Di era dunia digital seperti sekarang ini banyak sekali sosial media yang bermunculan. Bagi orang-orang yang memposisikan sosial media sebagai hal yang penting agar melalui media sosial orang-orang banyak bisa mengenali dan dapat mengetahui passion yang dimiliki, hal ini dapat mempermudah Anda untuk berkomunikasi dengan orang-orang yang memiliki kesukaan yang sama dengan Anda.

Salah satu contoh dampak positif dari penggunaan sosial media adalah untuk membangun sebuah personal branding. Personal branding memiliki arti sebuah cara memasarkan diri atau imej kita secara individu. Personal branding seringkali dikaitkan dengan suksesnya karier seseorang. Untuk itu, bagaimana cara membangun personal branding melewati sosial media? Berikut tipsnya:

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!


1. Tuliskan Siapa Diri Anda secara Menarik dan Jelas
  Menulis Biografi Diri di Sosial Media

Jika ingin membangun personal branding di sosial media yang bisa dilakukan pertama kali adalah mengenali diri lebih jauh. Kemudian, deskripsikan diri dengan cara yang menarik di profil Facebook atau di bio Twitter.

Tulislah, personal interest di media sosial yang Anda punya. Hal ini berguna agar orang lain bisa mengetahui apa yang disukai serta minat. Jika memiliki sosial media seperti LinkedIn yang terkesan lebih formal, jangan lupa untuk mencantumkan keahlian dan kemampuan Anda.

2. Gunakan sebagai Media untuk Memperluas Jaringan Anda
  Memperluas Jaringan Sosial

Jika Anda serius ingin mengembangkan karier dengan memanfaatkan media sosial, maka jangan sampai menggunakannya hanya untuk sekedar mengunduh foto selfie. Ketika terjun media sosial tentu akan bersosialisasi dengan teman atau orang yang sudah dikenal bahkan juga akan kenal dengan mereka yang sama sekali tidak dikenal.

Di sosial media Anda bisa saling membagi ide, berkolaborasi dalam menciptakan kreasi, berdebat, menemukan teman, rekan bisnis, pasangan, hingga membangun sebuah komunitas, merupakan beberapa hal yang bisa dilakukan melalui media sosial.

Baca Juga: Manfaat Sosial Media untuk Mengembangkan Bisnis Sendiri

3. Membuat Konten yang Berkualitas dan Bermanfaat
 Konten Berkualitas 

Ketika memiliki sosial media, cobalah untuk menulis konten yang layak untuk dibaca. Mengapa? Karena jika Anda pikirkan, siapa sih orang yang ingin melihat update status yang tidak penting.

Maka dari itu, ketika bermain sosial media, cobalah untuk menjadi seseorang yang memiliki opini tentang sebuah topik, berbagi pengetahuan tentang apapun, sebarkan tulisan atau konten yang berguna dan yang bisa menjadi rujukan. Intinya, buatlah konten yang bisa bermanfaat di circle Anda.

4. Gunakan Etika yang Baik
  Etika dalam Menggunakan Sosial Media

Sama seperti bergaul dengan orang di dunia nyata, ketika berinteraksi di dunia maya melalui media sosial pun Anda juga harus memiliki etiket yang sama. Cobalah untuk bersikap santun ketika menyapa bahkan sampai berdebat dengan seseorang dan jangan lupa untuk tetap menghormati siapapun yang sedang berkomunikasi dengan Anda. Dengan adanya sikap positif ini, bisa membuat orang lain menjadi percaya pada Anda.

5. Manfaatkan Sosial Media sesuai dengan Karakteristik dan Fungsinya
  sosial media

Di zaman yang modern seperti ini, ada banyak jenis media sosial. Namun, mereka semua bisa dibedakan dari karakteristik dan bagaimana Anda memaksimalkan penggunaannya. Misalnya, karakteristik dari Twitter dan LinkedIn tentu saja berbeda. Jika bermain di media sosial seperti Twitter, mungkin di sana Anda bisa menunjukkan identitas sebagai seseorang yang muda, gaul, dan humoris.

Namun di LinkedIn, personal branding Anda bisa berubah sebagai seseorang yang serius, profesional, dan kompeten. Selain itu, dari segi pemasangan foto avatar di LinkedIn, tentu sebaiknya memasang foto formal. Lain halnya di twitter, Anda bisa tampil dengan foto yang lebih santai. Intinya, harus pandai dalam mempelajari ciri khas followers atau audiens dari media sosial tersebut guna membangun personal branding.

Baca Juga: Ini Dampak Buruk Terlalu Serius Main ‘Medsos’

Cara Membangun Personal Branding Diri Sendiri
Poin pertama yang bisa Anda lakukan untuk membangun personal branding adalah menjadi pribadi yang jujur karena jujur merupakan hal yang mutlak wajib dimiliki oleh setiap orang. Kedua, konsisten yaitu Anda harus memiliki sikap yang tegas terhadap pilihan yang Anda pilih. Ketiga, kritis yaitu jadilah orang yang kritis dengan memahami situasi dan kenali lawan bicara. Keempat, kreatif, dengan menjadi orang yang kreatif dengan memiliki percaya diri dengan kemampuan dan potensi yang Anda punya di dalam diri. Kelima, stay humble, yaitu tetap rendah hati meskipun banyak orang yang berpikiran negatif mengenai hal ini.
Axact

ARTIKEL KESEHATAN

Bismillah...Blog ini merangkum beberapa artikel kesehatan yang ada di dunia maya sehingga menjadi sebuah blog kesehatan terpercaya. Kami mengucapkan terima kasih kepada narasumber artikel kesehatan, semoga artikel yang telah di baca banyak orang membawa manfaat dan penulis artikel pertama mendapatkan pahala dari Alloh.

Post A Comment:

0 comments: