Makanan Sehat Bagi Ibu Hamil Dan Menyusui

ARTIKEL KESEHATAN : Ibu hamil dan menyusui membutuhkan asupan gizi yang seimbang untuk meningkatkan proses tumbuh kembang bayi. meningkatkan porsi makan tanpa melihat kandungan gizi pada makanan dapat meningkatkan resiko terjadinya penyakit seperti diabetes, tekanan darah tinggi, dan obesitas.

Selama hamil/menyusui makan yang banyak ya kan buat dua orang itu makanannya
Sering kali kita mendengar pernyataan atau nasihat seperti itu dari orang tua atau keluarga. Peningkatan berat badan terlalu tinggi dapat menyebabkan masalah selama kehamilan atau setelah kehamilan. Kelebihan berat badan yang terlalu tinggi akan sulit kembali menjadi normal setelah melahirkan. Kenaikan berat badan normal pada Ibu hamil adalah 11-16kg.
Wanita hamil hanya memerlukan tambahan 200 kalori per hari dalam tiga bulan terakhir masa kehamilan. Mengkonsumsi makanan sehat selama kehamilan dan menyusui merupakan satu hal terbaik yang dapat dilakukan oleh seorang Ibu. Makanan yang dikonsumsi oleh seorang ibu adalah sumber utama nutrisi bagi bayi. Memperhatikan gizi pada makanan yang dikonsumsi selama masa kehamilan dan menyusui bertujuan untuk meningkatkan tumbuh kembang bayi.
  1. Karbohidrat
    Karbohidrat menjadi sumber utama tubuh untuk menghasilkan energi. Karbohidrat dapat ditemukan dalam biji-bijian seperti gandum dan padi. Biji-bijian juga mengandung serat, zat besi, vitamin B dan berbagai mineral. Roti dan sereal mengandung asam folat yang cukup bagi Ibu hamil dan menyusui. Untuk mengoptimalkan gizi kehamilan karbohidrat bisa dikonsumsi melalui sereal, nasi merah, roti gandum, atau roti putih.
  2. Vitamin dan mineral
    Buah dan sayuran merupakan nutrisi penting untuk kehamilan dan menyusui karena mengandung berbagai vitamin, mineral, dan serat untuk membantu proses pencernaan. Vitamin C dapat ditemukan dalam banyak buah-buahan dan sayuran. Sayuran hijau yang berwarna gelap mengandung vitamin A. Buah dan sayuran juga mengandung zat besi dan asam folat yang merupakan nutrisi penting selama kehamilan dan menyusui. Sebaiknya mengkonsumsi buah dan sayuran tanpa diolah karena mengkonsumsi dalam bentuk jus yang berlebihan dapat menyebabkan kenaikkan berat badan.
  3. Protein
    Makanan yang merupakan sumber protein dapat ditemukan dalam daging sapi, ikan, telur, daging unggas, dan kacang-kacangan. Ikan merupakan sumber protein dan omega-3 yang dapat meningkatkan perkembangan otak bayi.
  4. Kalsium
    Kalsium dapat dijumpai pada makanan yang terbuat dari susu. Kalsium berfungsu untuk membantu perkembangan tulang dan gigi bayi. Makanan yang terbuat dari susu juga mengandung vitamin D dan protein. Mengkonsumsi yogurt untuk camilan di sore hari atau minum susu di pagi hari dapat membantu memenuhi kebutuhan kalsium pada ibu hamil dan menyusui.
  5. Air
    Air berperan untuk membawa nutrisi makanan kepada bayi. Air juga dapat membantu mencegah sembelit, wasir, pembengkakan, infeksi saluran atau kandung kemih. The Institute of Medicine merekomendasikan sekitar 2,4 L air yang harus dikonsumsi sehari selama kehamilan. Air, jus, kopi,teh, dan minuman ringan dapat dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Namun perlu diingat bahwa sering mengkonsumsi minuman yang mengandung tinggi gula dapat menyebabkan kenaikan berat badan.
  6. Lemak
    Makanan yang mengandung lemak sehat adalah seperti kacang-kacangan, biji-bijian, atau alpukat.
  7. Asam Folat
    Asam folat adalah vitamin alami yang dapat ditemukan dalam bayam, kubis, brokoli, kacang hijau, dan kentang. Selain vitamin alami selama masa kehamilan diperlukan untuk mengkonsumsi suplemen yang mengandung asam folat untuk membantu mengurangi resiko bayi lahir dengan masalah tulang belakang. Pada umumnya wanita hamil membutuhkan 0,4mg asam folat setiap hari.
  8. Yodium
    Wanita yang sedang dalam kondisi hamil butuh mengkonsumsi yodium lebih banyak karena yodium dapat membantu perkembangan otak dari janin. Kurang mengkonsumsi yodium selama masa kehamilan dapat menyebabkan resiko bayi kurang cerdas dari pada yang seharusnya. Yodium dapat ditemukan dalam susu, yogurt, telur dan ikan.

Apakah makanan atau minuman yang perlu dihindari selama menyusui?
  • Alkohol
  • Kafein
    Membatasi konsumsi minuman yang mengandung kafein yaitu minimal 2 cangkir dalam satu hari. Kafien yang masuk ke dalam ASI dapat menyebabkan bayi mengalami gangguan tidur.
  • Ikan laut
Ikan laut memiliki kandungan protein dan omega 3 yang tinggi dan berguna bagi tumbuh kembang bayi. Namun pada umumnya ikan laut terkontaminasi oleh merkuri atau senyawa lain. Bayi yang terlalu banyak terkena merkuri dapat mengalami masalah pada sistem sarafnya.
Masa kehamilan dan menyusui merupakan momen penting yang mempengaruhi tumbuh kembang bayi. Makanan yang dikonsumsi oleh Ibu mempengaruhi kondisi bayi, sehingga seorang Ibu tidak perlu memiliki porsi besar dalam makan. Hal terpenting adalah mengkonsumsi makanan dengan kandungan gizi yang seimbang sehingga nutrisi yang dibutuhkan oleh bayi dapat tercukupi.
Axact

ARTIKEL KESEHATAN

Bismillah...Blog ini merangkum beberapa artikel kesehatan yang ada di dunia maya sehingga menjadi sebuah blog kesehatan terpercaya. Kami mengucapkan terima kasih kepada narasumber artikel kesehatan, semoga artikel yang telah di baca banyak orang membawa manfaat dan penulis artikel pertama mendapatkan pahala dari Alloh.

Post A Comment:

0 comments: