Bagaimana Tanda Penuaan Pada Kulit?

ARTIKEL KESEHATAN : Merokok merupakan salah satu penyebab kulit mengalami penuaan dini karena darah pada kulit mengalami perubahan asupan nutrisi. tanda penuaan pada kulit yang paling menonjol adalah terjadinya keriput pada kulit wajah, leher, tangan, dan lengan.



Kulit merupakan pelapis tubuh yang melindungi dari matahari dan cuaca yang berubah-ubah. Keriput merupakan bagian alami dari tanda-tanda penuaan yang paling menonjol pada kulit, seperti pada wajah, leher, tangan, dan lengan. Keriput merupakan garis dan lipatan yang terbentuk pada kulit. Beberapa keriput dapat menjadi celah-celah yang dalam atau alur-alur.
Perubahan kondisi kulit dikarenakan berbagai faktor, seperti gaya hidup, pola makan, faktor keturunan, dan kebiasaan pribadi. Merokok merupakan contoh dari kebiasaan buruk yang dapat menyebabkan kerusakan sel dan munculnya keriput dini.
Bagaimana perubahan kulit karena penuaan?
Seiring dengan bertambahnya usia maka akan terjadi perubahan alami pada kulit, seperti :
  • Kulit menjadi kasar
  • Akan timbul alur pada kulit
  • Kulit menjadi kendur karena kehilangan jaringan elastis pada kulit.
  • Kulit menjadi lebih transparan karena disebabkan oleh penipisan epidermis (lapisan permukaan kulit).
  • Kulit menjadi lebih rapuh
  • Kulit akan menjadi lebih mudah memar karenan disebabkan dinding pembuluh darah tipis.
Apakah penyebab timbulnya keriput?
Keriput dapat disebabkan oleh beberapa faktor yang dapata dikontrol dan yang tidak dapat dikontrol yang meliputi :
  • Faktor usia
    Bertambahnya usia dapat menyebabkan kulit secara alami akan menjadi kurang elastis dan lebih rapuh. Minyak alami pada kulit akan mengalami penurunan yang menyebabkan kulit kering dan tampak lebih berkerut. Lemak pada bagian kulit juga akan berkurang karena pertambahan usia yang dalam menyebabkan kulit menjadi kendor dan garis-garis pada kulit menjadi semakin tampak.
     
  • Paparan sinar ultraviolet (UV)
    Radiasi dari sinar ultraviolet dapat menjadi faktor yang mempercepat terjadinya penuaan alami. Paparan sinar UV memecah jaringan ikat kulit (kolagen dan serat elastis)yang berada pada lapisan kulit yang paling dalam. Kulit akan kehilangan kekuatan dan fleksibilitas karena kehilangan jaringan ikat. Kulit akan menjadi kendor dan muncul kerutan dini.
     
  • Kebiasaaan merokok
    Merokok dapat mempercepat penuaan pada kulit dan menyebabkan keriput. Hal ini terjadi karena perubahan asupan nutrisi darah pada kulit sehingga menyebabkan kerusakan sel dan penuaan dini.
     
  • Pengulangan ekspresi wajah
    Gerakan wajah dan ekspresi seperti menyipitkan mata atau tersenyum dapat menyebabkan garis-garis halus dan kerutan. Setiap kali menggunakan otot wajah maka akan terbentuk alur-alur pada permukaan bawah kulit. Seiring dengan usia, kulit akan kehilangan fleksibilitas dan susah untuk kembali ke bentuk semula. Alur yang terbentuk akan menjadi permanen pada wajah.

Penanganan kerutan pada kulit
Terdapat beberapa pilihan untuk penanganan kerutan pada kulit yang dapat membantu kerutan menjadi halus atau tersamarkan.
Terapi pengobatan
  • Krim retinoid
    Penggunaan krim yang memiliki kandungan turunan dari vitamin A dapat digunakan pada kulit untuk mengurangi keriput, bercak, dan kekasaran pada kulit. Penggunaan krim retinoid dapat menyebabkan kulit mudah terbakar sehingga perlu menggunakan tabir surya untuk perlindungan sehari-hari. Retinoid dapat menyebabkan kulit menjadi kemerahan, kering, gatal, terbakar, atau kesemutan. Berkonsultasilah dengan dokter terlebih dahulu sebelum menggunakan krim.
  • Penggunaan krim tanpa resep dokter
    Efektivitas krim untuk menghilangkan kerut bergantung pada bahan aktifnya. Krim yang mengandung retinol, antioksidan, dan beberapa peptida dapat membantu menyamarkan keriput.
Tindakan medis
Terdapat beberapa teknik untuk memperbaiki permukaan kulit, suntikan, dan prosedur bedah untuk menyamarkan keriput. Masing-masing tindakan memiliki potensi hasil masing-masing. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kombinasi perawatan dapat memberikan hasil yang lebih memuaskan.
  • Terapi laser
    Sinar laser dapat menghancurkan lapisan kulit (epidermis), memanaskan kulit dibawahnya (dermis), dan merangsang pertumbuhan serat kolagen baru. Sinar laser juga dapat menyamarkan bekas luka, menghaluskan kulit, membuat kulit lebih kencang.
     
  • Terapi chemical peel
    Dokter akan mengoleskan asam pada bagian tertentu untuk membakar lapisan kulit luar. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan bintik-bintik karena faktor usia dan keriput. Hasil dari terapi ini bergantung pada kedalaman kulit yang akan ditembus. Kulit akan menjadi berwarna kemerahan yang dapat berlangsung sampai beberapa minggu.
     
  • Dermabrasion
    Terapi ini bertujuan untuk menghilangkan permukaan kulit dan menumbuhkan lapisan kulit baru.
  • Microdermabrasion
    Terapi ini bertujuan untuk menghilangkan lapisan kulit halus.
     
  • Botolinum toxin type A (Botox)
    Ketika botox disuntikan dalam dosis kecil ke otot tertentu. Botox berfungsi menyamarkan pada garis kerutan diantara alis, dahi, dan sudut-sudut mata. Hasil dari penyuntikan botox akan dilihat setelah tiga sampai empat bulan. Membutuhkan pengulangan suntik untuk mempertahankan hasil.
     
  • Terapi pengisian jaringan lunak
    Pengisian jaringan lunak meliputi lemak, kolagen, dan asam hyaluronic dapat disuntikkan pada bagian dalam kerutan di wajah.
     
  • Terapi mengencangkan kulit
    Terapi ini menggunakan panas untuk membantu mengencangkan kulit secara bertahap selama empat sampai enam bulan.
     
  • Terapi face lift
    Terapi ini menggunakan cara dengan menghilangkan kelebihan kulit dan lemak di wajah bagian bawah dan leher, serta mengencangkan otot.
Hasil dari terapi bervariasi tergantung pada lokasi dan kedalam kerutan. Proses penuaan yang terjadi pada tubuh tidak dapat dihentikan sehingga perlu pengulangan terapi untuk menjaga hasil dari terapi.
“You can’t help getting older but you dont have to get old”- George Burns
Axact

ARTIKEL KESEHATAN

Pelajari kesehatan diri kita sedini mungkin dengan sering sering baca ARTIKEL KESEHATAN dari blog ini, Inshaa Alloh bermanfaat dan silakan disebarakan semua artikel disini di akun SOSMED atau copas di blog kamu...Jazakumullah..

Post A Comment:

0 comments: