Manfaat Epidemiologi

Bidang kesehatan masyarakat telah membuktikan bahwa epidemiologi memang sangat membantu dari segi pelaksanaan misi, tujuan dan kegiatannya di dalam melindungi kesehatan populasi maupun
kelompok masyarakat.

Tujuh manfaat epidemiologi yaitu:

1. Untuk mempelajari riwayat penyakit
    a. Epiderniologi mempelajari tren penyakit untuk memprediksi tren penyakit yang mungkin akan terjadi.
    b. Hasil penelitian epidemiologi dapat diSunakan dalam perencanaan pelayanan kesehatan dan kesehatan masyarakat.

2. Diagnosis masyarakat
Penyakit, kondisi, cedera, gangguan, ketidakmampuan, defek/cacat apa yang menyebabkan kesakitan, masalah kesehatan atau kematian didalam suatu komunitas atau wilayah.

3. Mengkaji risiko yang ada pada setiap individu karena mereka dapat memengaruhi ke lompok maupun populasi.
a. Faktor risiko, masalah dan perilaku yang dapat memengaruhi kelompok atau popu lasi.
b. Setiap kelompok dikaji dengan melakukan pengkajian terhadap faktor risiko dan menggunakan teknik pemeriksaan kesehatan, misal risiko kesehatan, pemeriksaan skrining kesehatan, tes kesehatan, pengkajian penyakit dan sebagainya.


4. Pengkajian, Evaluasi dan penelitian 
    a. Sebaik apa pelayanan kesehatan masyarakat dalam mengatasi masalah dan memenuhi kebutuhan populasi atau kelompok.
    b. untuk mengkaji keefektifan, efesiensi, kualitas, kuantitas, akses, ketersediaan layanan untuk mengobati, mengendalikan atau mencegah penyakit, cedera, ketidakmampuan, atau kematian.

5. Melengkapi gambaran klinis
a. proses identifikasi dan diagnosis untuk menetapkan bahwa suatu kondisi memang ada atau bahwa seseorang memang menderita penyakit tertentu.
b. Menentukan hubungan sebab akibat, misal : radang tenggorokan dapat menyebabkan demam rematik.

6. Identifkasi sindroma
Membantu menyusun dan menetapkan kriteria untuk mendefenisikan sindrom, misalnya sindrom down, fetal alkohol, kematian mendadak pada bayi, dan sebagainya.

7. Menentukan penyebab dan sumber penyakit
Temuan epidemiologi memungkinkan dilakukan pengendalian, pencegahan dan pemusnahan penyebab penyakit, kondisi, cedera, ketidakmampuan atau kematian.




Axact

ARTIKEL KESEHATAN

Bismillah...Blog ini merangkum beberapa artikel kesehatan yang ada di dunia maya sehingga menjadi sebuah blog kesehatan terpercaya. Kami mengucapkan terima kasih kepada narasumber artikel kesehatan, semoga artikel yang telah di baca banyak orang membawa manfaat dan penulis artikel pertama mendapatkan pahala dari Alloh.

Post A Comment:

0 comments: