Benarkah Toilet Umum Dapat Menyebarkan Penyakit?

ARTIKEL KESEHATAN : Penggunaan toilet duduk tidak dapat menularkan penyakit herpes genital. virus herpes genital merupakan salah satu penyebab terjadinya penyakit infeksi menular seksual. virus herpes genital tidak dapat bertahan hidup lama jika berada diluar tubuh sehingga hampir tidak mungkin untuk seseorang terinfeksi melalui kontak langsung dengan toilet yang telah digunakan oleh orang yang terinfeksi.

Ketika menggunakan toilet umum (misal : restoran, mall, kantor, atau sekolah) mungkin anda pernah jongkok di toilet duduk atau menyiram closet dengan menggunakan kaki atau siku tangan. Mayoritas orang pernah melakukan hal tersebut karena takut terinfeksi oleh kuman yang ada di toilet duduk. Kegelisahan yang dirasakan terutama karena takut tertular penyakit infeksi menular seksual. Apakah bisa kuman pada toilet duduk menginfeksi seseorang?
Apakah herpes genital dapat menginfeksi melalui toilet duduk?
Menggunakan toilet duduk tidak dapat menyebabkan seseorang terinfeksi herpes genital. Herpes genital merupakan salah satu penyakit infeksi menular seksual yang menyebar melalui kontak langsung kulit dengan kulit. Pada kebanyakan kasus virus menginfeksi seseorang melalui selaput lendir (jenis kulit pada mulut, alat kelamin, dan anus).  Virus juga dapat menginfeksi melalui luka pada tubuh atau air mata. Virus herpes genital tidak dapat bertahan hidup lama jika berada diluar tubuh sehingga hampir tidak mungkin untuk seseorang terinfeksi melalui kontak langsung dengan toilet yang telah digunakan oleh orang yang terinfeksi.
Apakah bakteri yang berada pada toilet duduk?
Kuman yang kemungkinan paling umum ada pada toilet duduk adalah bakteri Escherichia coliShigellaStreptococcus. Bakteri-bakteri tersebut menginfeksi bagian dalam tubuh manusia melalui makanan dan minuman yang terinfeksi sehingga memiliki kemungkinan kecil untuk menginfeksi kulit manusia.


Apakah yang perlu dilakukan untuk mencegah infeksi dari toilet duduk?
Sistem kekebalan tubuh merupakan baris pertama pertahanan untuk mencegah terinfeksi bakteri dari toilet duduk. Dan mencuci tangan merupakan upaya tambahan untuk dapat menjaga tubuh dari infeksi bakteri. Beberapa langkah yang perlu dilakukan untuk mencegah infeksi dari toilet duduk :
  • Menggunaakan tisu alkohol yang mengandung antiseptik untuk membersihkan tempat duduk pada toilet duduk. Hal ini merupakan cara yang efektif untuk memastikan membunuh bakteri.
  • Melapisi tempat duduk toilet menggunakan kertas tisu.
  • Mencuci tangan dengan cara yang tepat dan menggunakan sabun untuk membunuh bakteri yang tertinggal pada tangan.
  • Hindari untuk memgang mata, hidung dan mulut setelah memegang toilet karena dapat menyebarkan virus influenza.
Axact

ARTIKEL KESEHATAN

Pelajari kesehatan diri kita sedini mungkin dengan sering sering baca ARTIKEL KESEHATAN dari blog ini, Inshaa Alloh bermanfaat dan silakan disebarakan semua artikel disini di akun SOSMED atau copas di blog kamu...Jazakumullah..

Post A Comment:

0 comments: