10 Khasiat Kurma Muda: Untuk Kesuburan, Ibu Hamil, Ibu Menyusui, Mata, Kanker, dll Walaupun bukan berasal dari negeri ini, tetapi buah kurma sudah sangat dikenal oleh masyarakat Indonesia. Selain populer, buah kurma juga memiliki manfaat yang super bagi kesehatan.

Buah Kurma banyak dimanfaatkan untuk mengatasi beberapa masalah kesehatan. Hal yang sangat dikenal pada buah kurma adalah manfaatnya yang dapat membuat orang kenyang lebih lama, hal itu karena buah kurma kaya akan serat.

Terdapat setidaknya tiga jenis kurma yang memiliki manfaat besar jika dimakan. Jenis kurma tersebut yaitu kurma ukuran penuh, kurma matang yang memiliki tekstur lembut, dan kurma muda.

Khusus kurma muda mempunyai nama latin Phoenix dactylifera. Kurma muda atau yang sering disebut dengan ‘kurma ruthob’, merupakan jenis kurma yang bisa dikatakan masih setengah matang, tapi kurma muda ini tetap merupakan kurma yang fresh.

Dimana buah kurma muda ini tidak dilakukan proses pengeringan (atau proses lainnya). Adapun produk buah kurma yang melewati proses pengeringan atau lainnya, kurma itulah banyak kita ditemui di sekitar.

Khasiat Kurma Muda: Untuk Kesuburan, Ibu Hamil, Ibu Menyusui, Mata, Kanker, dll
Sumber gambar: Pixabay.com

Agar bisa memperoleh jenis kurma muda di Indonesia ini, bisa dikatakan agark susah. Hal itu disebabkan  kurma muda merupakan jenis kurma fresh yang membuatnya tidak mampu bertahan lama. Kurma muda cuma mampu bertahan beberapa hari setelah dipetik apabila tidak disimpan di kulkas.

Kurma muda akan menjadi lembek apabila sudah beberapa hari dibiarkan di tempat terbuka. Hal ini berbeda dengan jenis kurma ajwa yang bisa bertahan lebih lama.

Dengan begitu kurma muda susah untuk didatangkan dengan cargo karena proses dan perjalanannya bisa memakan waktu paling cepat 15 hari. Sehingga dapat dikira-kira bahwa kurma muda akan busuk di jalan.

Yang bisa Anda lakukan mungkin dengan menitip kurma muda dari teman atau saudara Anda yang pergi haji / umroh, atau juga melalui kenalan Anda yang ingin pulang dari arab, yang hanya memakan waktu satu hari perjalanan ke tanah air.


Kandungan Buah Kurma Muda
Kandungan buah kurma muda mempunyai manfaat penting bagi kesehatan. Buah Kurma Muda mempunyai kandungan gula, yang manfaatnya agar memberikan tenaga bagi tubuh dalam menjalankan pekerjaan sehari-hari.

Kandungan vitamin dan mineral mendominasi menjadi nutrisi utama buah kurma, selain juga serat. Untuk kandungan lainnya yaitu protein, gula, minyak, zat besi, asam nicotenic, mineral tembaga, kalsium, belerang dan klorida.

Buah Kurma Muda juga terdapat zat hormon biostin yang berfungsi sebagai penggerak dari peristaltic di dalam jaringan darah dan rahim. Karena manfaatnya ini, banyak yang menyarankan agar mengkonsumsi buah kurma muda agar dapat mencegah resiko pendarahan pada rahim wanita hamil.

Khusus untuk kandungan vitamin, di dalam buah kurma muda kering terdapat kandungan vitamin A, C dan K.

Khasiat Buah Kurma Muda
Kurma muda diyakini punya manfaat besar bagi pasangan suami istri, karena tentunya mereka ingin memiliki calon bayi di dalam keluarga. Kurma muda berwarna merah memiliki manfaat besar dalam meningkatkan kesuburan dan juga mengoptimalkan vitalitas tubuh seorang pria.

Adapun wanita pada masa nifas disarankan memakan buah kurma warna kuning dan hijau, dimana di dalamnya terdapat nutrisi kalsium dan zat besi yang penting baginya.

Mencegah pendarahan rahim
Bagi wanita, buah kurma muda ini mempunyai nutrisi yang amat penting bagi kesehatannya. Pada kandungan buah kurma muda memiliki zat hormon bitosin yang berfungsi untuk membantu mencegah kondisi serius pendarahan rahim.

Melancarkan kelahiran bagi ibu hamil
Kandungan di dalam kurma muda merangsang produksi hormon bitosin di dalam tubuh. Hormon ini memiliki peran yang sangat penting dalam mencegah terjadinya pendarahan, hal ini harus diperhatikan baik-baik oleh ibu hamil.

Kandungan lainnya di dalam kurma muda adalah hormon oksitosin yang berfungsi untuk membantu proses kontraksi otot polos dinding rahim, hal itu sangat penting saat berhubungan intim.  Hormon tersebut juga bekerja untuk membantu ibu agar dapat lebih lancar dalam proses pengeluaran ASI.

Loading...

Meningkatkan kesuburan wanita
Zat hormon botosin yang ada di dalam tubuh berfungsi untuk merangsang gerak peristaltik di dalam pembuluh darah dan rahim wanita, yang membantu untuk meningkatkan kesuburannya wanita.

Kandungan yang terdapat di dalam kurma muda memiliki manfaat untuk membantu istri saat berhubungan intim dengan suaminya. Kandungan tersebut bekerja untuk merangsang otot polos di dalam uterus (rahim) agar lancar dalam berkontraksi.

Beberapa ahli kesehatan ada yang memberikan rekomendasi agar pasangan suami istri mau mengonsumsi jenis kurma muda dan kering. Keduanya bisa dikonsumsi secara rutin, agar tidak terlalu repot maka keduanya bisa dikonsumsi secara bersamaan,.

Sifat yang dimiliki kurma muda adalah dingin dan kering. Adapun untuk kurma kering memiliki sifat panas dan lembap. Mengonsumsi kedua jenis kurma yang berbeda sifat tersebut diyakini mampu memberikan manfaat untuk menetralkan zat-zat yang masuk ke tubuh, baik itu dari zat makanan maupun obat-obatan.

Kurma muda bisa dimanfaatkan oleh ibu-ibu menyusui yang susah dalam memperoleh daun katuk guna memiliki ASI yang berlimpah. Di dalam buah kurma muda memiliki zat oksitosin yang berfungsi untuk membantu meningkatkan produksi ASI ibu.

Menjaga kesehatan mata
Kurma Muda kaya akan nutrisi vitamin A. Vitamin A mempunyai sifat antioksidan yang bermanfaat besar dalam menjaga kesehatan mata, agar fungsi mata bisa selalu optimal.

Mencegah kanker
Kandungan vitamin A juga memiliki peran besar dalam menjaga kesehatan kulit. Minum Kurma Muda yang tinggi nutrisi vitamin A sangat penting agar Anda dapat tercegah dari penyakit mematikan, yaitu kanker paru-paru dan kanker rongga mulut.

Pada sebuah penelitian yang dilakukan para ahli, menemukan bahwa buah kurma memiliki sifat anti-kanker, yang berfungsi untuk melawan perkembangan sel kanker. Buah kurma memiliki zat antioksidan yang berfungsi untuk menangkal serangan radikal bebas, yang juga menekan perkembangan sel kanker di dalam tubuh.

Senyawa beta D-glucan (salah satu jenis dari zat antidioksidan) memiliki fungsi anti-kanker. Senyawa ini diterapkan pada hewan percobaan, yang akhirnya diambil kesimpulan bahwa zat antidioksidan ini mampu mengurangi pertumbuhan tumor.

Kandungan lainnya di dalam buah kurma memiliki manfaat untuk menjaga fungsi sistem kekebalan tubuh. Sehingga tubuh dapat lebih kuat dalam melawan penyakit, termasuk kanker.

Dalam studi tersebut, juga ditemukan hasil penelitian bahwa kurma mampu menekan resiko terjadinya mutasi sel sehat menjadi sel kanker. Sehingga pemicu-pemicu terjadinya kanker dapat dimusnahkan.

Peneliti Dr Arshad H Rahmani dari Qassim University, mengatakan bahwa hasil penelitian telah menunjukan tentang manfaat kandungan buah kurma yang mampu mencegah terjadinya mutasi sel yang mengarah kepada perkembangan sel-sel kanker yang sangat berbahaya. Studi ini diterbitkan di Journal of Clinical and Experimenta Medicine.

Manfaat Lainnya
Ada cukup banyak manfaat kurma muda lainnya bagi kesehatan, yaitu:
  • Meningkatkan daya ingat.
  • Mengontrol tekanan darah agar stabil.
  • Menjaga kesehatan kulit.
  • Menurunkan resiko kanker mulut.
  • Meningkatkan kinerja jantung. 
  • Mencegah stroke.

Kurma memiliki manfaat yang sangat besar bagi kesehatan tubuh, selain juga rasanya yang sangat lezat. Sehingga sangat disarankan agar Anda rutin mengonsumsi kurma muda, ataupun kurma jenis lainnya.
Axact

ARTIKEL KESEHATAN

Bismillah...Blog ini merangkum beberapa artikel kesehatan yang ada di dunia maya sehingga menjadi sebuah blog kesehatan terpercaya. Kami mengucapkan terima kasih kepada narasumber artikel kesehatan, semoga artikel yang telah di baca banyak orang membawa manfaat dan penulis artikel pertama mendapatkan pahala dari Alloh.

Post A Comment:

0 comments: