ARTIKEL KESEHATAN :    "Osteoporosis" mungkin anda sudah sering atau pernah mendengar istilah ini dalam hidup anda. Orang awam menyebut osteoporosis yaitu gejala pengeroposan tulang saat usia mulai dewasa maupun menua. Para wanita dan laki-laki sama rentannya terkena osteoporosis. Meskipun begitu, kaum wanita memiliki resiko paling besar mengalami masalah pengeroposan tulang tersebut. Mencegah osteoporosis sejak dini tentu mutlak dilakukan mulai dari sekarang. Lalu, apa saja tips mencegah osteoporosis pada kaum wanita...???.

     Sahabat, tips kesehatan. Tulang merupakan bagian terpenting untuk menyokong tubuh manusia. Namun, seiring usia yang terus bertambah, lambat laun tulang mengalami pengeroposan dan mengakibatkan tulang mudah patah. Wanita khususnya yang mulai menginjak usia 30 tahun haruslah memulai langkah nyata untuk menjaga kesehatan tulangnya. Latihan rutin atau olahraga serta mengkonsumsi makanan yang dibutuhkan tulang haruslah menjadi menu harian anda. Berikut ini 7 tips mencegah osteroporosis pada tulang wanita : 
  1. Penuhi Kebutuhan Kalsium. Ada berbagai jenis makanan yang mengandung kalsium seperti susu rendah lemak, keju, sayuran berdaun hijau (sayur bayam, sawi), sarden maupun sereal. Dengan tercukupinya kebutuhan kalsium, maka dapat mencegah pengeroposan tulang anda.
  2. Penuhi Kebutuhan Vitamin D. Vitamin D berfungsi untuk membantu proses penyerapan kalsium yang dibutuhkan oleh tubuh anda. Sinar matahari pagi merupakan sumber vitamin D. Sumber vitamin D lainnya yaitu ikan (salmon, tuna), telur serta yogurt. 
  3. Kontrol Berat Badan. Dalam hal ini, jagalah tubuh dalam berat badan yang dianjurkan atau proporsional. Ini dikarenakan, seseorang yang terlalu kurus beresiko mengalami pengeroposan tulang atau osteoporosis yang lebih besar. Konsultasikan pada dokter anda tentang berat badan yang proporsinal sesuai usia anda.
  4. Stop Dari Merokok. Menurut para peneliti dari Royal Melbourne Hospital in Australia, kebiasaan  merokok beresiko besar terhadap mudahnya seseorang terkena patah tulang. Jadi, mulailah bergaya hidup sehat dengan menghindari kebiasaan buruk seperti merokok.
  5. Mulailah Olahraga Rutin. Olahraga yang sangat dianjurkan untuk memperkuat tulang yaitu angkat beban maupun berjalan kaki. Sedangkan waktu yang dibutuhkan untuk melakukan aktivitas tersebut yaitu sekitar 30 menit setiap harinya.
  6. Kurangi Konsumsi Minuman Berkafein. Minuman yang mengandung kafein dalam jumlah berlebihan dapat mengakibatkan mudahnya patah tulang diusia tua. Maka dari itulah, ada baiknya anda mengurangi konsumsi kopi serta aneka minuman yang mengandung kafein didalamnya.
  7. Mulailah Melakukan Yoga. Olahraga yang menitik beratkan pada pernafasan dan kelenturan tubuh ini ternyata mampu meningkatkan kepadatan tulang di beberapa bagian tubuh seperti daerah pinggul dan punggung anda.

    Semoga tips kesehatan yang mengulas 7 tips mudah mencegah osteroporosis pada wanita dapat bermanfaat bagi para pembaca. Akhir kata, salam hangat dari penulis. 
Sumber : prevention. Image courtesy of stockimages at FreeDigitalPhotos.net
Axact

ARTIKEL KESEHATAN

Bismillah...Blog ini merangkum beberapa artikel kesehatan yang ada di dunia maya sehingga menjadi sebuah blog kesehatan terpercaya. Kami mengucapkan terima kasih kepada narasumber artikel kesehatan, semoga artikel yang telah di baca banyak orang membawa manfaat dan penulis artikel pertama mendapatkan pahala dari Alloh.

Post A Comment:

0 comments: