Infeksi Cacing Kremi

ARTIKEL KESEHATAN : Mengkonsumsi obat cacing minimal 6 bulan sekali dapat membantu mencegah terjadinya infeksi cacing kremi.

Anak : “Ma, pantatku gatel banget ini..”
Ibu : “Sini, mama lihat pantatnya, palingan kamu kremi-an”
Infeksi cacing kremi disebabkan oleh Enterobius vermicularis dapat dialami oleh semua orang terutama pada anak-anak. Obat bebas yang dapat dibeli diapotek dapat digunakan untuk mencegah atau mengobati infeksi cacing kremi. Cacing kremi menginfeksi usus dan bertelur di sekitar anus.
Cacing Kremi
Cacing kremi memiliki ciri-ciri berukuran kecil, tipis, berwarna putih, berbentuk seperti benang dengan panjang antara 2mm dan panjang 13mm. Cacing kremi dapat hidup di usus selama sekitar 5-6 minggu dan kemudia akan mati. Sebelum mati, pada malam hari cacing betina akan bertelur di bagian anus. Telur cacing kremi memiliki ukuran yang sangat kecil namun dapat menyebabkan gatal disekitar anus dan dapat menghasilkan lendir.
Terkadang ketika sedang tidur seseorang tidak sadar menggaruk bagian disekitar anus untuk meringankan gatal. Hal ini dapat menyebabkan telur pada cacing berpindah ke jari dan terletak dibawah kuku. Telur pada jari dapat dengan mudah berpindah ke mulut dan tertelan.
Telur cacing kremi dapat bertahan hidup hingga dua minggu jika berada diluar tubuh. Telur dapat jatuh dari kulit disekitar anus dan menempel pada kasur, pakaian, dll. Telur cacing kremi dapat mengkontaminasi udara, barang-barang dan makanan. Telur yang masuk ke dalam tubuh manusia dapat menetas dan berkembang menjadi cacing dewasa.
Pada perempuan, cacing kremi dapat berjalan dari anus ke vagina atau uretra (saluran kemih). Hal tersebut dapat menyebabkan keputihan, mengompol, atau masalah pada buang air kecil.
Tanda dan gejala Infeksi Cacing Kremi
Tanda dan gejala terjadinya infeksi cacing kremi adalah :
  • Mengalami gatal pada bagian anal atau vaginal
  • Mengalami gangguan tidur, mudah marah dan gelisah
  • Mengalami nyeri perut dan mual
Faktor resiko Infeksi Cacing Kremi
Berikut beberapa faktor yang dapat menyebabkan resiko terjadinya infeksi cacing kremi :
  • Faktor usia
    Infeksi cacing kremi paling sering terjadi pada anak-anak berada dibawah usia 18 tahun.
  • Faktor lingkungan
    Hidup di lingkungan yang padat penduduk dapat meningkatkan resiko mengalami infeksi cacing kremi.
Bagaimana cara mengetahui anak terinfeksi cacing kremi?
Jika cacing kremi tidak terlihat pada tinja atau feses, tetapi menduga terjadi infeksi cacing kremi. Anda dapat melihat langsung dipantat anak Anda. Jika anak memiliki cacing kremi maka akan terlihat cacing pada anus anak Anda.
Bagaimana jika Ibu hamil atau menyusui terinfeksi cacing kremi?
Ibu hamil dan menyusui tidak perlu mengkonsumsi obat-obatan untuk membunuh cacing. Cacing kremi dapat mati dengan sendirinya setelah enam minggu. Untuk mencegah menelan telur cacing kremi maka perlu dilakukan upaya untuk menjaga kebersihan diri. Jika dengan menjaga kebersihan diri tidak dapat mengatasi terjadinya infeksi cacing kremi, maka diperlukan konsultasi dengan dokter untuk pemberian obat cacing.

Penanganan infeksi cacing kremi
Pemberian obat cacing diberikan pada seluruh anggota keluarga, termasuk orang dewasa. Hal ini dikarenakan infeksi cacing kremi tidak menimbulkan gejala tertentu. Jika salah satu anggota keluarga terinfeksi cacing kremi maka anggota keluarga yang lain memiliki resiko untuk terinfeksi cacing kremi. Terapi yang dapat diberikan adalah :
  • Berkonsultasi dengan Apoteker untuk mengkonsumsi obat cacing yang dapat dibeli tanpa resep dokter.
  • Menjaga kebersihan diri untuk dapat menghilangkan telor cacing kremi yang terdapat pada anus. Hal ini dapat dilakukan dengan mandi pada pagi hari terutama mencuci bagian anus, dan mengganti dan mencuci pakaian tidur yang sudah digunakan setiap hari.
  • Menggunakan celana ketat ketika tidur untuk menghindari telur cacig kremi menempel pada kuku dan jari.
  • Menjaga kebersihan lingkungan sekitar dengan mencuci pakaian tidur, sprei, handuk dan boneka. Direkomendasikan juga untuk secara rutin membersihkan rumah dan kamar mandi.
Pencegahan terjadinya infeksi cacing kremi
Terinfeksi  cacing kremi mudah terjadi atau berulang sehingga diperlukan tindakan pencegahan yang meliputi :
  • Mengkonsumsi obat cacing setiap 6 bulan sekali.
  • Mandi atau memebersihkan anus setiap pagi
Membersihkan daerah anus setiap pagi dapat membantu mengurangi jumlah telur cacing kremi dan mencegah terjadinya kontaminasi diudara dan barang-barang sekitar.
  • Mengganti celana dalam dan sprei setiap hari untuk upaya menghilangkan telur cacing kremi.
  • Menggunakan air panas untuk mencuci sprei, pakaian tidur, celana dalam, dan handuk untuk membantu membunuh telur cacing kremi.
  • Jangan menggaruk bagian anus dan memotong kuku untuk mencegah menelan telur cacing kremi.
  • Mencuci tangan setelah buang air besar atau mengganti popok atau sebelum makan untuk menurunkan resiko menelan telur cacing kremi.
  • Tidak menggunakan satu handuk dengan orang lain.
  • Menghentikan kebiasaan menggigit kuku.
  • Mencuci sikat gigi sebelum menggunakan.
 Mari menjaga kebersihan untuk keluarga sehat bebas cacingan.

Axact

ARTIKEL KESEHATAN

Bismillah...Blog ini merangkum beberapa artikel kesehatan yang ada di dunia maya sehingga menjadi sebuah blog kesehatan terpercaya. Kami mengucapkan terima kasih kepada narasumber artikel kesehatan, semoga artikel yang telah di baca banyak orang membawa manfaat dan penulis artikel pertama mendapatkan pahala dari Alloh.

Post A Comment:

0 comments: