Cara Mencegah Demam Berdarah - Hingga sampai saat ini belum diketahui ada vaksinasi maupun obat khusus yang dapat diberikan untuk mengobati demam berdarah atau DBD. Pengobatan penyakit demam berdarah ini hanya berkisar pada cara-cara untuk dapat meringankan gejalanya saja serta menjadikan penderita tidak begitu merasakannya.


Apabila saat ini Anda sedang mengalami gejala penyakit demam berdarah ini maka disarankan untuk memperbanyak istirahat, banyak mengonsumsi cairan supaya tidak mengalami dehidrasi seperti halnya jus buah dan air putih, mengonsumsi parasetamol guna meringankan nyeri. Setelah itu, Anda pun sebaiknya memeriksakan diri segera ke dokter apabila dalam waktu tiga hingga lima hari tak ada tanda pemulihan

Lain halnya jika saat ini Anda sedang menderita demam berdarah yang berat, mungkin Anda akan membutuh beberapa hal seperti perawatan di rumah sakit secara intensif, cairan infus juga diperlukan guna menghindari dehidrasi tubuh, diperlukan pemantauan tekanan darah secara berkala, dan juga mungkin diperlukan transfusi guna menggantikan darah yang hilang.

Sebenarnya ada banyak cara mencegah demam berdarah yang bisa Anda lakukan supaya penyakit ini tidak menimpa Anda. Akan tetapi, jika sudah terlanjur terserang demam berdarah maka nantinya setelah baru pulih dari DBD maka biasanya tubuh akan merasa lelah dan juga tidak fit.

Namun, hal ini memang wajar terjadi dan baru akan benar-benar pulih dalam jangka waktu 2 minggu meskipun terkadang butuh waktu yang agak lama lagi untuk benar-benar sehat seperti sedia kala.

Untuk mengendalikannya, berikut ini ada cara mencegahdemam berdarah secara efektif. Sayangnya saat ini belum ada pengobatan yang spesifik untuk demam berdarah ini. Cara terbaik untuk menghindarinya adalah dengan mencegah penyakit itu sendiri dengan cara:

·         Melakukan program 3M (menguras, menutup, dan mengubur) tempat penampungan air hujan dan sebagainya.

-  Hindari menumpuk baju kotor atau menggantungnya.
- Tutup lubang ventilasi dengan kawat kasa halus. 
-    Menyemprot rumah dengan cairan anti nyamuk secara rutin. 
- Menghindari ruangan menjadi lembab dengan memperbaiki sirkulasi udara. 
-    Menggunakan hand bodi anti nyamuk.
Axact

ARTIKEL KESEHATAN

Bismillah...Blog ini merangkum beberapa artikel kesehatan yang ada di dunia maya sehingga menjadi sebuah blog kesehatan terpercaya. Kami mengucapkan terima kasih kepada narasumber artikel kesehatan, semoga artikel yang telah di baca banyak orang membawa manfaat dan penulis artikel pertama mendapatkan pahala dari Alloh.

Post A Comment:

0 comments: