Tips Menjaga Kesehatan Organ Hati – Kesehatan merupakan salah satu hal yang mahal saat ini. Ya, bagaimana tidak, melakukan pengobatan di rumah sakit saja, saat ini sangat mahal biayanya. 

Oleh karena itu, kita harus menjaga kesehatan tubuh kita ini. Di dalam tubuh terdapat bermacam organ tubuh yang sangat penting. Salah satunya adalah organ hati. Hati atau biasa disebut dengan liver memiliki fungsi untuk menawar racun yang ada di dalam tubuh. 


Selain itu hati fungsinya yaitu membantu proses makanan yang sudah diserap oleh usus. Hati pun memiliki peran untuk memproduksi getah yang biasa kita sebut dengan empedu. 

Di dalam getah empedu berfungsi sebagai tempat untuk menyimpan zat besi, membuang racun, mengontrol kadar lemak, mengontrol asam amino, dan sebagainya. 

Nah, apa akibatnya jika kita tidak bisa menjaga kesehatan pada organ hati kita? Ya, tentunya kita akan mudah terserang beragam penyakit yang khususnya menyerang organ vital hati kita.

Salah satu penyakit yang menyerang hati adalah Hepatitis. Pastinya kita sudah tidak asing lagi dengan penyakit hati yang satu ini. Penyakit Hepatitis memiliki tingkatannya masing-masing. 

Hepatitis disebabkan oleh virus. Oleh karena itu, untuk menghindari terserang virus ini, maka saat kecil biasanya kita akan mendapatkan imunisasi Hepatitis. 

Jika sudah menjalankan atau mendapatkan imunisasi Hepatitis, maka paling tidak resiko terjangkit penyakit Hepatitis dapat terhindari. 

Ya, mencegah memang jauh lebih baik dari mengobati. Penting bagi yang belum terkena penyakit hati atau liver untuk mengetahui tips menjaga kesehatan organ hati

Beberapa tips menjaga kesehatan organ hati antara lain yaitu:

* Perbanyak konsumsi sayur-sayuran
Sayuran hijau memiliki kandungan banyak nutrisi dan juga vitamin yang bermacam-macam. Jenis sayuran yang baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan hati adalah brokoli, selada, bayam, kubis, kol, sawi hijau, dan sebagainya.

* Perbanyak juga konsumsi buah-buahan
Sama halnya dengan sayuran, buah-buahan pun memiliki banyak kandungan nutrisi dan vitamin. Buah-buahan yang baik untuk kesehatan hati antara lain apel dan alpukat. Keduanya mengandung pektin yang membantu melepas racun dari saluran pencernaan tubuh.

* Hindari merokok dan minum alkohol 
Keduanya dapat meningkatkan resiko terganggunya fungsi hati atau liver.
Axact

ARTIKEL KESEHATAN

Bismillah...Blog ini merangkum beberapa artikel kesehatan yang ada di dunia maya sehingga menjadi sebuah blog kesehatan terpercaya. Kami mengucapkan terima kasih kepada narasumber artikel kesehatan, semoga artikel yang telah di baca banyak orang membawa manfaat dan penulis artikel pertama mendapatkan pahala dari Alloh.

Post A Comment:

0 comments: