ARTIKEL KESEHATAN : Pisang merupakan sumber serat yang baik karena pada ukuran sedang dapat mengandung serat hingga 3 gram oleh sebab itu konsumsi pisang dapat membantu mencegah terjadinya kanker usus dan mencegah terjadinya konstipasi/sembelit.


Pisang merupakan buah paling popular yang sangat terjangkau dalam segi harga dan mudah didapatkan. Pisang memiliki rasa enak yang khas. Pisang umumnya dikonsumsi sebagai makanan penutup, makanan ringan disela jam makan besar, atau digunakan sebagai campuran dalam beberapa makanan. Pisang ternyata memiliki kandungan nutrisi penting dan memiliki banyak manfaat bagi tubuh manusia.
Apakah kandungan nutrisi pada pisang?
Terdapat banyak jenis pisang yang ada dipasaran dimana memiliki perbedaan warna, ukuran, dan bentuk. Namun, umumnya mengandung banyak serat dan beberapa senyawa antioksidan. Satu pisang berukuran sedang atau medium (118 gram) memiliki kandungan kalium, vitamin B6, vitamin C, magnesium, tembaga, mangan, karbohidrat, serat, protein, dan lemak.
Setiap pisang mengandung sekitar 105 kalori dan kandungan terbanyak adalah air dan karbohidrat. Pisang mengandung sedikit protein dan hampir tidak memiliki kandungan lemak. Karbohidrat pada pisang mentah sebagian besar terdiri dari pati, namun saat pisang matang maka pati berubah menjadi gula (glukosa, fruktosa, sukrosa).
Apakah manfaat pisang bagi kesehatan tubuh?
Pisang memiliki kandungan gula rendah
Pisang mengandung gula darah yang rendah. Pada orang yang menderita diabetes sebaiknya mengkonsumsi pisang yang mentah karena masih mengandung banyak serat namun rendah gula.


Pisang dapat memperbaiki kesehatan pencernaan
Pisang berukuran sedang dapat mengandung serat hingga 3 gram sehingga dapat menjadikan pisang sebagai salah satu sumber serat yang cukup baik. Serat dapat memudahkan kotoran untuk keluar dan membantu menstimulasi gerak peristaltic sehingga dapat menggerakkan usus. Sehingga Pisang dapat membantu mencegah terjadinya kanker usus dan mencegah terjadinya konstipasi/sembelit.
Pisang dapat membantu menurunkan berat badan
Pisang mengandung kalori yang relative kecil sekitar 100 kalori. Pisang juga mengandung tinggi serat sehingga dapat membantu penurunan berat badan. Menurut penelitian, kandungan pektin dan serat pada pisang dapat memberikan efek mengurangi nafsu makan dan meningkatkan rasa kenyang setelah makan.
Pisang dapat membantu menjaga kesehatan jantung
Kalium merupakan mineral yang sangat penting bagi kesehatan jantung terutama untuk kestabilan tekanan darah. Pisang adalah sumber makanan yang mengandung tinggi kalium sehingga dapat membantu menurunkan dan menjaga kestabilan tekanan darah dan menurunkan resiko terjadinya penyakit jantung. Pisang juga memiliki kandungan magnesium yang juga memiliki fungsi penting menjaga kesehatan jantung.
Pisang memiliki fungsi sebagai antioksidan
Buah dan sayuran merupakan sumber antioksidan yang baik termasuk pisang. Antioksidan kuat yang terkandung dalam pisang adalah dopamine dan katekin.
Pisang mentah dapat meningkatkan sensitifitas insulin
Menurunnya sensitifitas insulin atau resistensi insulin merupakan factor resiko utama terjadinya diabetes tipe 2. Berdasarkan penelitian menunjukkan bahwa 15-30 gram pati yang terdapat pada pisang mentah dapat meningkatkan sensitifitas insulin sebesar 33-50% hanya dalam 4 minggu.
Pisang dapat membantu menjaga kesehatan ginjal
Kandungan kalium sangat penting untuk menjaga kestabilan tekanan darah dan kesehatan fungsi ginjal. Penelitian menemukan bahwa mengkonsumsi pisang 4-6 kali seminggu dapat menurunkan 50% resiko penyakit ginjal dibandingkan dengan orang yang tidak mengkonsumsi pisang.
Pisang dapat membantu mencegah atau mengatasi anemia
Zat besi merupakan bagian penting dalam pembentukan sel darah merah. Pisang memiliki kandungan zat besi yang tinggi sehingga dapat membantu mengobati anemia. Peningkatan jumlah sel darah merah dapat mencegah anemia dan meningkatkan sirkulasi darah sehingga dapat mengoptimalkan fungsi organ tubuh.
Axact

ARTIKEL KESEHATAN

Pelajari kesehatan diri kita sedini mungkin dengan sering sering baca ARTIKEL KESEHATAN dari blog ini, Inshaa Alloh bermanfaat dan silakan disebarakan semua artikel disini di akun SOSMED atau copas di blog kamu...Jazakumullah..

Post A Comment:

0 comments: