Apakah Fungsi Dari Kolagen Bagi Tubuh?

ARTIKEL KESEHATAN : Kolagen adalah protein yang dapat ditemukan pada tubuh manusia seperti di otot, kulit, pembuluh darah, sistem pencernaan, dan tendon. kolagen memiliki fungsi memberi kekuatan dan elastisitas kulit dan membantu penggantian sel kulit mati.



Kolagen adalah protein yang merupakan bagian dari tulang rawan, tulang , dan jaringan lainnya pada hewan dan manusia. Kolagen membantu memberikan kekuatan dan elastisitas pada kulit. Sedangkan pada persendian dan tendon, kolagen bermanfaat sebagai “lem” yang membantu menahan tubuh.
Kolagen diproduksi secara alami oleh tubuh dan dapat menjadi lambat seiring bertambahnya usia. Penurunan produksi kolagen pada tubuh dapat menimbulkan proses penuaan seperti keriput, kulit yang kendur, dan nyeri sendi. Beberapa faktor gaya hidup dapat menyebabkan penurunan produksi dari kolagen seperti :
  • Mengkonsumsi makanan yang mengandung tinggi gula.
  • Merokok
  • Terpapar sinar matahari
  • Rendahnya asupan makanan yang mengandung kolagen
  • Mengalami kekurangan gizi
  • Memiliki masalah pencernaan
Apakah fungsi kolagen pada tubuh?
  1. Meningkatkan kesehatan kulit dan rambut
    Produksi kolagen pada tubuh dapat menurun karena pertambahan usia. Penurunan kolagen pada tubuh menimbulkan tanda penuaan secara fisik, seperti kulit menjadi lebih longgar, kulit menjadi keriput dan berkurang elastisitasnya. Meningkatkan konsumsi kolagen dapat membantu kulit menjadi terlihat lebih kencang dan membantu sel kulit mengalami pembaruan dan perbaikan secara normal.
    Menurut penelitian, mengkonsumsi kolagen sebanyak 2,5-5 gram sekali sehari pada wanita berusia 35-55 tahun dapat meningkatkan elastisitas kuliy, kelembapan kulit, mencegah kulit mengalami kekurangan air, dan mengurangi kekasaran kulit. Kolagen juga dapat mengurangi selulit. Ketika tubuh mengalami penurunan kolagen dapat menyebabkan selulit menjadi lebih terlihat.
     
  2. Penurunan nyeri pada sendi
    Penurunan kolagen pada tubuh dapat menyebabkan kekakuan, bengkak pada persendian, dan beberapa hal lain. kolagen memiliki struktur seperti gel sehingga dapat melapisi dan menahan tulang. Kolagen dapat memungkinkan untuk bergerak tanpa rasa sakit. Mengkonsumsi kolagen dapat membantu pergerakan sendi sehingga mengurangi rasa sakit yang sering dialami karena proses penuaan dan mengurangi resiko kerusakan sendi.
     
  3. Memperbaiki masalah pada pencernaan
    Menurut penelitian, menemukan bahwa asam amino dalam kolagen dapat membangun jaringan yang melapisi usus dan lambung. Mengkonsumsi kolagen dapat membantu mengatasi gejala dan gangguan lambung. Kolagen juga dapat membantu penyerapan air pada usus .
Beberapa fungsi lain dari kolagen adalah :
  • Meningkatkan metabolisme tubuh, massa otot, dan pembentukan energi.
  • Memperkuat gigi dan kuku
  • Membantu menetralkan racun pada tubuh
  • Membantu menjaga kesehatan liver
Tipe Kolagen
Terdapat beberapa tipe kolagen yang terdapat pada makanan atau suplemen kolagen yang dikonsumsi. Berikut beberapa tipe kolagen :
  • Kolagen tipe 1
    Kolagen tipe 1 paling banyak ditemukan pada tubuh manusia. Kolagen tipe 1 membantu membentuk tulang, tendon, ligamen, organ, dan kulit. Manfaat lain dari kolagen tipe 1 adalah membantu proses penyembuhan luka, meningkatkan kualitas kulit agar elastis dan menjaga jaringan agar tidak mudah rusak.

  •  
  • Kolagen tipe 2
    Manfaat kolagen tipe 2 membantu membentuk tulang rawan. Kesehatan pada sendi bergantung pada tulang rawan yang terbuat dari kolagen tipe 2. Sehingga mengkonsumsi kolagen juga mampu mencegah nyeri sendi karena pertambahan usia.
     
  • Kolagen tipe 3
    Kolagen tipe 3 umumnya ditemukan dengan kolagen tipe 1 yang dapat membantu memberi elastisitas pada kulit dan membentuk pembuluh darah dan jaringan pada jantung.
     
  • Kolagen tipe 4
    Kolagen tipe 4 bermanfaat melapisi organ pencernaan.
     
  • Kolagen tipe 5
    Kolagen tipe 5 diperlukan untuk membentuk permukaan sel, dan plasenta wanita.
Cintai tubuh anda dengan cara menjalani gaya hidup sehat.
Axact

ARTIKEL KESEHATAN

Bismillah...Blog ini merangkum beberapa artikel kesehatan yang ada di dunia maya sehingga menjadi sebuah blog kesehatan terpercaya. Kami mengucapkan terima kasih kepada narasumber artikel kesehatan, semoga artikel yang telah di baca banyak orang membawa manfaat dan penulis artikel pertama mendapatkan pahala dari Alloh.

Post A Comment:

0 comments: