Bisnis online menjadi salah satu bisnis yang cukup menjanjikan belakangan ini, sebab peluang di dalam bisnis ini terbilang sangat tinggi. Jumlah pengguna internet di Indonesia yang cukup besar dan bertambah setiap harinya, menjadi salah satu alasan mengapa bisnis online hingga saat ini masih memiliki peluang pasar yang cukup bagus. Hal ini juga didukung dengan kemudahan akses internet dan juga tingginya jumlah pengguna sosial media di Indonesia.

Bagi Anda yang membidik peluang di bisnis ini, maka tidak ada salahnya Anda memulainya dengan menggunakan fasilitas sosial media yang terbilang cukup banyak digunakan oleh masyarakat luas. Sebagaimana Anda ketahui, Indonesia menjadi salah satu negara dengan jumlah pengguna terbesar di dunia, sehingga peluang sukses Anda akan semakin tinggi dengan angka tersebut.

Berbagai produk bisa dipasarkan melalui jaringan sosial media, bahkan beragam produk UKM yang belakangan ini terbilang cukup mengalami kemajuan dan juga perkembangan. Dengan menggunakan strategi pemasaran yang tepat, maka Anda tidak akan kesulitan dalam menjalankan bisnis tersebut, bahkan meski Anda masih seorang pemula di bidang ini.

Lakukan Persiapan yang Matang


Hal petama yang harus Anda lakukan tentu saja membuat sebuah perencanaan yang matang, hal ini akan menjadi sebuah awal yang paling penting di dalam bisnis UKM yang Anda jalankan. Jangan membuat sejumlah rencana yang muluk-muluk dan mustahil untuk dijalankan, sebab besar kemungkinan Anda justru akan kesulitan dan bahkan gagal di dalam bisnis tersebut.

Persiapan ini akan melibatkan beberapa poin penting di dalam bisnis yang akan Anda jalankan, antara lain:

Persiapan dan Pemilihan Produk


Produk yang akan Anda jual tentu akan sangat berpengaruh pada sukses atau tidaknya Anda dalam menjalankan bisnis tersebut. Melakukan produksi sendiri atau bahkan hanya sekedar menjadi seorang reseller, Anda tetap harus memiliki keyakinan yang kuat pada produk yang akan Anda pasarkan tersebut. Pastikan produk benar-benar memiliki kualitas yang baik dan mampu bersaing dengan sejumlah produk sejenis lainnya di pasaran, sehingga bisnis Anda bisa berjalan dengan baik dan lancar.

Sistem Pemasaran yang Baik


Anda juga wajib untuk memiliki sebuah sistem pemasaran yang baik terhadap produk tersebut, sehingga bisnis Anda bisa berkembang dan menunjukkan adanya progres yang positif ke depannya. Jangan menerapkan sejumlah sistem yang menyulitkan dan membutuhkan sejumlah waktu yang lama untuk menjalankannya, sebab hal ini akan berpeluang untuk membuat Anda kehilangan pelanggan.

Standar Pelayanan dan Kebijakan Lainnya


Saat akan menjalankan sebuah bisnis apapun juga, maka Anda wajib memiliki standar pelayanan terhadap para pelanggan. Hal ini akan menjadi sebuah nilai jual tersendiri, sebab pelanggan akan senang dan menjadi loyal ketika mereka menemukan produk yang mereka cari dan mendapatkan pelayanan yang baik di sebuah toko yang mereka kunjungi. Terapkan juga sejumlah kebijakan di dalam toko Anda, sehingga berbagai kendala dan juga masalah yang mungkin muncul nantinya, dapat teratasi dengan baik dan benar.

Pilih Media yang Tepat


Setelah persiapan di atas, maka sudah waktunya Anda menemukan dan memilih sebuah media yang tepat untuk menjalankan bisnis tersebut. Hal ini juga tentu harus dibarengi dengan sejumlah strategi dalam menjalankannya, sehingga bisnis tersebut bisa berjalan dengan lancar dan sesuai dengan harapan. Terapkan strategi pemasaran yang tepat pada 3 sosial media seperti di bawah ini:

Facebook


Anda tentu paham betul bahwa pengguna sosial media yang satu ini terbilang sangat tinggi di Indonesia, jumlahnya bahkan mencapai 40 juta orang. Jadi akan sangat tepat jika Anda memilih untuk menjalankan bisnis Anda dengan menggunakan media ini, sebab peluang untuk meraih kesuksesan selalu terbuka dengan sangat lebar, terutama jika Anda memiliki kemampuan dalam mengelolanya dengan baik. Simak beberapa strategi pemasaran yang bisa Anda lakukan di Facebook untuk mendatangkan angka penjualan yang maksimal:

Buat Fan Page

Fitur yang satu ini secara khusus memang diciptakan untuk menjadi sebuah sarana promosi bisnis. Ini menjadi salah satu langkah penting yang harus Anda lakukan, termasuk dengan “mendandani” dan melangkapi halaman fan page dengan menarik dan juga lengkap, sehingga orang akan lebih mudah tertarik pada produk yang Anda jual di sana.

Share

Share halaman fan page Anda melalui akun pribadi Anda, sehingga orang lebih mudah mengetahui dan mengunjunginya setelah mereka tertarik dengan berbagai produk yang terpajang di sana. Selanjutnya langkah ini bisa dilakukan dengan cara meng-update secara reguler, di mana semakin rajin Anda melakukan update, maka akan semakin besar kemungkinan halaman tersebut di-share dan di-like oleh orang lain.

Gunakan Facebook Ads

Ini juga bisa Anda gunakan sebagai langkah untuk menambah pengunjung dan juga pelanggan bagi produk yang Anda pasarkan, sehingga penjualan menjadi lebih lancar dan menghasilkan.

Berikan Respon dan Pelayanan yang Terbaik
Jangan sepelekan hal ini, sebab  pengunjung fan page Anda akan lebih nyaman ketika mereka mendapatkan respon yang cepat dan juga positif bagi semua pertanyaan mereka. Berikan pelayanan terbaik bagi para pelanggan, agar mereka selalu loyal dan tetap setia pada produk Anda.

Twitter


Sosial media yang satu ini juga patut untuk Anda jadikan sebagai bahan pertimbangan, mengingat jumlah penggunanya yang terbilang sangat tinggi. Jika dimanfaatkan dengan baik, Twitter juga dapat mendatangkan sejumlah angka penjualan yang besar di dalam bisnis yang Anda jalankan. Simak beberapa strategi yang bisa Anda lakukan berikut ini:

Manfaatkan Search Options

Ini bisa digunakan untuk mempermudah orang dalam menemukan produk yang Anda jual, yakni dengan cara menyisipkan beberapa kata kunci pada postingan yang Anda lakukan. Dengan menerapkan sejumlah kata kunci tersebut, maka Anda akan lebih mudah untuk meraih pengguna lainnya.

Gunakan Search Engine Optimation

Hampir sama dengan cara di atas, opsi ini juga dilakukan dengan menggunakan sejumlah kata kunci di dalam postingan Anda. Pilih beberapa kata kunci yang mudah dan belum banyak digunakan oleh pengguna lainnya, sehingga Google akan lebih mudah untuk memonitor dan melihat postingan serta akun yang Anda miliki tersebut. Hal ini akan mempermudah pengguna lainnya untuk bisa menemukan Anda.

Ubah Topik di dalam Tweet

Ada baiknya Anda selalu mengubah topik setiap kali melakukan tweet, sehingga lalu lintas di Twitter Anda bisa meningkat dengan cepat. Hal ini bisa menambah kunjungan ke akun Anda dan membuat pengguna lainnya lebih tertarik dan mudah Anda jangkau. Semakin banyak pengunjung, tentu akan berbanding lurus dengan kemungkinan semakin lancarnya bisnis yang sedang Anda jalankan tersebut.

Instagram


Meski memiliki sejumlah fitur yang sangat terbatas jika dibandingkan dengan Facebook dan Twitter, namun sosial media yang satu ini tetap layak untuk dijadikan sebagai bahan pertimbangan di dalam bisnis yang Anda jalankan. Lakukan beberapa strategi berikut ini ketika menjalankan bisnis melalui instagram:

Maksimalkan Foto Produk

Sebagaimana Anda ketahui, ini merupakan kelebihan dari instagram, di mana Anda akan sangat mudah untuk berbagi gambar / foto kepada semua orang. Lakukan hal ini dengan maksimal, artinya Anda harus memiliki kemampuan yang baik dalam menyediakan berbagai gambar produk yang akan Anda jual.

Display Produk Secara Teratur

Lakukan penggantian gambar secara teratur, di mana Anda memiliki waktu tetap untuk melakukan hal ini, sehingga orang akan mudah mengetahui dan mengingat jadwal tersebut dan mereka bisa menemukan beragam produk baru yang akan Anda pasarkan.

Gunakan Hashtag

Jangan lupa untuk menggunakan hashtag pada setiap postingan Anda, sehingga lebih mudah ditemukan dan dilihat oleh pengguna lainnya.

Kuasai Sosial Media yang Anda Gunakan dengan Baik

Menjalankan bisnis melalui sosial media tentu bukan sebuah hal baru lagi bagi para pelaku bisnis, barangkali termasuk Anda juga. Jumlah pengguna sosial media yang cukup tinggi, bisa dimanfaatkan untuk menambah angka penjualan di bisnis Anda. Kuasai dengan baik setiap sosial media yang Anda gunakan, sehingga Anda bisa dengan mudah menjalankan bisnis tersebut tanpa sebuah halangan yang berat.
Axact

ARTIKEL KESEHATAN

Bismillah...Blog ini merangkum beberapa artikel kesehatan yang ada di dunia maya sehingga menjadi sebuah blog kesehatan terpercaya. Kami mengucapkan terima kasih kepada narasumber artikel kesehatan, semoga artikel yang telah di baca banyak orang membawa manfaat dan penulis artikel pertama mendapatkan pahala dari Alloh.

Post A Comment:

0 comments: