Cara Menghitung Masa Subur Pada Wanita?

ARTIKEL KESEHATAN : Ovulasi adalah ketika ovarium melepaskan sel telur yang siap dibuahi oleh sperma. salah satu tanda terjadinya proses ovulasi pada wanita adalah perubahan kondisi kelembapan pada vagina.

Metode kalender dengan menghitung masa subur merupakan bentuk dari kontrasepsi alami yang efektif untuk menghindari kehamilan. Kehamilan dapat dihindari dengan tidak melakukan hubungan seks selama masa subur atau menggunakan metode kontrasepsi lain seperti kondom. Keuntungan dari metode ini adalah tidak menggunakan obat-obatan untuk menghindari kehamilan sehingga tidak terjadi efek samping dari obat kontrasepsi.
Bagaimanakah efektifitas penggunaan metode menghitung masa subur?
Penggunaan metode menghitung masa subur digunakan oleh 100 perempuan dalam satu tahu, maka terdapat 1-9 perempuan mendapatkan kehamilan. Keberhasilan metode ini adalah pada tingkat kecermatan dan komitmen pasangan.
Kapan masa subur terjadi?
Masa subur terjadi selama 8-9 hari disetiap siklus. Hal ini terjadi dimulai dari tujuh hari sebelum ovulasi sampai 1-2 hari setelah ovulasi. Ovulasi adalah kondisi ketika ovarium melepaskan sel telur yang siap dibuahi oleh sperma. Telur dapat bertahan selama sekitar 24 jam, namun sperma dapat bertahan hidup hingga tujuh hari setelah berhubungan seks. Jadi, jika mengetahui jadwal terjadinya ovulasi maka dapat diprediksikan tanggal masa subur.
Apakah resiko dari penggunaan metode menghitung masa subur?
Metode menghitung masa subur tidak memberikan dampak buruk pada kesuburan dan tidak perlu terjadi efek samping dari penggunaan obat KB. Metode menghitung masa subur meningkatkan resiko terjadinya infeksi menular seks. Penghitungan masa subur yang tidak cermat dapat menyebabkan kehamilan yang tidak diinginkan.
Bagaimana cara mengetahui kapan terjadinya ovulasi?
Mengetahui kapan terjadinya ovulasi adalah kunci sukses dari metode ini. Memahami 3-6 siklus menstruasi untuk belajar bagaimana menghitung masa subur. Hal ini akan menjadi lebih sulit untuk dilakukan jika mengalami menstruasi yang tidak teratur. Diperlukan pencatatan terkait beberapa hal yang perlu diperhatikan setiap hari sebagai indikator, meliputi :
  1. Suhu tubuh
    Suhu tubuh akan cenderung tinggi ketika terjadi ovulasi dan akan tetap tinggi hingga masa menstruasi berikutnya. Lakukan pemeriksaan suhu tubuh setiap pagi saat bangun tidur.
  2. Terjadi perubahan pada kondisi kelembapan vagina seperti :
    - Kondisi vagina setelah menstruasi tidak akan mengeluarkan cairan  sehingga vagina akan menjadi kering selama beberapa hari.
    - Sekitar delapan hari sebelum terjadi ovulasi akan terjadi pengeluaran cairan sehingga menyebabkan vagina terasa lebih lembab dan lengket
    - Empat hari sebelum ovulasi, vagina akan mengalami kondisi basah, licin, elastis dan terdapat cairan berwarna seperti putih telur.
    - Sehari atau lebih setelah ovulasi, vagina akan mengalami kondisi kering sampai siklus berikutnya
    Dari pemantauan terhadap perubahan kondisi vagina maka dapat melakukan prediksi pada 7-8 hari sebelum ovulasi.
  3. Siklus menstruasi
    Ovulasi pada umumnya terjadi 12-16 hari sebelum menstruasi. Jika siklus menstruasi anda teratur maka hal ini dpaat membantu untuk memprediksi ovulasi.
  4. Menggunakan alat untuk mendeteksi masa subur
    Alat ini tersedia diapotek dengan dua jenis cara. Alat ini bekerja dengan mendeteksi kadar hormon yang berada di urin atau air ludah.
Bagaimana cara melakukan metode menghitung masa subur?
  • Catat 6-12 siklus menstruasi.
    Menandai pada kalender hari pertama menstruasi dan hari pertama menstruasi pada bulan berikutnya.
  • Menggunakan siklus menstruasi terpendek
    Anda dapat mengurangi jumlah hari dalam siklus terpendek dengan 18. Hasil dari pengurangan ini merupakan masa subur pertama dari siklus. Misalnya, jika siklus terpendek adalah 26. Jika 26-18 maka didapatkan hasilnya 8. Sehingga dari contoh ini hari pertama pada siklus menstruasi adalah terjadinya pendarahan dan hari kedelapan pada siklus menstruasi adalah hari pertama pada masa subur.
  • Menggunakan siklus menstruasi terpanjang
    Anda dapat mengurangi jumlah hari dalam siklus terpanjang dengan 11. Hasil dari pengurangan ini merupakan masa subur terakhir dari siklus. Misalnya, jika siklus terpanjang adalah 32. Jika 32-11 maka didapatkan hasilnya 21. Sehingga dari contoh ini hari pertama pada siklus menstruasi adalah terjadinya pendarahan dan hari kedelapan pada siklus menstruasi adalah hari terakhir pada masa subur.
  • Melakukan hubungan seksual secara hati-hati selama masa subur. Jika ingin menghindari kehamilan maka dapat menggunakan kontrasepsi seperti kondom ketika melakukan hubungan seksual.
  • Melakukan perhitungan setiap bulan.
Mintalah saran dokter anda dan tetaplah berhati-hati jika menggunakan metode ini karena terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi waktu ovulasi, seperti sakit dan tingkat stress.
Axact

ARTIKEL KESEHATAN

Bismillah...Blog ini merangkum beberapa artikel kesehatan yang ada di dunia maya sehingga menjadi sebuah blog kesehatan terpercaya. Kami mengucapkan terima kasih kepada narasumber artikel kesehatan, semoga artikel yang telah di baca banyak orang membawa manfaat dan penulis artikel pertama mendapatkan pahala dari Alloh.

Post A Comment:

0 comments: