Beberapa Tips Mencegah Penyakit HIV – Pastinya kita sudah tidak asing atau sudah sering mendengar mengenai HIV AIDS. Namun, masih banyak masyarakat yang salah akan penyebutan penyakit ini. Di antara mereka masih sering banyak yang menyebutkan sakit HIV. 

 

Padahal yang benar, nama penyakitnya adalah AIDS dan HIV adalah virusnya sebagai penyebab dari AIDS itu sendiri. AIDS merupakan singkatan dari Acquired Immune Deficiency Syndrome adalah kumpulan gejala penyakit yang diakibatkan oleh menurunnya sistem kekebalan pada tubuh seseorang. 

Nah, artikel kali ini akan membahasnya secara lengkap mulai dari cara penularan HIV, pemeriksaan terhadap AHIV AIDS, dan juga cara pencegahan terhadap penyakit HIV AIDS. 

Orang-orang yang mengidap penyakit AIDS atau HIV AIDS pada awalnya tidak memperlihatkan adanya gejala-gejala yang khusus. Namun, setelah beberapa minggu berjalan, orang yang terinfeksi virus HIV akan menderita beberapa gejala seperti flu dan juga diare. 

Di tahun ke-3 sampai ke-4, si penderita tidak memperlihatkan adanya gejala yang khusus juga, si penderita tetap terlihat sehat. Nah, di tahun ke-5 atau ke-6, mulai timbul diare yang berulang, penurunan berat badan yang tiba-tiba, sariawan di mulut, dan terjadi pembengkakan di kelenjar getah bening, serta beberapa infeksi lainnya. 

Jika sudah demikian, gejala penyakit AIDS muncul dengan adanya demam 3 sampai 6 minggu. Setelah itu, sistem kekebalan tubuh semakin menurun. Selanjutnya akan dibahas tips mencegah penyakit HIV.

Untuk mengetahui ada atau tidaknya penyakit AIDS, maka bisa dilakukan pemeriksaan tes HIV, seperti tes darah. Selain itu juga bisa melakuakan pemeriksaan terhadap tes selaput lendir di mulut. 

Untuk pengobatannya, si penderita HIV AIDS akan diberikan obat-obatan anti-retroviral yang mana bertujuan untuk menekan perkembangan virus HIV yang ada di dalam tubuh penderit, sehingga penderita akan terbebas dari gejala AIDS. Nah, berikut tipsmencegah penyakit HIV :

  1) Jangan melakukan hubungan sesksual di luar nikah. 
 2) Jangan melakukan hubungan seksual anogenital. 
3) Jangan melakukan hubungan seksual dengan orang banyak atau berganti-ganti pasangan.
4) Jangan membuat tato sembarangan. Jangan menggunakan narkoba.
Axact

ARTIKEL KESEHATAN

Bismillah...Blog ini merangkum beberapa artikel kesehatan yang ada di dunia maya sehingga menjadi sebuah blog kesehatan terpercaya. Kami mengucapkan terima kasih kepada narasumber artikel kesehatan, semoga artikel yang telah di baca banyak orang membawa manfaat dan penulis artikel pertama mendapatkan pahala dari Alloh.

Post A Comment:

0 comments: