MANFAAT OLAHRAGA KARDIO BAGI TUBUH : Saat mendengar tentang olahraga kardio, maka yang teringat adalah berlari, bersepeda atau berenang. Olahraga kardio bisa menjadi bagian dari gaya hidup sehat karena memberikan banyak keuntungan bagi tubuh.



Olahraga kardio adalah aktifitas fisik yang dapat membuat darah memompa dan otot besar bekerja. Para ahli merekomendasikan seseorang untuk melakukan olahraga kardio minimal 150 menit dengan aktifitas level sedang dan 75 menit untuk aktifitas berat. Berjalan cepat atau berenang merupakan contoh kegiatan sedang. Berlari atau bersepeda adalah contoh aktifitas yang berat.
Mengapa Olahraga Kardio Sering Direkomendasikan?
Kardio diartikan sebagai semua jenis latihan atau aktifitas yang meningkatkan detak jantung lalu mempertahankannya dalam jangka waktu yang lama. System pernafasan akan mulai bekerja lebih berat ketika seseorang mulai bernafas lebih cepat dan dalam. Pembuluh darah akan membawa lebih banyak oksigen ke otot dan tubuh akan melepaskan penghilang rasa sakit alami (endorphin). Manfaat dalam segi fisik dan mental sangat banyak dari olahraga kardio.
Manfaat Olahraga Kardio
Berikut beberapa manfaat dari olahraga kardio:
Mengontrol Berat Badan
Terdapat banyak bukti yang menyatakan bahwa seseorang yang melakukan olahraga selama 150 menit setiap minggu bisa mendapatkan berat badan yang ideal.
Mencegah Penyakit Jantung
Penelitian menunjukkan bahwa peningkatan detak jantung saat olahraga kardio dapat melatih jantung secara teratur sehingga dapat membantu mencegah penyakit kardiovaskular. Olahraga kardio dapat membantu menurunkan tekanan darah dan menjaga pembuluh darah arteri tetap sehat dengan meningkatkan kolesterol baik atau HDL dan menurunkan kadar kolesterol buruk atau LDL.
Perubahan Mood Menjadi Lebih Baik
Penelitian mendukung teori ini, karena menunjukkan bahwa olaharaga kardio dapat memperbaiki suasana hati dan meningkatkan kebahagiaan. Olahraga kardio dapat meningkatkan produksi endorphin yang berfungsi menghilangkan rasa sakit.
Mengontrol Kadar Gula Dalam Darah
Olahraga kardio yang teratur dapat membantu mengontrol kadar insulin dan menurunkan kadar gula dalam darah. Dalam sebuah penelitian pada orang dengan diabetes tipe dua, peneliti menemukann bahwa setiap bentuk aktifitas dapat memberikan efek mengontrol kadar gula darah.
Meningkatkan System Kekebalan Tubuh
Sebuah penelitian menunjukkan bahwa melakukan olahraga kardio dengan teratur dapat meningkatkan antibody tertentu dalam darah yang disebut immunoglobulin. Sehingga dapat memperkuat system kekebalan tubuh.
Meningkatkan Kerja Otak
Penelitian menunjukkan bahwa setelah usia 30 tahun, otak akan mulai mengalami penurunan. Parah ahli menemukan bahwa olahraga kardio dapat memperlambat kondisi tersebut dan meningkatkan kerja otak.
Axact

ARTIKEL KESEHATAN

Bismillah...Blog ini merangkum beberapa artikel kesehatan yang ada di dunia maya sehingga menjadi sebuah blog kesehatan terpercaya. Kami mengucapkan terima kasih kepada narasumber artikel kesehatan, semoga artikel yang telah di baca banyak orang membawa manfaat dan penulis artikel pertama mendapatkan pahala dari Alloh.

Post A Comment:

0 comments: