Apakah Vitamin Dan Suplemen Dibutuhkan Selama Puasa?

ARTIKEL KESEHATAN : Suplemen tambahan sebetulnya dibutuhkan oleh seseorang yang memiliki kondisi kesehatan khusus. suplemen tambahan dibutuhkan oleh orang yang berpuasa jika makanan yang dikonsumsi kurang dapat mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh.

Mitos yang umumnya berkembang di masyarakat adalah dengan mengkonsumsi vitamin berarti sedang menjalani hidup sehat dan vitamin dapat membuat tubuh kebal dari segala macam penyakit. Namun sejumlah penelitian menyatakan bahwa suplemen tidak selalu bermanfaat.
Namun pada beberapa orang dengan kondisi kesehatan tertentu, suplemen dan vitamin dapat memberikan manfaat kesehatan yang penting. Dokter akan menyarankan suplemen dan vitamin tertentu untuk memenuhi kebutuhan tubuh.
Perubahan pola makan dan pola tidur ketika puasa, sering kali menjadi pertimbangan seseorang untuk mengkonsumsi vitamin dan suplemen agar puasa yang dijalani tetap lancar. Lalu apakah tubuh memang membutuhkan suplemen dan vitamin?

Suplemen bukanlah sulap
Penting untuk diingat bahwa mengkonsumsi suplemen tidak dapat menggantikan pola makan yang sehat. Beberapa orang mempercayai mitos bahwa mengkonsumsi suplemen dapat menggantikan nutrisi ketika sedang berpuasa. Faktanya, suplemen tidak dapat memberikan nutrisi secara ajaib ketika sedang berpuasa.
Untuk mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan tubuh selama berpuasa, sebaiknya adalah dipenuhi lewat makanan yang dikonsumsi. Beberapa makanan yang dapat memberikan nutrisi untuk mencukupi kebutuhan tubuh seperti
  • Makanan yang mengandung perpaduan nutrisi mikronutrien sehingga dapat memberi lebih banyak keuntungan dari pada jika dikonsumsi sendiri.
  • Mengkonsumsi makanan yang mengandung tinggi serat dapat menjadi salah satu upaya untuk menurunkan banyak resiko kondisi kesehatan.
Jika makanan yang dikonsumsi selama berbuka puasa dan sahur dapat memenuhi kebutuhan nutrisi sehingga tidak terjadi keluhan-keluhan tertentu yang dapat menyebabkan gangguan kesehatan maka tidak dibutuhkan suplemen tambahan. Mengkonsumsi banyak sayur dan buah-buahan dapat membantu mencukupi nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. sehingga tidak dibutuhkan suplemen tambahan untuk menjaga kekebalan tubuh.
Kondisi seperti apakah yang membutuhkan suplemen tambahan?
Terdapat beberapa kondisi yang mengharuskan seseorang untuk mendapatkan suplemen tambahan ketika berpuasa adalah :
  • Orang yang memiliki alergi makanan tertentu, sehingga memerlukan suplemen tambahan agar tetap mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.
  • Orang lanjut usia yang ingin berpuasa.
  • Wanita yang hamil atau menyusui yang ingin tetap menjalankan puasa dan diperbolehkan oleh dokter untuk berpuasa.
Berkonsultasilah dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengkonsumsi suplemen tambahan dalam jangka panjang.
Axact

ARTIKEL KESEHATAN

Bismillah...Blog ini merangkum beberapa artikel kesehatan yang ada di dunia maya sehingga menjadi sebuah blog kesehatan terpercaya. Kami mengucapkan terima kasih kepada narasumber artikel kesehatan, semoga artikel yang telah di baca banyak orang membawa manfaat dan penulis artikel pertama mendapatkan pahala dari Alloh.

Post A Comment:

0 comments: