ARTIKEL KESEHATAN : Saat sekarang ini banyak orang usia muda yang kadar kolesterol darahnya tinggi. Faktor penyebab utamanya tidak lain adalah makanan. Memang kolesterol dibutuhkan oleh tubuh tetapi dalam kadar tertentu jika berlebihan justru akan menimbulkan berbagai macam penyakit. Salah satu penyakit yang dipicu kadar kolesterol darah yang tinggi adalah penyakit jantung.



Mentega dan sayap ayam goreng yang gurih enak ternyata menyimpan kandungan kolesterol tinggi. Inilah makanan yang berkolesterol tinggi yang dirangkum oleh The Daily Meal yang perlu anda batasi konsumsinya.
.

1. Mentega

Dengan mentega akan membuat kue menjadi makin enak dan gurih. Namun tahukah anda jika ternyata, 1 cangkir mentega mengandung kolestrol sebanyak 488 miligram. Hal itu disebabkan mentega dibuat dari lemak hewan yang kaya akan kandungan lemak jenuh dan kolesterol yang sangat atrogenik. Anda dapat menggunakan minyak zaitu, minyak kedelai, dan minyak kelapa sebagai ganti mentega.

2. Sayap Ayam Goreng

Hampir semua makanan yang digoreng termasuk ayam pastinya akan membuat kadar kolesterol dan lemaknya bertambah. Sayap ayam goreng ternyata jugamengandung  kolesterol yang cukup tinggi. Satu buah sayap ayam goreng berukuran sedang mengandung kolesterol sebanyak 27 miligram. Untuk mengurangi resiko kolesterol masaklah sayap ayam tanpa kulitnya dan masak dengan cara dipanggang.

3. Keju Cheddar

Kadar kolesterol daman keju cheddar memang tidak terlalu tinggi, namun kalau dikonsumsi sehari-hari dalam jumlah banyak, maka tetap membuat kadar kolesterol dalam darah pun akan meningkat.

4. Kuning Telur

Telur selain rasanya gurih nikmat juga kaya akan sumber protein yang bagus bagi kesehatan. Namun, khusus bagian kuning telur ternyata mengandung kolesterol yang sangat tinggi, yakni sekitar 184 miligram.

5. Kepiting

Hewan satu ini memang enak dikonsumsi, selain itu juga sumber protein. Tetapi kepiting juga kaya akan kandungan kolesterol. Satu ekor kepiting dengan ukuran sedang mengandung 96 miligram kolesterol.Sebaiknya batasi konsumsi kepiting secara berlebihan.

6. Hati Ayam

Selain hati hampir semua organ hewan seperti pankreas, usus, dan lain-lain mengandung lemak dan kolesterol yang tinggi. Tiap 28 gram hati ayam mengandung kolesterol yang cukup tinggi, 160 miligram. Satu-satunya caraadalah kurangi frekuensi konsumsi makanan ini.

7. Es Krim Vanila

Siapa yang tidak suka dengan makanan yang satu ini. Rasa manis dan gurihnya susu yang sangat lezat. Di balik kelezatannya, setengah cangkir es krim vanila mengandung 98 miligram kolesterol. Kalau tidak bisa menghindari sebaiknya ganti dengan es krim vanila yang terbuat dari susu rendah lemak.


Axact

ARTIKEL KESEHATAN

Bismillah...Blog ini merangkum beberapa artikel kesehatan yang ada di dunia maya sehingga menjadi sebuah blog kesehatan terpercaya. Kami mengucapkan terima kasih kepada narasumber artikel kesehatan, semoga artikel yang telah di baca banyak orang membawa manfaat dan penulis artikel pertama mendapatkan pahala dari Alloh.

Post A Comment:

0 comments: