 persen air ketika tubuh terhidrasi dengan sempurna. Tetapi jika kurang minum, darah menjadi lebih kental dan membuat tekanan menjadi lebih tinggi. Dehidrasi pun akhirnya bisa berujung pada tekanan darah tinggi.

5. Gangguan kulit

Air membuat kulit tetap kenyal dan lembap. Namun apa yang terjadi jika seseorang malas minum air? Kulit menjadi kering, sensitif, dan mudah terkena iritasi. Bukan cuma itu, kulit akan lebih cepat keriput dan rentan terkena gangguan lainnya.

Jadi kesimpulannya kalau ingin sehat dan terhindar dari penyakit-penyakit diatas sebaiknya selalau minum air putih yang cukup setiap hari.

sumber: merdeka.com
Axact

ARTIKEL KESEHATAN

Bismillah...Blog ini merangkum beberapa artikel kesehatan yang ada di dunia maya sehingga menjadi sebuah blog kesehatan terpercaya. Kami mengucapkan terima kasih kepada narasumber artikel kesehatan, semoga artikel yang telah di baca banyak orang membawa manfaat dan penulis artikel pertama mendapatkan pahala dari Alloh.

Post A Comment:

0 comments: