Bagaimana Cara Meningkatkan Kesuburan?

ARTIKEL KESEHATAN : Kelebihan berat badan merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi produksi hormon dan menghambat proses ovulasi.



Terdapat beberapa pasangan yang merasa tidak percaya diri memiliki kondisi kesuburan yang bagus karena tidak segera mendapatkan kehamilan. Melakukan hubungan seksual pada masa ovulasi merupakan cara yang pasti membantu. Namun terdapat beberapa langkah sederhana yang dapat dilakukan untuk dapat membantu meningkatkan kesuburan.
  • Mengontrol berat badan
    Berat badan merupakan faktor yang dapat mempengaruhi kesuburan seseorang. Mengontrol berat badan agar tetap dalam rentang normal dapat membantu meningkatkan frekuensi ovulasi dan kemungkinan kehamilan. Kelebihan berat badan dapat mempengaruhi produksi hormon dan menghambat ovulasi normal. 
     
  • Mencegah penyakit infeksi menular seksual
    Infeksi menular seksual (IMS) seperti klamidia dan gonore merupakan penyebab utama ketidaksuburan bagi wanita. Untuk melindungi diri dari IMS direkomendasikan untuk melakukan hubungan seksual yang aman seperti menggunakan kondom ketika berhubungan seksual atau tetap dalam hubungan monogami dengan pasangan yang tidak terinfeksi.
     
  • Mengkonsumsi makanan sehat
    Tidak ada penelitian yang menghubungkan makanan sehat dengan meningkatkan kesuburan. Namun, tidak ada salahnya mencoba dengan mengkonsumsi banyak buah-buahan, sayuran, biji-bijian, protein, dan lemak yang sehat. Mengkonsumsi makanan seimbang memberikan nutrisi yang diperlukan untuk mengoptimalkan fungsi sperma. 
     
  • Melakukan pemeriksaan rutin
    Melakukan kunjungan rutin ke penyedia layanan kesehatan dapat mendeteksi dan mengobati kondisi kesehatan yang dapat mengancam kesuburan.
     
  • Menghindari kerja pada malam hari
    Bekerja pada malam hari dapat meningkatkan resiko terganggunya kesuburan. Tidak memiliki tidur pada malam hari mempengaruhi produksi hormon. Jika harus bekerja pada malam hari hendaknya dapat cukup tidur saat tidak bekerja.
  • Berhenti mengkonsumsi alkohol dan narkoba
  • Berhenti merokok. Merokok dapat mempengaruhi kesuburan pria karena dapat mengurangi produksi sperma dan merusak DNA. Merokok juga dapat mempengaruhi rahim dan dapat meningkatkan resiko keguguran.

  • Membatasi penggunaan obat-obatan yang dapat mempengaruhi kesuburan. Penggunaan beberapa obat yang diresepkan dokter atau yang dibeli bebas dapat mempengaruhi kesuburan. Konsultasikan dengan dokter terkait obat-obatan yang diminum secara teratur.
  • Melakukan olaharaga secara teratur. Mengkonsumsi makanan dan mempertahankan berat badan yang sehat. Obesitas berhubungan dengan kadar testosteron yang merupakan hormon untuk pembentukan sperma. 
  • Membatasi minuman yang mengandung caffein menjadi hanya satu cangkir sehari.
  • Menghindari untuk melakukan hubungan seksual terlalu sering. Berhubungan seksual terlalu sering dapat menyebabkan penurunan kualitas pad sperma.
  • Menghindari paparan pestisida dapat membahayakan kesuburan  pria dan wanita. Beberapa paparan seperti pelarut atau racun yang digunakan pada usaha percetakan dan dry cleaning dapat mempengaruhi kesuburan wanita.
Axact

ARTIKEL KESEHATAN

Pelajari kesehatan diri kita sedini mungkin dengan sering sering baca ARTIKEL KESEHATAN dari blog ini, Inshaa Alloh bermanfaat dan silakan disebarakan semua artikel disini di akun SOSMED atau copas di blog kamu...Jazakumullah..

Post A Comment:

0 comments: