ARTIKEL KESEHATAN : Setelah seseorang makan seharusnya badan menjadi lebih segar dan daya tahan makin kuat, namun kebanyakan orang justru mengantuk setelah makan siang. Jadi bisa jadi mengantuk sesudah makan siang adalah keadaan yang tidak normal, kemungkinan ada yang salah dari diri anda



Berikut ini adalah tips agar anda tidak mudah mengantuk setelah makan siang

1. kurangi konsumsi makanan yang mengandung gula serta lemak

Mengurangi makanan yang memiliki kandungan gula serta lemak ketika  makan siang dapat mencegah terjadinya kecelakaan energi. Hal itu karena gula walaupun bisa memberikan dorongan energi yang cepat, namun dapat habis dalam waktu yang cepat pula hingga bikin badan merasa lelah.  Makan buah yang mempunyai rasa manis alami bisa jadi alternatif.

2. Konsumsi karbohidrat kompleks

Makanan yang mempunyai kandungan protein, zat besi  serta karbohidrat kompleks membuat badan menghasilkan hemoglobin yang dibutuhkan untuk membawa oksigen ke seluruh badan untuk menambah daya. Sedang karbohidrat kompleks berikan glukosa pada badan yang berperan untuk bahan bakar yang membantu peranan badan, tetapi di cerna dengan lebih lambat hingga tak cepat menambah gula darah.

3. Makan secukupnya

Jangan makan berlebihan di siang hari karena mengolah makanan dengan porsi besar membuat tubuh terasa lebih lelah dan akhirnya menimbulkan efek mengantuk.

4. Melakukan gerakan ringan

Gerakan ringan seperti loncat-loncat, peregangan, latihan pernapasan atau push-up membuat anda tidak mudah mengantuk. Kerjakan latihan mudah ini di kantor/tempat kerja untuk menambah kandungan oksigen dalam darah untuk menambah daya.

5. Banyak minum air putih sesudah makan siang

Seluruhnya organ dalam tubuh membutuhkan air agar dapat berfungsi dengan baik. Minum air putih sesudah makan siang akan melindungi badan dari dehidrasi. Bisa jadi mengantuk adalah salah satu tanda tubuh sedang mengalami dehidrasi.

6. Tidur yang cukup

Tidur delapan jam setiap malam memberikan tubuh jumlah yang ideal untuk istirahat. Kurang tidur bisa menyebabkan rusaknya jadwal jam biologis badan sehingga membuat Anda merasa lebih capek dan mengantuk di siang hari.
Axact

ARTIKEL KESEHATAN

Bismillah...Blog ini merangkum beberapa artikel kesehatan yang ada di dunia maya sehingga menjadi sebuah blog kesehatan terpercaya. Kami mengucapkan terima kasih kepada narasumber artikel kesehatan, semoga artikel yang telah di baca banyak orang membawa manfaat dan penulis artikel pertama mendapatkan pahala dari Alloh.

Post A Comment:

0 comments: