Apa Manfaat Seledri?

ARTIKEL KESEHATAN : Menurut mitos seledri mampu mebantu mengontrol tekanan darah. benarkah? berdasarkan penelitian seledri dapat berfungsi sebagai relaksan otot polos sehingga mampu membantu mengontrol tekanan darah.

Seledri merupakan sayuran yang sering kita jumpai. Biasa seledri digunakan pada soup ayam. Seledri ternyata memiliki banyak sekali manfaat. Seledri atau dalam nama ilmiah disebut Apium graveolens merupakan sumber antioksidan, vitamin K, folat, vitamin A, kalium, vitamin C, kalsium, dan vitamin B6.
Berikut beberapa manfaat seledri bagi kesehatan :
  • Membantu menurunkan kadar kolesterol
    Seledri dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan menjaga kesehatan jantung. 
     
  • Meredakan radang
    Seledri mengandung antioksidan dan polisakarida yang dapat digunakan sebagai anti-inflamasi. 
     
  • Membantu mencegah peningkatan tekanan darah atau dapat mengontrol tekanan darah.
    Seledri berperan dengan membantu menurunkan tekanan darah tinggi dengan bertindak sebagai relaksan otot polos dan mempermudah aliran kalsium dan kalium kedalam dan keluar sel.
     
  • Mencegah terjadinya gangguan sistem pencernaan.
    Berdasarkan penelitian seledri memiliki kandungan seperti flavonoid, tanin, minyak atsiri dna alkaloid yang dapat membantu mengontrol kadar asam lambung dan meningkatkan perlindungan mucus lambung.
     
  • Menjaga kesehatan liver.
     
  • Membantu menurunkan berat badan.
    Seledri memiliki kandungan rendah kalori, namun memiliki kandungan nutrisi yang lengkap sehingga dapat membantu menurunkan berat badan. Seledri juga memiliki fungsi dapat membantu mengatur metabolisme lemak didalam tubuh.
     
  • Meningkatkan sistem pencernaan dan mengurangi kembung.
    Berdasarkan penelitian, seledri memiliki senyawa yang dapat berfungsi sebagai diuretik sehingga dapat membantu proses detoksifikasi tubuh. Seledri juga dapat meningkatkan sirkulasi usus yang juga berguna untuk memperbaiki pencernaan dengan membantu untuk meredakan kembung dan bengkak karena kelebihan cairan.
     
  • Meningkatkan kekebalan tubuh.
    Berdasarkan penelitian seledri dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan melawan infeksi bakteri.
     
  • Membantu mencegah terjadinya infeksi saluran kemih.
    Seledri dapat membantu merangsang produksi urine sehingga dapat bermanfaat untuk mencegah perkembangan bakteri serta gangguan kemih dan ginjal.
     
  • Membantu menjaga tubuh dari kanker. 
Diet bukan hanya cara untuk menurunkan berat badan tapi merupakan perubahan pola makan menjadi lebih sehat. Salah satu caranya adalah dengan memperbanyak konsumsi sayur. Tidak ada diet yang berhasil tanpa pola makan yang sehat. Hentikan diet dan mulai konsumsi makan yang sehat untuk hidup yang lebih sehat.
Axact

ARTIKEL KESEHATAN

Bismillah...Blog ini merangkum beberapa artikel kesehatan yang ada di dunia maya sehingga menjadi sebuah blog kesehatan terpercaya. Kami mengucapkan terima kasih kepada narasumber artikel kesehatan, semoga artikel yang telah di baca banyak orang membawa manfaat dan penulis artikel pertama mendapatkan pahala dari Alloh.

Post A Comment:

0 comments: