Sahabat, tips kesehatan. Saatttnya.....makannnnn......!!!!. Makan merupakan kebutuhan atau aktivitas wajib yang rutin dilakukan oleh semua orang. Sarapan, makan siang maupun makan malam mungkin menjadi salah satu momen yang menyenangkan dan tidak akan terlewatkan setiap hari. Energi yang dibutuhkan untuk melakukan berbagai aktivitas dan pekerjaan didapatkan dari makanan yang kita konsumsi setiap hari. Mengunyah makanan dengan pelan-pelan merupakan aturan wajib yang harus dilakukan. Lalu, adakah bahaya nyata saat makan terlalu cepat atau tergesa-gesa tersebut....???


    Mengkonsumsi makanan apapun sebaiknya dikunyah dengan pelan-pelan untuk kesopanan serta sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh itu sendiri. Mengunyah makanan didalam mulut merupakan proses penghancuran atau pelembutan pertama sebelum makanan masuk ke organ pencernaan diperut anda. Jadi sangat dianjurkan untuk mengunyah makanan lebih lama untuk meringankan organ pencernaan anda. Tentu akan ada akibatnya jika mengunyah makanan terlalu cepat didalam mulut. Tips ksehatan, berikut ini 5 bahaya nyata saat makan terlalu cepat atau tergesa-gesa :
  1. Beresiko Menaikkan Berat Badan Berlebih. Tahukah anda, dibutuhkan waktu sekitar 20 menit untuk mengirimkan sinyal kenyang ke otak anda. Jadi, jika anda makan dengan cepat, maka secara otomatis sinyal kenyang belum diterima organ otak. Tapi dilain sisi, perut anda sudah terisi penuh makanan.
  2. Tidak Akan Pernah Menikmati Makanan Yang Di Makan. Rutinitas makan merupakan salah satu hal yang menyenangkan dan menyehatkan. Saat mengkonsumsi makanan dengan pelan tentu nikmat  makanan akan terasa dan kandungan nutrisinya akan mudah terserap dan dialirkan keseluruh tubuh anda.
  3. Berpotensi Memperberat Kerja Organ Pencernaan. Organ pencernaan di perut merupakan pos kedua yang mengolah berbagai makanan dikonsumsi sebelum didistribusikan ke seluruh tubuh. Jika proses penghancuran  makanan di mulut tidak maksimal, maka secara otomatis organ pencernaan akan bekerja lebih keras dua kali dari yang seharusnya. 
  4. Beresiko Memperburuk Kesehatan Tubuh Anda. Kalau dicermati secara benar, ada berbagai makanan sehat dan tidak menyehatkan yang kita konsumsi setiap hari. Jika terbiasa dengan makan terlalu cepat, tentu berbagai makanan yang tidak menyehatkan akan banyak masuk ke perut atau tubuh anda. Sehingga akan meracuni tubuh anda secara terus menerus.
  5. Meningkatkan Stres Tanpa Disadari. Saat mengkonsumsi makanan terlau cepat, maka mungkin saja pikiran di otak pun akan tetap di penuhi tentang berbagai masalah yang sedang dihadapi serta kita juga tidak dapat menemukan ide baru untuk memecahkan berbagai masalah hidup yang sedang dihadapi. 

    Artikel Kesehatan Lainnya...
         Demikianlah tips kesehatan yang mengulas 5 bahaya nyata saat makan terlalu cepat. Semoga bermanaat dan berguna bagi pembaca semua.
    Sumber : zenhabits. Image courtesy of Vichaya Kiatying-Angsulee / FreeDigitalPhotos.net
    Axact

    ARTIKEL KESEHATAN

    Bismillah...Blog ini merangkum beberapa artikel kesehatan yang ada di dunia maya sehingga menjadi sebuah blog kesehatan terpercaya. Kami mengucapkan terima kasih kepada narasumber artikel kesehatan, semoga artikel yang telah di baca banyak orang membawa manfaat dan penulis artikel pertama mendapatkan pahala dari Alloh.

    Post A Comment:

    0 comments: