Cara Mencegah Kanker Usus – Kita mengenal ada berbagai macam jenis kanker. Salah satunya adalah kanker usus. Kanker usus merupakan jenis kanker yang banyak diidap oleh masyarakat di dunia ini. 

Kanker usus sebagian besarnya menyerang dibagian usus besar. Usus besar adalah bagian dari sistem pencernaan yang memiliki fungsi sebagai tempat menampung kotoran atau limbah dari makanan yang masu ke dalam sistem pencernaan.

Pada kasus kanker usus ini sebagian besarnya dimulai dari ukuran yang kecil dengan benjolan sel kanker yang masih jinak, biasanya disebut dengan adenomatous polyps. Nah, polip inilah yang menyebabkan kanker usus besar. Kanker usus besar atau biasa juga disebut dengan kanker kolorektal merusak jaringan pada sekitaran usus.

Untuk penyebab dari kanker usus sendiri masih belum jelas. Namun, dokter ahli menyakini bahwa kanker usus dapat tumbuh saat sel normal yang ada di dalam usus berubah. Sel tumbuh dan membelah secara tidak normal. Jadi, selain pertumbuhan sel di dalam usus yang tidak normal, penyebab lainnya adalah adanya mutasi gen bawaan yang dapat meningkatkan resiko tumbuhnya kanker usus. 

Faktor yang meningkatkan kanker usus yaitu usia, obesitas, merokok, alkohol, radiasi untuk kanker, dan sebagainya. Nah, gejala dari kanker usus antara lain yaitu perubahan terhadap rutinitas buang air besar, pendarahan pada dubur, perut jadi mudah kembung dan nyeri, lemah, anemia, turun berat badan, feses bentuknya panjang kecil mirip pensil. 

Selanjutnya dibahas mengenai cara mencegahkanker usus. Pengobatan pada kanker usus adalah pertama memeriksakan kepada dokter ahli, untuk mengetahui tingkatan dari kanker usus tersebut. 

Kemudian untuk tindakannya bisa dengan melakukan operasi. Mencegah lebih baik daripada mengobati. Oleh karena itu, berikut beberapa cara mencegah kanker ususantara lain yaitu :

  1. Kurangi konsumsi makanan yang mengandung daging, telur, produk susu, dan sebagainya. 
  2. Perbanyak makanan seperti buah-buahan, roti gandum, sayuran, sereal, dan sebagainya. 
  3. Hindari merokok dan konsumsi alkohol. 
  4. Perbaiki gaya hidup seperti makan teratur, olahraga yang teratur, dan sebagainya.
Axact

ARTIKEL KESEHATAN

Bismillah...Blog ini merangkum beberapa artikel kesehatan yang ada di dunia maya sehingga menjadi sebuah blog kesehatan terpercaya. Kami mengucapkan terima kasih kepada narasumber artikel kesehatan, semoga artikel yang telah di baca banyak orang membawa manfaat dan penulis artikel pertama mendapatkan pahala dari Alloh.

Post A Comment:

0 comments: