Konsep Dasar Timbulnya Penyakit : 
Konsep Sehat - Sakit

Konsep Sehat
  • Sehat adalah keadaan relatif seimbang antara tubuh dan fungsinya sebagai hasil dari penyesuaian yang dinamis terhadap suatu hal yang dapat mengganggunya. Sehat bukan hanya merupakan keterkaitan pasif antara tubuh dengan suatu hal yang memengaruhinya, namun merupakan respon aktif tubuh untuk menghadapinya (W.H. Perkins, 1938).
  • WHO menyebutkan sehat adalah o stote of complete physical, mental, ond social well being and not merely the absence of illness or indemnity (suatu keadaan yang sempurna atau lengkap yang meliputi kesejahteraan fisik, mental dan sosial tidak hanya bebas dari penyakit atau kelemahan) (Mukono,2006)



  • Sebagai konsekuensi dari konsep WHO (1947) mengatakan manusia sehat adalah:

    • a. Tidak sakit.
      b, Tidak cacat. 
      c. Tidak lemah. 
      d. Ba hagia secara rohani. 
      e. Seja htera sosial.
      f. Sehat secara jasmani.
      (Mukono,2006).


      • President's Communision On Heolth Need of Notion Stoted (1953)
      - Sehat bukan merupakan suatu kondisi, tetapi merupakan penyesuaian, bukan merupakan suatu keadaan tapi merupakan suatu proses.
      - Proses adaptasi individu yang tidak hanya terhadap fisik mereka, tetapi terhadap lingkungan sosialnya.


      • Sehat adalah aktualisasi (perwujudan) yang diperoleh individu melalui kepuasan dalam berhubungan dengan orang lain, perilaku yang sesuai dengan tujuan, perawatan diri yang kompeten Sedangkan penyesuaian diperlukan untuk mempertahankan stabilitas dan integritas sosial (Pender, 1982).


      • Sehat merupakan bagian fungsi efektif dari sumber perawatan diri (Self Care Resourcesl yang menjamin tindakan untuk perawatan diri (Self Care Action) secara adekuat (Payne,1983).
      - Self Care Resources mencakup pengetahuan, ketrampilan dan sikap.

      - Self Care Action mencakup perilaku yang sesuai dengan tujuan diperlakukan untul( memperoleh, mempertahankan dan meningkatkan fungsi, psikososial dan spiritual.


      Sehat adalah keadaan sejahtera dari  badan, jiwa dan sosial yang memungkinkan setiap orang hidup produktif secara sosial dan ekonomis (UU No. 23 tahun 1992 tentang kesehatan).

      Sehat adalah suatu kondisi seimbang antara status kesehatan biologis, psikologis, sosial dan spiritual yang memungkinkan orang tersebut hidup secara mandiri dan produktif (zaidi Ali, 1999).

      Sehat adalah keadaan sehat, baik secara fisik, mental, spritual maupun sosial yang memungkinkan setiap orang untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomis ( UU No. 36 tahun 2009)


      Definisi Sehat Secara Fisik, Mental, dan Sosial
      sumber : Undang-undang no. 36 tahun 2009



      Konsep Sakit

      Sakit adalah Sangguan dalam fungsi normal individu sebagai totalitas termasuk keadaaan organisme sebagai sistem biologis dan penyesuaia n sosialnya (Parsors, 1972).

      • Sakit adalah ketidakseimbangan dari kondisi normal tubuh manusia di antaranya sistem biologik dan kondisi penyesuaian (Bauman. 1985 ).

      • Sakit dalam bahasa Inggris diartikan menjadi 2 yaitu ilness dan disease perbedaan kedua istilah ini adalah: ilnessmeliputi :
      a. Konsepnya abstrak.
      b. Sifatnya subjektif.
      c. Akibat mekanisme koping (pertahanan) tidak adekuat.

      Disease, meliPuti:
      a. Suatu kondisi Yang Patologis.
      b. Terdapat sign/tanda dan symrom/geiala.


      • Sakit adalah suatu keadaan yang menganggu keseimbangan status kesehatan biologis, psikologis sosial, dan spiritual yang mengakibatkan gangguan fungsi tubuh (Zaidi All, 1998)


      • Mukono (2006)
      - Sakit adalah suatu keadaan yang memperlihatkan adanya keluhan dan gejala sakit secara subjektif dan objektif sehingga penderita tersebut memerlukan pengobatan untuk mengembalikan keadaan sehat.
      - Sakit merupakan akibat dari kesalahan adaptasi terhadap lingkungan (maladaptation) dan reaksi manusia dari sumber penyakit.


      • Menurut Cunningham &Saigo (2001), "a disease is a deleterious change in the body's condition to an environmental faktor that could be nutritional, chemical, biological or psychological". Dengan Kata lain, penyakit merupakan perubahan yang mengganggu kondisi tubuh sebagai respon dari faktor lingkungan yang mungkin berupa nutrisi, kimia, biologi atau psikologi.




      Axact

      ARTIKEL KESEHATAN

      Bismillah...Blog ini merangkum beberapa artikel kesehatan yang ada di dunia maya sehingga menjadi sebuah blog kesehatan terpercaya. Kami mengucapkan terima kasih kepada narasumber artikel kesehatan, semoga artikel yang telah di baca banyak orang membawa manfaat dan penulis artikel pertama mendapatkan pahala dari Alloh.

      Post A Comment:

      0 comments: