Bagaimana Cara Menjaga Kesehatan Kulit?

ARTIKEL KESEHATAN : Teh hijau memiliki manfaat sebagai anti-inflamasi pada kulit dan mencegah kerusakan kulit karena sinar ultraviolet.



Kulit merupakan organ tubuh yang melapisi tubuh dan yang terlihat oleh banyak orang. Kulit merupakan organ paling besar pada tubuh. Kulit yang sehat dapat meningkatkan rasa percaya diri seseorang.
Kulit juga berfungsi sebagai pertahanan pertama tubuh untuk melawan kuman dan kondisi lingkungan. Kulit juga dapat mengubah sinar matahari menjadi vitamin D. Lapisan lemak yang berada dibawah permukaan kulit membantu memastikan bahwa cairan penting didalam tubuh tetap berada didalam tubuh.
Definisi kulit sehat yang kita ketahui adalah bercahaya, halus, kencang, dan bersih. Salah satu cara menjaga kulit agar tetap sehat adalah melalui makanan yang masuk kedalam tubuh. segala sesuatu yang dimakan akan menjadi bagian dari tubuh sehingga semakin sehat makanan yang dikonsumsi maka semakin sehat kulit yang akan terlihat.

Makanan apakah yang dapat menyehatkan kulit?
Umumnya pakar kesehatan menyampaikan bahwa untuk mendapatkan kulit yang sehat adalah dengan memiliki pola makan yang sehat. Beberapa makanan khusus memiliki fungsi untuk menyehatkan kulit :
  • Produk susu yang rendah lemak.  Salah satu komponen terpenting untuk kesehatan kulit adalah vitamin A. Sumber vitamin A terbaik adalah produk susu rendah lemak. Vitamin A dapat membantu menghilangkan noda hitam pada kulit.
  • Makanan yang mengandung antioksidan. Makanan yang mengandung antioksidan adalah seperti strawberry, tomat, bayam, ubi, kacang-kacangan, dan buah naga. Antioksidan membantu kulit untuk menangkal radikal bebas yang ada pada lingkungan seperti paparan sinar matahari. Antioksidan mencegah sel dari kerusakan.
  • Makanan yang mengandung vitamin C. Vitamin C dapat membantu menghilangkan kerusakan kollagen dan elstisitas akibat sinar matahari. Vitamin C dapat dijumpai pada pepaya, kiwi, brokoli, dan buah yang berasa asam.
  • Makanan yang mengandung vitamin E. Vitamin E berfungsi sebagai antioksidan yang dapat membantu mencegah kerusakan kulit akibat dari paparan sinar matahari. Vitamin E dapat dijumpai pada kacang-kacangan, biji-bijian, bayam, dan sayuran hijau lainnya.
  • Makanan yang mengandung asam lemak. Asam lemak dapat dijumpai pada ikan salmon dan kacang-kacangan. Asam lemak memiliki fungsi untuk menjaga kesehatan sel membran. Sel membran memiliki fungsi untuk menyalurkan nutrisi ke dalam sel dan mengeluarkan limbah sel ke luar sel. Sel membran juga membantu menahan air agar tetap didalam sel untuk mempertahankan kelembapan kulit.
  • Makanan yang mengandung mineral selenium. Mineral selenium dapat dijumpai pada roti gandum dan sereal. Selenium memiliki peran penting untuk menjaga kesehatan sel kulit. Kadar selenium yang tinggi pada tubuh dapat mencegah terjadinya  kerusakan pada sel kulit.
  • Teh hijau. Menurut beberapa penelitian diketahui teh hijau memiliki manfaat sebagai anti-inflamasi pada kulit. Teh hijau juga dapat mengurangi kerusakan kulit karena sinar ultraviolet dan dapat mengurangi resiko terjadinya kanker kulit.
  • Air. Mengkonsumsi air putih dalam jumlah sesuai dengan kebutuhan tubuh dapat mencegah terjadinya hidrasi atau kulit mengalami kekurangan air. Air juga memiliki fungsi untuk mendistribusikan nutrisi kedalam sel dan mengeluarkan racun dari sel. Air juga dapat membantu menyamarkan garis-garis keriput pada kulit.  
Makanan yang kita makan memiliki dua sisi yaitu menyehatkan atau menghancurkan tubuh.
Axact

ARTIKEL KESEHATAN

Pelajari kesehatan diri kita sedini mungkin dengan sering sering baca ARTIKEL KESEHATAN dari blog ini, Inshaa Alloh bermanfaat dan silakan disebarakan semua artikel disini di akun SOSMED atau copas di blog kamu...Jazakumullah..

Post A Comment:

0 comments: