Era teknologi internet tak bisa lagi dipisahkan dari rutinitas sehari-hari masyarakat saat ini. Layanan tersebut memudahkan orang untuk mengakses informasi apapun, begitu praktis dan cepat. Internet membawa dampak positif dalam kehidupan seseorang.

Seiring perkembangan internet, berbagai sosial media atau sosmed lahir. Jejaring sosial ini hadir memenuhi kebutuhan masyarakat untuk saling berinteraksi di dunia maya. Kamu bisa bercakap-cakap atau chatting dengan orang nun jauh di negara lain hanya lewat aplikasi sosmed.
Dengan sosmed, kamu juga dapat menemukan teman lama, memiliki teman baru, bergabung di sebuah komunitas baru, upload foto dan video, berbagi cerita, sampai jualan. Tapi jangan kebanyakan nyinyir ya. Sosmed akan memberikan kamu pengalaman seru. Semua ini jelas menyenangkan, terutama bagi kamu yang senang berinteraksi dengan banyak orang.
Sesuatu yang berlebihan pasti tidak baik, begitupun dengan sosmed. Saking asyiknya, bermain sosmed bisa menimbulkan kecanduan. Kalau sudah nyandu, banyak menimbulkan hal-hal negatif, seperti jadi malas belajar, ogah makan, bekerja jadi tidak konsen, dan sebagainya.

Efek Buruk Kecanduan Sosial Media


Keranjingan sosmed pada tahap awal, dampaknya belum akan terasa signifikan. Tapi coba kalau sudah akut dalam jangka panjang, kecanduan ini akan membawa banyak masalah dalam kehidupan kamu, bahkan termasuk urusan pekerjaan dan lainnya. Hal ini patut disayangkan, mengingat sosmed awalnya bisa menjadi wadah interaksi yang positif, justru membuat masalah serius bagi penggunanya.
Beberapa efek negatif yang bisa terjadi akibat kecanduan sosmed, yakni:

Kecanduan Sosial Media –Gangguan Tidur Akut


Mengakses sosmed saat sedang santai merupakan hal lazim. Tapi buat orang yang sudah kecanduan, setiap waktu tak pernah luput dari gadget untuk melihat akun-akun sosmednya. Mungkin 24 jam waktunya habis untuk main sosmed, dan akhirnya mengganggu jam tidur.
Kebiasaan tersebut pastinya akan berdampak buruk bagi kesehatan karena sudah mengalami gangguan tidur akut. Kalau sudah begini, bisa kurang tidur, dan imbasnya berpengaruh ke pelajaran, pekerjaan, dan lainnya

Kecanduan Sosial Media – Rasa Lelah Berlebihan dan Sulit Konsentrasi


Kurangnya jam tidur atau bahkan tidur yang tidak berkualitas jelas-jelas bisa mengganggu kesehatan. Efek lainnya, tingkat konsentrasi jadi rendah dan menimbulkan rasa lelah yang berlebihan, tubuh tidak fit, dan kerap mengantuk saat menjalani rutinitas harian

Kecanduan Sosial Media – Tingkat Stres Lebih Tinggi dan Emosi Tidak Stabil


Saat seseorang kurang tidur dan jam tidur jadi tidak teratur, maka orang tersebut bisa saja dengan mudah mengalami stres. Berpengaruh ke aktivitas? Tentu saja iya. Produktivitas jadi terganggu, padahal ada tanggung jawab pekerjaan atau hal lain yang harus diselesaikan.
Kondisi ini bisa saja diperparah oleh tekanan kerja yang cukup tinggi, bahkan masalah pribadi lainnya yang cukup berat. Akhirnya menimbulkan tingkat emosi yang tidak stabil dan cenderung berubah-ubah.

Kecanduan Sosial Media – Gangguan Mata

Gangguan Mata

Terlalu lama dan sering mengakses sosmed bisa memberikan efek buruk pada indera penglihatan atau mata. Main sosmed di gadget sambil tiduran contohnya, maka akan membuat mata cepat lelah, dan timbul penyakit yang bisa merusak mata

Kecanduan Sosial Media – jadi Cuek Terhadap Lingkungan dan Orang Sekitar


Seperti ungkapan “sosmed menjauhkan yang dekat,” memang demikian kebenarannya. Kadang kita melihat, satu keluarga sedang makan di meja makan saja, anak malah sibuk main sosmed, ibu dan bapak juga sama. Akhirnya tidak saling bercengkrama, karena semua sibuk dengan ponsel dan sosmednya.
Kecanduan sosmed dapat memperburuk sikap seseorang pada lingkungan sekitarnya, bahkan pada orang-orang terdekat, seperti keluarga dan teman-teman. Seolah-olah dunia milik seorang diri, sehingga orang yang sudah nyandu sosmed sikapnya cenderung cuek dengan sekitar.

Kecanduan Sosial Media – Depresi dan Cemas yang Berlebihan


Lewat sosmed, seseorang akan menunjukkan sisi kehidupan mereka. Sedang sedih, senang, atau sedang melakukan apa saat itu, semua diumbar. Ekspresi seperti ini bisa menjadi hal positif dan negatif yang berubah menjadi tekanan. Berbagai kondisi yang dilihat dan ditemukan di sosmed bisa saja menimbulkan depresi, cemas, gelisah, terutama bagi orang yang sudah kecanduan.

Solusi Tepat Mengatasi Kecanduan Sosial Media

Solusi Tepat Mengatasi Kecanduan Sosial Media

Kecanduan sosmed harus diatasi dengan cepat dan tepat demi menghindari berbagai masalah atau dampak kecanduan yang lebih akut dan serius. Jika tidak bisa berubah drastis, seperti berhenti total, kamu bisa melakukannya dengan bertahap. Tenang, detox sosmed mudah kok seperti di bawah ini:

Punya Tekad Kuat untuk Berubah

Punya Tekad Kuat untuk Berubah

Langkah pertama adalah memahami dengan baik masalah kecanduan yang sedang dialami. Hal ini penting untuk mengetahui secara tepat berbagai dampak buruk yang telah dialami akibat kecanduan sosmed ini.
Setelah itu, harus punya tekad kuat untuk berubah dan memperbaiki diri, termasuk tujuan yang jelas dalam proses perubahan ini. Ini akan menjadi modal utama dalam mengatasi gangguan kecanduan sosmed, sehingga proses tersebut menjadi lebih mudah dan tetap terarah.

Batasi Waktu Online


Mulailah dengan langkah yang paling simpel, seperti membatasi waktu untuk online di sosmed. Jika selama ini 24 jam sehari akses sosmed, maka mulai sekarang buka sosmed saat waktu senggang setelah pulang kantor saja. Kamu juga bisa menyibukkan diri dengan melakukan berbagai rutinitas harian, sehingga tangan ‘tidak gatal’ lagi untuk online terus.

Lakukan Hobi yang Seru


Sosmed terkadang membuat seseorang lupa diri, bahkan melupakan hobi sendiri. Cobalah untuk lebih aktif untuk menekuni hobi yang selama ini sudah ditinggalkan, sehingga keinginan untuk selalu akses sosmed ini bisa ditekan.
Luangkan waktu untuk melakukan aktivitas lain yang lebih bermanfaat dan belum sempat direalisasikan, misalnya mengunjungi teman lama atau kerabat, mendaki gunung, membuat kue kesukaan keluarga, dan lainnya.

Luangkan Waktu dengan Orang Terdekat


Jika selama ini sudah ‘tenggelam’ terlalu dalam di sosmed dan mengabaikan keluarga, cobalah kini berubah. Luangkan waktu lebih banyak dengan keluarga, saudara, atau dengan sahabat-sahabat terkasih pergi ke bioskop, makan di luar, dan lainnya. Hal ini akan terasa menyenangkan dan mengalihkan perhatian dari sosmed secara perlahan.

Gunakan Sosmed dengan Bijak


Pilihlah sumber berita atau informasi lain yang lebih tepat dan akurat selain sosmed, sehingga tidak membuang terlalu banyak waktu untuk mengakses berbagai hal di sosmed. Dengan cara ini berarti kamu sudah menggunakan sosmed dengan bijak. Jika telah memiliki kontrol yang baik ketika bersosmed, maka kecanduan tersebut tentu sudah hilang, bukan?

Berubah Secara Perlahan dan Dengan Cara yang Tepat

Berubah Secara Perlahan dan Dengan Cara yang Tepat

Menghilangkan sebuah kecanduan tentu bukan hal mudah, termasuk kecanduan sosmed sekalipun. Agar proses perubahan ini tidak terasa berat dan sulit diterapkan, lakukan perubahan secara perlahan dengan memilih cara-cara yang tepat. Hal ini akan membawa banyak perubahan yang lebih positif, hingga akhirnya bisa memiliki kontrol diri yang baik untuk membatasi akses sosmed itu sendiri.
Axact

ARTIKEL KESEHATAN

Bismillah...Blog ini merangkum beberapa artikel kesehatan yang ada di dunia maya sehingga menjadi sebuah blog kesehatan terpercaya. Kami mengucapkan terima kasih kepada narasumber artikel kesehatan, semoga artikel yang telah di baca banyak orang membawa manfaat dan penulis artikel pertama mendapatkan pahala dari Alloh.

Post A Comment:

0 comments: