ARTIKEL KESEHATAN : Akhir-akhir ini mencelakai seseorang dengan menyiram dengan air keras seperti menjadi trend. Mulai dari menimpa anggota Polsek Johar Baru yang disiram air keras ketika sedang bertugas menertibkan tawuran antarwarga di Johar Baru. Penyiraman air keras ke penumpang bus PPD 213 di jalan Jatinegara Barat dan yang paling akhir adalah menimpa vokalis band Saint Loco Beery yang disiram air keras ketika konser di Malang.



Untuk itu perlu dibahas kiranya apa itu air keras, manfaat serta bahayanya sehingga kita bisa semakin waspada.


Pengertian air keras

Air keras adalah larutan asam kuat yang cukup pekat.

ada beberapa macam air keras diantaranya.
- asam sulfat yang dipakai untuk aki
- asam klorida untuk membersihkan permukaan logam sebelum disoldir, -asam nitrat untuk menguji logam mulia, dan asam fosfat untuk membuat garam fosfat.

Manfaat air keras

Air keras sebenarnya lebih banyak digunakan didunia industri diantaranya adalah:

1. Sebagai pereaksi kimia untuk produksi massal plastik PVC
2. Campuran untuk pembuatan produk kebersihan rumah tangga.
3. Untuk produksi gelatin.
4. Bahan pembuat zat aditif makanan
5. Sebagai alat memproses bahan kulit.

Apa akibatnya jika air keras disalahgunakan?

Seperti halnya kebakaran, jika mengenai anggota badan makan air keras akan mengakibatkan kerusakan pada fisik. Bahkan beberapa hari setelah penyiraman kerusakan fisik ini akan terus berlanjut. Jika  tidak segera dibilas dengan air bersih akan terus menjalar dan memperparah kondisi korban bahkan sehingga bisa menyebabkan luka yang permanen.

Disamping itu juga bisa mengakibatkan gangguan fungsional organ yang lain, misalnya pendengaran, penglihatan maupun kemampuan berbicara dan membatasi gerak tubuh korban.

Lebih jauh lagi bahkan bisa menimbulkan efek psikologis yang lebih buruk lagi yakni penurunan mental atau psikologis korban. Kondisi kerusakan fisik yang menyedihkan seringkali membuat korban drop kejiwaannya, apalagi ditambah lingkungan sosial yang kurang mendukung. Untuk itu waspadailah penggunaan penggunaan air keras untuk hal-hal yang bermanfaat saja.

via.inilah.com
Axact

ARTIKEL KESEHATAN

Bismillah...Blog ini merangkum beberapa artikel kesehatan yang ada di dunia maya sehingga menjadi sebuah blog kesehatan terpercaya. Kami mengucapkan terima kasih kepada narasumber artikel kesehatan, semoga artikel yang telah di baca banyak orang membawa manfaat dan penulis artikel pertama mendapatkan pahala dari Alloh.

Post A Comment:

0 comments: