Di era dunia digital sekarang ini banyak sekali sosial media yang terus bermunculan, sosial media ini tentu punya peran positif bagi masing-masing kita. Salah satu contoh dampak positif dari penggunaan sosial media adalah untuk membangun sebuah personal branding. Tentu kita sudah tidak asing dengan istilah ini, menurut Wikiepedia Personal Branding adalah proses dimana orang-orang dan karir mereka berlaku layaknya sebuah produk. Personal branding seringkali dikaitkan dengan suksesnya karir seseorang.

"Personal Branding adalah cara dan proses kita memasarkan diri kepada orang lain atau komunitas yang menjadi target kita."

Gelombang media sosial melanda kehidupan kita yang pada akhirnya menuntut setiap orang meningkatkan cara-cara dan pendekatan guna membangun personal branding. Kini penilaian orang lain terhadap pribadi sesorang juga didasarkan pada perilaku mereka di media sosial. Tidak peduli apa jenis bidang karir yang ditekuni atau sedang dirintis, kehadiranmu diberbagai platform media sosial amatlah penting untuk menyebarkan pesan pada orang lain tentang siapa dirimu. Kalau kamu merasa aktivitas berbagi, menyukai atau mengikuti sesuatu di media sosial tidak terlalu penting maka siap-siap saja untuk duduk dan menikmati ribuan bahkan orang di luar sana yang berhasil mendapatkan perhatian dari orang lain di sekitarnya.

Dibawah ini tim cermati sudah menyiapakan 5 tips tentang bagaimana cara membangun personal branding kamu di sosial media.
1. Gunakan Nama yang Sama Untuk Semua Sosial Media
 Nama Harus Sama

Nama Harus Sama via thenextweb.com
Sosial media kamu mendeskripsikan siapa diri kamu yang sebenarnya, gunakan informasi dan foto asli kamu disana. Jangan menggunakan nama-nama yang bukan merupakan informasi diri kamu seperti menggunakan nama dan foto artis. Penggunaan nama yang sama ini berlaku untuk semua sosial media yang kamu punya agar setiap orang yang ingin mencari informasi tentang kamu diberbagai sosial media lebih mudah menemukanmu. Dengan melakukan langkah ini saja kamu sudah melakukan personal branding untuk namamu sendiri.



Baca Juga: 7 Tips Kaya Dari Warren Buffet
2. Memperbaharui Profil Sosial Media Secara Berkala
 Perbarui Profil Sosial Media

Perbarui Profil Sosial Media via forbes.com



Pastikan kamu meng-update profile sosial mediamu secara berkala baik itu deskripsi, biografi, maupun foto profil.  Profil yang up to date memiliki kemungkinan yang lebih besar akan dilihat orang lain. Dengan melakukan update profil sosial media secara berkala kamu juga membuat yakin orang lain bahwa akun yang kamu kelola adalah benar-benar brand kamu sendiri dan bukan dikelola oleh pihak lain.

3. Temukan dan posting sesuai passion kamu
 Temukan Sesuai Passion

Temukan Sesuai Passion via eternalleadership.com



Semakin banyak kamu posting di sosial media, semakin banyak banyak pula orang yang akan mengenali dirimu. Tetapi ada beberapa hal yang perlu kamu ingat, tidak semua sosial media mengijinkan penggunannya untuk posting dalam jumlah banyak dalam waktu berdekatan. Sebut saja facebook, kamu tidak dapat posting status dalam waktu yang berdekatan layaknya twitter, pastikan kamu posting di media dan waktu yang tepat. Temukan terlebih dahulu passion kamu apa, kamu ingin dikenal sebagai apa? traveller, grafik designer, reviewer? postinglah sesuatu yang berhubungan dengan minat dan bakat kamu.

Baca Juga: Manfaat LinkedIn Bagi Karir Kamu
4. Bergabung dalam grup dan komunitas
 Bergabung Dengan Komunitas

Bergabung Dengan Komunitas via poweredbycoaching.com



Komunitas adalah salah satu tempat menimba dan membagikan ilmu yang sudah kamu miliki. Bergabung dengan komunitas dan grup yang punya visi yang sama dengan kamu tentu akan menambah wawasan. Pastikan kamu sering mengajukan peertanyaan dalam grup tersebut agar orang-orang mengetahui bakat apa yang kamu miliki. Lakukan interaksi sebanyak mungkin dengan orang-orang yang punya visi dan misi yang sama dengan kamu. Cobalah sesekali untuk sekadar "say hi" kepada orang-orang, terutama yang kamu anggap sebagai role model di media sosial. Besar kemungkinan mereka akan melihat profil kamu dan merekomendasikan diri kamu kepada orang lain.

5. Pilih media yang tepat
 Pilih Media yang Tepat

Pilih Media yang Tepat via wordpress.com



Jika kamu sudah tau passion-mu apa, sekarang saatnya memilih media yang cocok untuk mendongkrang personal branding kamu. Sebagai contoh kamu seorang photographer, maka media yang cocok untuk kamu adalah instagram dan tumbler. Beberapa media lain seperti twitter, blog dan Google+ juga berguna untuk melakukan promosi dan hasil-hasil foto yang telah di unggah ke instagram. Pastikan kamu menggunakan setiap sosial media sesuai dengan porsinya masing masing.
Axact

ARTIKEL KESEHATAN

Bismillah...Blog ini merangkum beberapa artikel kesehatan yang ada di dunia maya sehingga menjadi sebuah blog kesehatan terpercaya. Kami mengucapkan terima kasih kepada narasumber artikel kesehatan, semoga artikel yang telah di baca banyak orang membawa manfaat dan penulis artikel pertama mendapatkan pahala dari Alloh.

Post A Comment:

0 comments: