Apakah Manfaat Konsumsi Air Putih?

ARTIKEL KESEHATAN : Air merupakan komponen yang mempengaruhi 60% dari berat tubuh. setiap sistem dalam tubuh membutuhkan air agar dapat berjalan sesuai fungsi. air memiliki beberapa fungsi dalam tubuh seperti, mengatur suhu tubuh, menjaga kelembapan pada mulut, mata, dan hidung, menjaga organ tubuh dan jaringan, membantu mencegah terjadinya konstipasi, membantu melarutkan mineral dan nutrisi, menjadi pelumas sendi, mengeluarkan sisa produk metabolisme yang tidak berguna bagi tubuh, dan mendistribusikan nutrisi dan oksigen keda

Berapakah jumlah air putih yang Anda minum hari ini? Merupakan pertanyaan sederhana tetapi susah untuk dijawab. Beberapa penelitian menyatakan bahwa kebutuhan air setiap orang berbeda. Hal ini bergantung pada beberapa faktor seperti kondisi kesehatan, aktifitas yang dilakukan, dam lingkungan tempat tinggal.
Tidak ada cara perhitungan untuk mengetahui jumlah air yang dibutuhkan oleh tubuh. namun hal tersebut dapat diperkirakan berdasarkan jumlah kebutuhan air untuk tubuh.
Apakah manfaat mengkonsumsi air putih?
Air merupakan komponen yang mempengaruhi 60% dari berat tubuh. setiap sistem dalam tubuh membutuhkan air agar dapat berjalan sesuai fungsi. Berikut beberapa fungsi air pada tubuh :
  • Mengatur suhu tubuh
  • Menjaga kelembapan pada mulut, mata, dan hidung
  • Menjaga organ tubuh dan jaringan
  • Membantu mencegah terjadinya konstipasi
  • Membantu melarutkan mineral dan nutri lainnya agar dapat digunakan oleh tubuh
  • Menjadi pelumas sendi
  • Membantu mengurangi beban kerja ginjal dan hati untuk mengeluarkan sisa produk metabolisme yang tidak berguna bagi tubuh
  • Mendistribusikan nutrisi dan oksigen kedalam sel
Kekurangan air dapat menyebabkan dehidrasi yang merupakan suatu kondisi yang terjadi ketika tubuh tidak memiliki cukup air dalam tubuh. Dehidrasi ringan dapat menyebabkan kekurangan energi dan membuat tubuh kelelahan.
Berapa air putih yang dibutuhkan oleh tubuh?
Setiap hari tubuh akan kehilangan cairan melalui nafas, keringat, urin, dan usus. Agar tubuh dapat menjalankan fungsinya dengan baik maka tubuh memerlukan asupan cairan melalui konsumsi minuman dan makanan yang mengandung air. Cairan yang dibutuhkan oleh laki-laki adalah sekitar 3 liter sehari dan cairan yang dibutuhkan oleh wanita adalah 2,2 liter sehari.
Faktor yang dapat mempengaruhi kebutuhan tubuh
Terdapat beberapa faktro yang dapat mempengaruhi kebutuhan cairan pada tubuh. Berikut beberapa faktor tersebut :


  • Olahraga
    Seseorang perlu menambahkan asupan cairan setelah berolahraga karena banyak cairan yang dikeluarkan melalui keringat. Jumlah cairan yang dibutuhkan perlu disesuaikan dengan durasi dan jenis olahraga yang dilakukan.
  • Lingkungan
    Cuaca panas atau lembab dapat membuat seseorang berkeringat sehingga membutuhkan asupan cairan tambahan.
  • Kondisi kesehatan
    Kondisi kesehatan yang kurang baik seperti mengalami demam, muntah, atau diare menyebabkan tubuh kehilangan cairan. Sehingga jika sedang berada dalam kondisi ini makan dibutuhkan asupan lebih banyak cairan. Namun pada beberapa kondisi seperti gagal jantung, penyakit ginjal, dan hati dapat menganggu ekskresi air dan mengahruskan seseornag membatasi asupan cairan yang dikonsumsi.
  • Kehamilan dan menyusui
    Wanita yang sedang hamil dan menyusui membutuhkan cairan lebih dari kondisi normal. Sejumlah cairan dikeluarkan melalui ASI. Wanita yang sedang hamil membutuhkan sekitar 2,3 liter setiap hari dan wanita yang menyusui membutuhkan 3,1 liter setiap hari.
Salah satu cara hidup sehat yang paling murah adalah mengkonsumsi air putih. Perbanyaklah minum air putih dan tubuh Anda akan berterima kasih untuk itu.
Axact

ARTIKEL KESEHATAN

Bismillah...Blog ini merangkum beberapa artikel kesehatan yang ada di dunia maya sehingga menjadi sebuah blog kesehatan terpercaya. Kami mengucapkan terima kasih kepada narasumber artikel kesehatan, semoga artikel yang telah di baca banyak orang membawa manfaat dan penulis artikel pertama mendapatkan pahala dari Alloh.

Post A Comment:

0 comments: