Bagaimana Cara Menjaga Kesehatan Kuku

ARTIKEL KESEHATAN : Kebiasaan menggigit kuku dan kulit disekita kuku adalah tindakan yang dapat meningkatkan resiko bakteri atau jamur masuk kedalam kuku dan menyebabkan infeksi.



Coba lihat kondisi kuku Anda. Apakah kuku terlihat kuat dan sehat? Apakah anda melihat terdapat seperti pegunungan, penyok, atau area dengan warna atau bentuk tidak biasa? Banyak kondisi kuku yang kurang diinginkan dapat dicegah dengan perawatan kuku yang dilakukan.
Kuku jari terdiri dari lapisan protein yang disebut dengan keratin. Kuku bertumbuh dari bagian bawah kutikula. Kuku yang sehat memiliki permukaan yang halus, tanpa lubang dan alur. Kuku juga memiliki warna dan konsistensi yang seragam dan bebas dari noda atau perubahan warna. Kuku akan memiliki permukan gunung vertikal dimana bertambah seiring dengan usia.
Kondisi kuku yang membutuhkan perawatan dari dokter spesialis kulit adalah :
  • Kuku mengalami perubahan warna pada seluruh kuku atau terdapat goresan gelap pada bagian bawah kuku.
  • Kuku mengalami perubahan seperti melengkung.
  • Kuku mengalami penipisan atau penebalan.
  • Terjadi pemisahan kuku dari kulit disekitarnya.
  • Terjadi pendarahann disekitar kuku
  • Terjadi pembengkakan disekitar kuku
Bagaimana cara menjaga kesehatan kuku?
Untuk menjaga kesehatan kuku dapat dilakukan langkah-langkah sederhana, seperti :
  • Menjaga kebersihan kuku dan menjaga agar tetap kering. Hal ini dapat mencegah agar tidak terjadi pertumbuhan bakteri dibawah kuku. Melakukan kontak langsung dengan air secara terus menerus akan menyebabkan kuku dapat terbelah. Disarankan untuk menggunakan sarung tangan karet saat mencuci piring atau menggunakan bahan kimia keras.
  • Menjaga kebersihan kuku dengan menggunakan gunting kuku yang tajam. Gunting kuku dengan posisi lurus lalu gunting bagian pinggir kuku dengan perlahan.
  • Menggunakan pelembab. Jika sedang menggunakan lotion makan oleskan juga lotion pada bagian kuku dan kutikula.
  • Memberikan lapisan pelindung pada kuku. memberikan lapisan pada kuku dapat membantu menguatkan kuku.
  • Berkonsultasilah dengan dokter untuk rekomendasi suplemen yang membantun memperkuat kuku.
Apakah penyebab kerusakan kuku?
Perlakuan yang salah pada kuku perlu diketahui untuk dapat mencegah terjadinya kerusakan. Berikut beberapa tindakan yang dapat merusak kuku :
  • Menggigit kuku atau kutikula. Kebiasaan ini dapat merusak kuku karena luka kecil disekitar kuku dapat meningkatkan resiko bakteri atau jamur masuk dan menyebabkan infeksi.
  • Menggigiti atau mencabuti kulit disekitar kuku perlu hati-hati karena dapat melukai kuku dan menyebabkan infeksi.
  • Mengabaikan masalah yang terjadi pada kuku. Berkonsultasilah dengan dokter ketika memiliki masalah pada kuku yang tidak dapat sembuh dengan sendirinya.
  • Menggunakan produk perawatan kuku yang keras. Membatasi penggunaan penghapus cat kuku seperti aseton. Saat ingin menghapus cat kuku maka pilihlah formula yang bebas aseton.
Apakah yang perlu diperhatikan ketika ingin melakukan perawatan manicure dan pedicure?
Umumnya wanita senang melakukan perawatan bagi kuku pada tangan dan kaki. Namun terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menghindari penularan infeksi bakteri atau jamur dari orang lain, seperti :
  • Lakukan perawatan pada salon yang memiliki lisensi dan karyawan yang telah terlatih.
  • Memastikan bahwa peralatan yang digunakan sudah disterilkan atau dibersihkan untuk mencegah penyebaran infeksi.
Apakah bahan  toksik yang terkandung dalam cat kuku?


Memilih cat kuku bukan hanya tentang warna, hal lain yang perlu diperhatikan adalah bahan yang dikandung dalam cat kuku. Bahan cat kuku yang toksik adalah toluene,butyl acetateethyl acetatedibutyl phthalate. Periksalah cat kuku Anda dan lihatlah apakah didalam cat kuku terdapat bahan-bahan toksik tersebut. Salah satu efek dari penggunaan cat kuku berbahan toksik adalah cacat lahir dan peningkatan resiko masalah pada janin jika ibunya terlalu sering terpapar.
Memiliki kuku yang indah adalah dambaan setiap wanita, namun tidak perlu mempertaruhkan kesehatan kuku demi keindahannya.
Axact

ARTIKEL KESEHATAN

Pelajari kesehatan diri kita sedini mungkin dengan sering sering baca ARTIKEL KESEHATAN dari blog ini, Inshaa Alloh bermanfaat dan silakan disebarakan semua artikel disini di akun SOSMED atau copas di blog kamu...Jazakumullah..

Post A Comment:

0 comments: