ARTIKEL KESEHATAN : Sudah umum orang Indonesia ketika berbuka puasa ditemani gorengan dan es buah. Padahal menurut Prof. Hardinsyah, MS kedua makanan tersebut tidak baik dikonsumsi saat baru berbuka. Pakar gizi dan nutrisi tersebut tidak menganjurkan berbuka dengan makanan berlemak serta minuman dingin. Sebab makanan yang berlemak akan sulit dicerna oleh tubuh jika dimakan saat baru buka puasa. Gorengan termasuk makanan berlemak karena digoreng menggunakan minyak. Maka dari itu, gorengan sebaiknya dimakan untuk menu malam hari. Hal ini untuk menunjang kebiasaan sehat saat berpuasa.

Setelah kurang lebih 14 jam tidak makan dan minum usus kita harus mulai bekerja pelan-pelan nggak bisa langsung berat. Kalau goreng-gorengan dia bekerja lebih berat. Makan makanan gorengan, berlemak, buat tubuh harus adaptasi lagi.


Selain sulit dicerna tubuh, makanan tersebut juga dapat menimbulkan penyakit seperti batuk atau radang tenggorokan. Hal ini bis terjadi karena makanan yang mengandung minyak, pedas, serta minuman dingin dapat menimbulkan luka kecil di tenggorokan. Luka atau iritasi yang terjadi di tenggorokan bisa memicu datangnya bakteri. Bakteri yang masuk ke dalam luka di tenggorokan dapat menyebabkan batuk. Berbeda bila berbuka dengan buah-buahan, tentu proses masuknya asupan buah ke dalam tubuh lebih halus daripada gorengan sehingga tidak menyebabkan luka.

So buat kamu-kamu yang sedang menjalankan ibadah puasa Ramadhan hindari gorengan dan es agar tubuh kamu tetep sehat dan terjaga dari segala macam penyakit selama bulan puasa ini.

via. health.detik.com
Axact

ARTIKEL KESEHATAN

Bismillah...Blog ini merangkum beberapa artikel kesehatan yang ada di dunia maya sehingga menjadi sebuah blog kesehatan terpercaya. Kami mengucapkan terima kasih kepada narasumber artikel kesehatan, semoga artikel yang telah di baca banyak orang membawa manfaat dan penulis artikel pertama mendapatkan pahala dari Alloh.

Post A Comment:

0 comments: