Tangan Berkeringat Apakah Karena Lemah Jantung?

ARTIKEL KESEHATAN : Tangan yang mengalami keringat berlebihan memiliki beberapa penyebab, tetapi terkadang juga tidak diketahui penyebabnya.


A:' Duh tangan saya kok keringetan gini ya'
B:' Waahh.. kamu lemah jantung tuuh.. bahaya lho'
Memiliki keringat yang berlebihan pada telapak tangan, ketiak, dan telapak kaki merupakan kondisi yang menyebabkan rasa tidak nyaman bahkan mengurangi rasa percaya diri. Kelebihan keringat umumnya tidak disebabkan karena aktifitas yang berlebihan atau suhu yang tinggi.
Apakah yang dimaksud dengan kelebihan keringat?
Memiliki keringat normal dapat membantu menjaga suhu tubuh agar tetap stabil pada cuaca yang panas, saat tubuh mengalami demam (suhu tinggi), atau saat berolahraga. Berkeringat berlebihan atau hyperhidrosis merupakan kondisi dimana tubuh berkeringat lebih banyak dari biasanya. Hal ini bahkan terjadi ketika cuaca tidak panas, tidak cemas, atau tidak berolahraga.
Keringat berlebihan dapat dikelompokkan menjadi tiga jenis. Mengetahui jenis keringat berlebihan yang sedang dialami dapat membantu proses penanganan dan perawatan.
  • Primary focal hyperhidrosis
    Terdapat lebih dari satu tempat pada tubuh yang dapat mengalami keringat berlebihan seperti telapak tangan, telapak kaki, ketiak, wajah, atau kulit kepala. Umumnya pada jenis keringat berlebihan secara simetris pada tubuh (tangan kanan dan kiri, kaki kanan dan kiri). Tidak diketahui penyebab yang mendasari terjaidnya keringat berlebihan. Kemungkinan penyebab adalah karena kelenjar keringat didaerah tersebut terlalu aktif atau lebih sensitif dari biasanya. Pada beberapa orang dapat disebabkan karena pengaruh faktor genetik. Tingkat keparahan yang terjadi dapat bervariasi dari waktu ke waktu. Hal ini dapat diperburuk atau dipicu oleh beberapa faktor seperti kegelisahan, emosi, makanan pedas, dan panas.
     
  • Secondary focal hyperhidrosis
    Pada jenis ini terdapat penyebab dari terjadinya keringat berlebihan. Salah satu contoh penyebab keringat berlebihan adalah memiliki penyakit tulang belakang atau cedera dapat menyebabkan kaki berkeringat hanya pada satu sisi.
     
  • Generalised hyperhidrosis
    Keringat berlebihan pada tipe ini disebabkan oleh kondisi kesehatan. Berikut beberapa kondisi kesehatan yang dapat menyebabkan keringat berlebihan, seperti gangguan kecemasan, masalah jantung, kerusakan saraf pada sumsum tulang belakang, efek samping obat-obatan tertentu, masalah hormonal (termasuk kelenjar tiroid yang terlalu aktif), infeksi, atau kanker tertentu.
Tanda dan gejala keringat berlebihan
Umumnya seseorang akan berkeringat ketika sedang berolahraga atau beraktifitas , berada pada lingkungan yang panas, merasa gugup atau stress. Keringat berlebihan yang dialami oleh seseorang hiperhidrosis jauh melebih keringat normal. Tanda dan gejala yang terjadi tergantung pada jenis hiperhidrosis yang terjadi.
Penanganan keringat berlebihan 
Tujuan dari terapi untuk hiperhidrosis adalah dapat mengontrol keluarnya keringat. Jika hiperhidrosis disebabkan oleh kondisi kesehatan maka perlu terlebih dahulu untuk mengatasi kondisi medis. Setelah itu dapat dilakukan penanganan untuk hiperhidrosis sesuai dengan tingkat keparahannya.
Terapi pengobatan yang dilakukan meliputi :
  • Penggunaan antiprespirant dari resep yang dianjurkan dokter. Umumnya sediaan ini akan dioleskan pada kulit yang mengalami hiperhidrosis. Perlu diperhatikan agar sediaan tidak mengenai mata karena akan menyebabkan iritasi.
  • Penggunaan obat penghambat saraf. Beberapa obat oral digunakan untuk menghambat bahan kimia pada tubuh yang memungkinkan saraf tertentu untuk berkomunikasi satu sama lain. Hal ini dapat mengurangi keringat tetapi dapat memberika efek samping mulut kering, penglihatan kabur dan masalah pada kandung kemih.
  • Penggunaan obat antidepresan. Penggunaan obat ini berfungsi untuk menurunkan kegelisahan sehingga dapat menurunkan keringat yang berlebihan.
  • Injeksi botulinum. Penggunaan injeksi botox dapat berfungsi menghalangi saraf yang memicu kelenjar keringat.
Selain terapi pengobatan, dapat juga dilakukan tindakan medis seperti pengangkatan kelenjar keringat dan operasi saraf untuk mengendalikan keringat berlebihan.

Mendapatkan khawatir karena kondisi tubuh yang berbeda dengan orang lain adalah wajar. Namun juga harus diimbangi dengan melakukan pemeriksaan secara menyeluruh untuk mengatasi rasa khawatir.
Axact

ARTIKEL KESEHATAN

Bismillah...Blog ini merangkum beberapa artikel kesehatan yang ada di dunia maya sehingga menjadi sebuah blog kesehatan terpercaya. Kami mengucapkan terima kasih kepada narasumber artikel kesehatan, semoga artikel yang telah di baca banyak orang membawa manfaat dan penulis artikel pertama mendapatkan pahala dari Alloh.

Post A Comment:

0 comments: